Yuk Merapat ke Obyek Wisata Air Terjun (Curug) Cibeureum Jawa Barat

by

Menurut klasifikasi iklim dari Scamidt dan Ferguson, tipe iklim di kawasan ini merupakan tipe iklim A. Dan rata-rata temperaturnya antara 18 °C di Cibodas dan kurang dari 10 °C di puncak Pangrango.

Dinamakan Cibeureum sebab dahulu air yang dialirkannya berwarna merah. Ci dalam bahasa Sunda artinya air, dan beureum artinya merah. Warna merah ini berasal dari dinding tebing curug yang ditumbuhi lumut merah atau Sphagnum gedeanum. Apabila terkena terik matahari, warna airnya juga terlihat berubah warna menjadi merah.

Disamping mitos tersebut, ada juga mitos lain yang diyakini keberadaannya. Seorang pertapa sakti yang sedang melakukan ritual. Karena bertapa sangat lama dan tekun, akhirnya pertapa sakti tersebut berubah menjadi batu. Konon, batu besar yang ada di tengah-tengah air terjun Cibeureum ini adalah perwujudan pertapa sakti tersebut.

Curug Cibereum berjarak kira-kira satu jam atau 2.6 km dari gerbang masuk Taman Nasional dengan jalan kaki. Sedangkan untuk bisa menuju ke Taman Nasional Anda harus melewati pintu masuk kawasan wisata Kebun Raya Cibodas. Perjalanan untuk sampai ke kawasan wisata Cibodas bisa ditempuh menggunakan mobil dengan jarak kira-kira 100 kilo meter dari Jakarta atau sekitar 3 jam perjalanan.