Yuk Jalan-Jalan ke Wisata Air Danau Sunter Jakarta Utara

by

Danau Sunter, sebagian orang menyebutnya sebagai Oase di Tengah Jakarta. Ada beberapa danau buatan di Jakarta. Salah satunya danau Sunter yang ditengahnya juga terdapat sebuah “pulau” buatan. Kehadiran pulau buatan inilah yang menjadi daya pikat danau yang sering disebut danau Sunter Podomoro tersebut. Tak berlebihan kiranya jika salah seorang presenter TV swasta Nasional menyebutnya dengan Wisata Air Danau Sunter Jakarta Utara.

Suasana Jakarta yang sangat sibuk dan gerah memerlukan sebuah penyejuk. Hal inilah yang barangkali mengusik hati para pemimpin Jakarta untuk menghadirkan obyek tertentu yang bisa menyejukkan hati dan sedap dipandangan mata. Sebuah hamparan dengan nuansa ‘ijo royo-royo’, sejuk dan teduh yang sangat dirindukan warga Ibukota.

Kini, Pemkot Jakarta Utara telah mengukuhkan Danau Sunter menjadi obyek wisata dan menjadi bagian dari Program 12 Jalur Destinasi Wisata Pesisir.

Obyek Wisata Danau Sunter ini mempunyai luas lahan sekitar 15 hektar, yang terbagi atas 2 (dua) lokasi; Danau Sunter Barat (Sunter 1) dan Danau Sunter Timur (Sunter 2). Obyek Wisata Danau Sunter Timur seringkali dimanfaatkan oleh para pecinta olahraga ski air dan atlet-atlet dayung untuk mengasah kemampuan.

Di bagian barat Danau Sunter Timur didirikan kafe-kafe yang dilengkapi juga dengan area pemancingan. Keberadaan Sunlike Hotel turut menambah suasana meriah kawasan danau Sunter sehingga layak dijadikan salah satu tempat wisata pilihan keluarga.

Pengunjung bisa mengajak keluarga dan anak-anak untuk turut serta menghabiskan waktu liburan di Obyek Wisata Sunter. Anda bisa refreshing dengan memancing. Tinggal pilih saja lokasi pemancingan; bisa di luar lokasi pemancingan atau bisa juga di dalam lokasi yang telah disediakan. Sementara, bagi anak-anak, pengelola obyek wisata Danau Sunter telah menyediakan wahana permainan air.

obyek wisata Danau Sunter

Ke depan, Obyek Wisata Danau Sunter Podomoro harus tetap dipertahankan keindahan dan keasriannya. Jangan sampai balik lagi menjadi kumuh dan kotor seperti sebelum dilakukan pengerukan. Tentu, kawasan ini bisa menjadi objek wisata air yang cukup menjanjikan jika dimanage dengan bagus. Beberapa hal yang juga perlu dijaga kebersihannya dan ditata dengan pengelolaan yang baik adalah kafe-kafe tempat makan di sepanjang pinggiran danau. Selebihnya perlu dilakukan penambahan wahana permainan air yang ada.

Danau Sunter

Kata Kunci Terkait :

jalan-jalan ke danau sunter