WOUW! Lihat Pesona Air Terjun Sri Gethuk Yogyakarta Ini

by

Air Terjun Sri Gethuk adalah salah satu objek wisata alam yang berlokasi di Dsn. Menggoran, Ds. Bleberan, Kec.Playen, Kab.Gunungkidul, Yogyakarta. Air terjun Sri Gethuk berada di tepi Sungai Oya. Alamatnya ada di Jalan Air Terjun Sri Gethuk, Bleberan, Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55861, Indonesia. Provinsi: Daerah Istimewa Yogyakarta.

Air terjun Sri Gethuk Yogyakartaterletak di antara ngarai Sungai Oya dandikelilingi persawahan hijau. Air Terjun Sri Gethuk merupakan air terjun yang airnya selalu mengalir meskipun sedang musim. Air terjun ini juga memiliki suara gemuruhnya yang memecah keheningan di Gunung Kidul yang kering.

Air Terjun Sri Gethuk berlokasi di Desa Wisata Bleberan, dan menjadi salah satu tempat wisata yang sayang jika dilewatkan. Untuk mencapai air terjun ini, Anda harus naik kendaraan menyusuri area hutan kayu putih dengan kondisi jalan yang bervariasi. Mulai dari aspal hingga jalan makadam. Tanaman kayu putih berganti dengan ladang jati setelah Anda memasuki Dusun Menggoran.

Jika sudah sampai di daerah pemancingan, ada dua pilihan jalan untuk mencapai air terjun ini. yaitu  menyusuri jalan setapak dengan pemandangan sawah atau naik rakit melawan arus Sungai Oya. Dan sebagai pilihan alternatif, Anda sebaiknya naik perahu rakit. Sebaiknya untuk melakukan perjalanan ke air terjun dilakukan pada pagi hari. Sebab udaranya masih sangat sejuk, apalagi jika Anda ingin melewati Sungai Oya.

Di sepanjang aliran sungai, terdapat tanaman belukar yang hijau alami di tengah tebing-tebing Karst yang melindungi sisi kanan kiri sungai. Tidak lebih dari 15 menit menyusuri sungai, Anda sudah bisa sampai di Air terjun Sri Gethuk Yogyakarta. Gemuruh air terjun sudah bisa Anda dengar dan semakin penasaran supaya cepat ke Air terjun Sri Gethuk Yogyakarta.Ketika sampai di air terjun, pasti Anda akan serasa dibawa ke cerita-cerita di negeri dongeng. Saat musim hujan tiba, Anda akan berkesempatan untuk melihat indahnya pelangi di Air Terjun Sri Gethuk. Pemandangan alam yang sungguh indah dari air terjun ini akan terasa lengkap karena Anda bisa melihat satwa-satwa yang berkeliaran bebas.

Berdasarkan cerita yang beredar di masyarakat sekitar, air terjun Sri Gethuk adalah tempat penyimpanan kethuk, yaitu instrumen gamelan milik Jin Anggo Meduro. Oleh karena itu, air terjun ini disebut dengan Air Terjun Sri Gethuk. Konon katanya, di waktu-waktu tertentu masyarakat Dukuh sering mendengar suara gamelan yang berasal dari arah air terjun.

Air Terjun Sri Gethuk juga memiliki sebutan lain sebagai Air Terjun Slempret. Nama Slempret berasal dari legenda yang terdapat di Desa Bleberan. Menurut kisah yang beredar di masyarakat sekitar, Air terjun Sri Gethuk Yogyakarta adalah pusatnya para jin dan pimpinannya bernama Jin Anggo Menduro.

Air terjun ini bermula dari 3 sumber mata air: Kedungpoh, Ngandong, dan Ngumbul. Ketiganya akan mengalir dan berkumpul menjadi satu, yang kemudian membentuk butiran air yang jatuh dari atas tebing batu karst yang sangat tandus.

Bebatuan indah dibawah air terjun membentuk undak-undakan seperti kolam renang yang mewah. Dan objek wisata Air Terjun Sri Gethuk disebut-sebut mirip dengan sebuah tempat wisata di Amerika Serikat yang populer yaitu Grand Canyon Arizona.Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta memang identik dengan gugusan bukit kapur yang gersang dan juga tandus. Sehingga tidak ada yang salah dengan persepsi banyak orang tentang daerah ini dan juga kemiripannya dengan Grand Canyon Arizona.

Kawasan Air terjun Sri Gethuk Yogyakarta sebenarnya masih membutuhkan pengembangan yang lebih serius. Sebab air terjun ini mempunyai potensi besar untuk menjadi tujuan wisata populer di Gunung Kidul. Dan sekarang air terjun ini sedang dalam proses pengembangan untuk dijadikan destinasi wisata andalan Kabupaten Gunung Kidul.

Apabila Anda ingin memulai perjalanan ke lokasi Air Terjun Sri Gethuk dari pusat Kota Yogyakarta , Anda bisa mengambil arah ke Wonosari. Anda bisa mengikuti terus jalan Jogjakarta-Wonosari hingga pertigaan Gading. Di pertigaan tersebut, ada papan penunjuk arah dan ikutilah jalan tersebut sesuai petunjuk arah tersebut dan tiba di daerah Playen.

Di daerah Playen, juga ada banyak petunjuk arah menuju lokasi Air Terjun Sri Gethuk dan objek wisata lainnya. Anda sebaiknya mengambil arah melalui jalan aspal walaupun jaraknya sedikit lebih jauh dibandingkan melalui jalan off-road. Jalan off-road tersebut sebaiknya dihindari karena kondisi jalannya yang buruk karena jalan berbatu.

Demikianlah informasi yang bisa Anda ketahui mengenai Air terjun Sri Gethuk Yogyakarta. Semoga dengan adanya informasi ini, bisa memberikan wawasan baru bagi Anda yang hendak merencanakan liburan tahun ini. Jadi apabila Anda ingin berlibur ke Yogyakarta, jangan lupa untuk mengunjungi Air terjun Sri Gethuk. Itulah Air terjun Sri Gethuk Yogyakarta yang sangat disayangkan jika Anda lewatkan untuk dikunjungi.