Telaga Ngebel Salah Satu Obyek Wisata di Ponorogo Jawa Timur

by

Obyek wisata di Kabupaten Ponorogo Jawa Timur yang sedang Anda baca saat ini adalah Telaga Ngebel. Ngebel merupakan salah satu kecamatan di wilayah Kabupaten Ponorogo. Letaknya yang strategis di kaki Gunung Wilis membuat Telaga Ngebel dipadati wisatawan ketika musim liburan.

Saya sudah membuktikan sendiri kemacetan parah menuju obyek wisata bersuhu dingin tersebut di musim liburan tahun baru 2014 lalu. Sebenarnya saya ingin mengelilingi lingkar jalan Telaga Ngebel panjangnya kurang lebih 5 km tersebut. Namun, karena jalanan penuh pengunjung maka keingingan saya tidak terlaksana.

Meskipun dipenuhi wisatawan yang sedang memanfaatkan waktu liburan, suasana di Telaga Ngebel tetap sejuk dan nyaman. Ini disebabkan suhu udara di obyek wisata kota Reog tersebut berkisar antara 20 hingga 26 derajat celcius.

Telaga Ngebel merupakan salah satu obyek wisata andalan Pemkab Ponorogo. Pada moment tertentu sering diadakan acara larung sesaji di Telaga tersebut. Tujuan digelarnya upacara larung sesaji semata-mata demi kepentingan promosi pariwisata.

Legenda Obyek Wisata Telaga Ngebel

Jika Anda ingin berwisata ke Telaga Ngebel, Anda harus melintasi jalanan berliku dan berkelok-kelok mengelilingi gunung dan bukit. Tapi percayalah, rasa penat akan terbayar ketika memandang eloknya panorama alam Ngebel.

Danau Ngebel biasa dikaitkan dengan cerita “Baru Klinting“ yang bersosok ular naga. Baru Klinting konon merupakan jelmaan dari Patih Kerajaan Bantaran Angin. Suatu ketika, Sang patih tengah melakukan pertapaan dalam wujud ular naga. Secara kebetulan, ada salah seorang warga melihat ular tersebut dan tanpa curiga membawa pulang ular tersebut ke rumahnya.

Setelah sampai di rumah, warga tersebut bermaksud menjadikan ular jelmaan yang ditemukan sebagai lauk pauk. Beberapa saat sebelum disembelih, naga jelmaan tersebut tiba-tiba berubah wujud sebagai anak kecil, yang lalu mengadakan sayembara di hadapan warga kampung.

Anak kecil ajaib tersebut kemudian menancapkan lidi di tanah. Beberapa sumber menyebut bahwa yang ditancapkan bukan lidi melainkan entong (alat pengaduk nasi). Anehnya, tak ada seorang pun yang mampu mengangkat lidi yang menancap tersebut. Setelah semua pasrah, anak kecil mencabut sendiri lidinya. Ajaibnya, memancarlah air dari bekas tancapan lidi atau entong tersebut. Perlahan dan terus-menerus air semakin menggenang ke seluruh desa hingga terbentuklah sebuah danau. Masyarakat di sana menyebutnya sebagai danau atau Telaga Ngebel, yang berarti telaga dengan aroma menyengat.

Penasaran seperti apa sih panorama Ngebel itu? Oke… silakan menikmati keindahan gambar-gambar obyek wisata Telaga Ngebel berikut:

Pemandangan Telaga Ngebel
Pemandangan Telaga Ngebel – Telaga ini merupakan salah satu tempat wisata andalan milik Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur
Larungan Telaga Ngebel
Larung sesaji, salah satu kegiatan di kawasan wisata Telaga Ngebel Ponorogo Jawa Timur

Telaga Ngebel Ponorogo
Foto penampakan keindahan Telaga Ngebel Ponorogo yang berada di kaki Gunung Wilis

Wahana Wisata Telaga Ngebel

Apa saja yang bisa kita nikmati dari berwisata ke Telaga Ngebel? Telaga yang dikelola oleh Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ponorogo tersebut terus berbenah. Sebelum 2014, hanya ada fasilitas bus air mengelilingi telaga. Setelah 2014 ditambahkan permainan-permainan lain yang cukgup menarik bagi pengunjung di sekitaran Madiun.

Saat ini, wisata Telaga Ngebel sudah dilengkapi perahu bebek sebanyak 15 unit dan speedboad sebanyak 7 unit. Berbagai upaya terus dilakukan untuk memberdayakan telaga yang biasa disebut dengan Telaga Baru Klinting itu. Hal ini dimaksudkan untuk lebih meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke obyek wisata Ngebel. Selain pengadaan wahana permainan air, juga ditambahkan arena bermain anak yang bertempat di lapangan Telaga Ngebel.

Tarif Hotel/Penginapan di Telaga Ngebel Ponorogo

Obyek dan tempat-tempat wisata dengan panorama pemandangan alam seperti Telaga Ngebel, Telaga Sarangan, Jatim Park 1 semakin banyak diminati. Beberapa orang yang berkunjung ke tempat rekreasi Telaga Ngebel mengaku sudah bosan dengan obyek wisata bahari atau yang bernuansa pantai. Mereka mencoba mencari alternatif dengan cara berlibur ke obyek wisata lain seperti Telaga Ngebel. Telaga Ngebel diakui memiliki keindahan alam yang cukup mempesona dan tak kalah menarik dengan destinasi wisata lainnya.

Bagaimana dengan Tarif Hotel/Penginapan? Penginapan di kawasan Telaga Ngebel Ponorogo tergolong murah. saat ini di Telaga Ngebel sudah ada 23 hotel dan penginapan. Semua hotel dan penginapan menawarkan suasana kenyamanan dan keamanan bagi para wisatawan. Harga sewa hotel/penginapan berkisar Rp 70 ribuan per malam per kamar.