LUAR BIASA INDAHNYA Wisata Air Terjun Kediri Di Lereng Gunung Wilis

by

Selain memiliki Alun-alun dan Simpang Lima Gumul yang populer, kota ini juga memiliki banyak tempat wisata menarik lainnya. Seperti beberapa wisata Air Terjun Kediriyang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan karena keindahanya yang luar biasa indah dan keren. Bukan hanya itu saja, wisata air terjun Kediri juga termasuk salah satu wisata alam yang memiliki cerita atau legenda yang menarik.

Selain memiliki pemandangan yang menarik dan indah disekitar wisata air terjun, Kediri juga memiliki cuaca dan udara yang sejuk. Oleh sebab itu, Kediri bisa anda jadikan sebagai tempat dan tujuan yang cocok untuk anda yang ingin menghabiskan liburan bersama keluarga atau teman. Dan berikut ini adalah beberapa wisata air terjun Kediri yang sayang untuk dilewatkan

1.      Air Terjun Dolo

Wisata air terjun Kediri yang bernama Dolo merupakan air terjun yang terletak di Dusun Besuki, di Desa Jugo, di Kecamatan Mojo, dan terletak di Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur. Air terjun dengan ketinggian 1800 meter di atas permukaan laut yang berada di Timur Gunung Wilis (2.850 meter) ini berjarak sekitar 4 meter dengan air terjun Irenggolo. Kedua air terjun ini hanya dibatasi oleh pepohonan dan hutan disekelilingnya. Dengan debit air yang tidak terlalu deras, air terjun ini memiliki air yang sangat dingin. Tumpahan Air Terjun Dolo ini memiliki 3 bagian, bagian yang paling tinggi mencapai 90 meter sedangkan yang di bawahnya sekitar 2 sampai 5 meter. Karena Air Terjun Dolo ini terletak di kawasan pegunungan Wilis, tidak heran jika akses jalan menuju air terjun tersebut sering sekali tertutup oleh kabut.

 

Lokasi Dan Tempat

Wisata air terjun Kediri Dolo ini berjarak 25 km dari kota Kediri, dan membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk sampai kesana dari kota Pare Kediri. Meskipun akses jalan air terjun ini berbelok-belok, namun kondisi atau medan jalan tersebut mudah dan halus untuk dilewati jenis mobil pribadi ataupun sepeda motor. Sesampainya di tempat parkir, anda hanya perlu berjalan kaki dan menaiki ribuan anak tangga dengan jarak sekitar 1 km.

 

Fasilitas

Fasilitas yang ada di wisata air terjun Dolo ini terbilang cukup lengkap. Disediakan tempat makan atau warung jajan, toilet umum dan mushola, selain itu juga terdapat area untuk olahraga pagi dan hiking area. Tidak hanya itu, di wisata air terjun ini juga menyediakan fasilitas play ground atau tempat bermain dan camping ground atau tempat perkemahan. Tempat wisata ini cocok sekali untuk anda yang memiliki hobi berkemah, namun untuk anda yang tidak ingin berkemah juga bisa menginap di Villa sekitar air terjun tersebut yang berlokasi sekitar 4 km.

Bukan hanya itu saja fasilitas yang ada di wisata air terjun Kediri Dolo tersebut, sekitar 4 meter dari lokasi anda juga akan menemukan kebun strawberry dan sayur di sebuah pondokan bambu. Untuk anda yang senang sayuran dan buah bisa membeli atau memetik sendiri sayur dan strawberry yang sudah disediakan di tempat tersebut.

2.      Air Terjun Irenggolo

Selain memiliki air terjun Dolo, wisata air terjun Kediri juga memiliki wisata air lainya. Yaitu, wisata air terjun Irenggolo yang tidak kalah indah dan tidak kalah menarik untuk dikunjungi dengan wisata Air Terjun Dolo. Jika airterjun Dolo memiliki ketinggian sekitar 1800 meter, Irenggolo hanya memiliki tinggi 1200 meter. Namun, air terjun ini tetap menyimpan dan memiliki pesona yang tak kalah indah. Aliran air yang tumpah dari atas membentuk undakan-undakan kecil yang indah dengan pemandangan pohon hijau dan udara yang sejuk.

 

Lokasi Dan Tempat

Untuk lokasi atau tempat wisata air terjun Kediri Irenggolo ini terletak tidak jauh dengan air terjun Dolo. Yaitu, masih di kawasan dusun Besuki yang terletak di gugusan Gunung Wilis. Dengan jarak 28 km dari arah baratnya kota Kediri, air terjun Irenggolo ini terbilang dekat karena hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit memakai kendaraan. Air yang ada di air terjun Irenggolo ini mencapai 18 derajat Celcius, suhu yang termasuk dingin sekali. Namun akan terbayar dengan kesegaran airnya dan keindahan pepohonan yang ada disana.

Fasilitas

Fasilitas yang disediakan di wisata air terjun Kediri Irenggolo ini adalah toilet atau wc umum, taman bermain dan lain-lainnya. Namun, sekarang ini karena ulah orang yang tidak bertanggung jawab, fasilitas-fasilitas yang terdapat di tempat wisata tersebut kurang bersih dan sedikit tidak terawat. Oleh karena itu, untuk anda yang berniat berkunjung atau ingin berlibur ke air terjun ini sebaiknya tetap menjaga kebersihan dan keindahan tempat wisata tersebut. Jangan sampai karena ulah tangan orang-orang yang tak bertanggung jawab, air terjun ini menjadi rusak dan tidak indah, akibatnya akan mengurangi jumlah wisatawan bukan?

Demikian tadi adalah beberapa wisata air terjun Kediri Dolo dan Irenggolo yang memiliki keindahan luar biasa dan udara yang sejuk. Jangan lupa berkunjung kesana yaaaaa.