Lokasi Wisata Air Terjun Coban Rondo, Tiket Masuk, dan Legendanya

by

Selain memiliki wisata kebun apel yang populer, Malang juga memiliki wisata Air Terjun Coban Rondo yang menjadi salah satu tujuan para wisatawan lokal maupun mancanegara.  Air terjun dengan nama yang unik ini memiliki tinggi 84 meter yang terletak di ketinggian 1.135 meter di atas permukaan laut, airnya bersumber dari mata air CemoroDudo. CemoroDudo ini berada di lereng Gunung Kawi. Jika sedang musim hujan, debit airnya mencapai 150 liter, namun akan menurun sampai 90 liter per detik jika sedang musim kemarau.

Cuaca dan udara yang sejuk serta pepohonan khas pegunungan menjadi daya tarik wisata air terjun coban ronda tersebut. Tidak heran jika setiap weekend ramai pengunjung mulai dari warga lokal, wisatawan domestik dan juga wisatawan mancanegara.Selain memiliki pemandangan yang sejuk dan indah, wisata Air Terjun Coban Rondo juga memiliki cerita legenda yang menarik.

Cerita Legenda Asal Muasal Air Terjun Coban Rondo

Dahulu kala, hiduplah sepasang pengantin baru, yang perempuan berasal dari Gunung Kawi bernama Dewi Anjarwati dan yang laik-laki berasal dari Gunung Anjasmoro bernama Raden Baron Kusumo. Setelah selapan atau 36 hari usia pernikahanya, pengantin perempuan Dewi Anjarwati mengajak Raden Baron Anjasmoro atau suaminya, untuk mengunjungi rumah mertuanya yaitu di Gunung Anjasmoro. Namun, usia selapan atau 36 hari dalam pernikahan menurut adat atau orang jawa belum boleh atau dilarang keluar atau berpergian terlalu jauh. Akan tetapi, sepasang pengantin baru tersebut yaitu Dewi Anjarsari dan Raden Baron Anjasmoro tidak mendengarkan dan mengacuhkan adat tersebut. Setelah mereka sampai di tengah perjalanan, datanglahJokoLelono yang tidak sengaja terpikat oleh kecantikan Dewi Anjarwati.

Ketika itu, Suami Dewi Anjarwati memerintahkan anak buahnya untuk membawa istrinya ke sebuah tempat yang ada air terjunya yang dalam bahasa jawa dinamakan coban. Setelah Dewi Anjarwati dibawa ke air terjun tersebut, Raden Baron Anjasmoro dan JokoLelono pun bertempur sampai keduanya pun mati. Sejak saat itulah Raden Anjarwati menjadi seorang janda yang dalam bahasa jawa dinamakan Rondo. Dan sejak peristiwa itulah air terjun tersebut sampai dinamakanAir Terjun Coban Rondo.

Alamat Dan Lokasi Wisata Air Terjun Coban Rondo

Untuk alamat atau dan lokasi wisata Air Terjun Coban Rondo ini berjarak sekitar 12 km dari kota Batu Malang, atau berada di desa Pandansari, masuk di kecamatan Pujong, dan masuk di Kabupaten Malang, provinsi Jawa Timur. Untuk menuju kesana dengan jalan beraspal memudahkan pengendara roda 2 ataupun 4 dari kendaraan pribadi atau pun kendaraan umum. Berikut adalah rute untuk menuju wisata Air Terjun Coban Rondo

·       Kendaraan Umum

Langkah pertama pilih bus dengan jurusan Malang dari kota Surabaya, setelah itu anda bisa naik angkutan umum yang ada di Terminal Arjosari Malang dengan jurusan Landungsari. Setelah sampai di Landungsari, lanjutkan perjalanan menggunakan bus dengan tujuan Kediri via Pujon. Kemudian anda bisa turun di Patung Sapi yang menjadi pintu gerbang untuk masuk ke coban rondo. Sesampainya di gerbang tersebut, tersedia banyak ojek untuk sampai di tempat wisata Air Terjun Coban Rondo tersebut.

·       Kendaraan Umum

Bagi anda yang menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju wisata Air Terjun Coban Rondo tersebut, anda bisa mulai dari jalan raya arah kota Batu ke Pujon, Malang. Sampai di jalan dengan tanjakan yang landai juga jalan yang berkelok-kelok dan juga tajam, itulah tanda bahwa anda sudah sampai di jalan atau puncak perbukitan. Di jalan tersebut terdapat papan nama yang berukuran besar akan memberi arah untuk belok ke kiri untuk keluar dari jalan raya yang akan terhubung ke akses wisata Air Terjun Coban Rondo tersebut.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Air Terjun di Malang

Harga Tiket Masuk Wisata Air Terjun Coban Rondo

Setelah mengetahui cerita legenda dan akses untuk menuju wisata Air Terjun Coban Rondo tersebut, sekarang anda bisa mengetahui harga tiket untuk bisa masuk ke objek wisata city. Untuk pengunjung atau wisatawan domestik dikenakan tarif atau harga tiket sebesar Rp. 8.000,- sedangkan untuk wisatawan mancanegara atau bule dikenakan tarif relatif lebih besar yaitu Rp. 10.000,-.

Wahana Dan Fasilitas Yang Ada Di Wisata Air Terjun Coban Rondo

·       Area camping ground yang terdapat di Tempat Outdoor Learning

·       Untuk yang punya hobi adventure, trekking ke Cuban Tenga menjadi pilihan yang menarik dan asik

·       Fun Tubing dengan tiket sebesar Rp 35.000 untuk satu orang

·       Selain wahana diatas, terdapat juga Paint Ball yang memberikan paket 3 on 3 untuk 6 orang dengan peluru sebanyak 150 dikenakan harga Rp. 450.000,- dan 3 on 3 untuk 6 orang dengan harga Rp 750.000 dapat 300 peluru

Untuk fasilitas yang ada di wisata Air Terjun Coban Rondo ini menyediakan Hotel dan penginapan, warung makan, toilet umum, tempat parkir, toko souvenir atau toko oleh-oleh, dan tempat ibadah dengan harga yang terjangkau.

Demikian tadi adalah informasi tentang wisata Air Terjun Coban Rondo. Selamat berlibur.