Air Terjun Sibolangit – Air Terjun Dua Warna Yang Mengagumkan

by

Berbicara mengenai keindahan alam yang ada di Sumatera Utara memang tidak ada habisnya. Keindahan alam yang ditawarkan seakan-akan menghipnotis setiap pengunjung yang datang. Tujuan wisata yang satu ini dijamin akan membuat Anda terpesona melihatnya, karena wisata yang satu ini terbilang unik dan jarang dimiliki oleh air terjun lain. Ya, Kota Sumatera Utara menyajikan tempat wisata unik berupa air terjun yang memiliki dua warna sekaligus. Kapan lagi Anda menikmati pemandangan alam yang langka ini. Jika Anda tertarik, segera berkunjung ke Sumatera Utara dan buktikan sendiri keindahan Air Terjun Sibolangit.

Air Terjun Sibolangit

Air terjun dua warna ini terletak di Kecamatan Sibolangit, sehingga lebih dikenal sebagai wisata Air Terjun Sibolangit. Air yang mengalir dari air terjun ini bersumber dari Gunung Sibayak. Air Terjun Sibolangit ini berada di ketinggian 1270 mdpl. Anda penasaran mengapa air terjun ini disebut sebagai air terjun dua warna? Jawabannya tidak lain adalah air terjun ini mempunyai dua gradasi warna yang berbeda. Dimana air yang berada di tampungan pancuran di bawah berwarna putih keabu-abuan sedangkan yang air yang terjun dari atas ke bawah warnanya biru muda. Tidak hanya keunikan itu saja, jika Anda berkunjung ke wisata ini maka Anda akan disuguhkan tiga keindahan air terjun sekaligus, indah bukan? Para wisatawan yang berasal dari ras Thionghoa kerap kali mengunjungi tempat wisata ini, karena menurut kepercayaan mereka, air terjun dua warna ini akan memberikan keuntungan untuk mereka.

Berdasarkan metode ilmiah, perbedaan dua warna ini diakibatkan dari airnya yang mengandung belerang dan fosfor. Dengan adanya kandungan tersebut maka Anda dihimbau untuk tidak meminum air saat bermain di tempat wisata ini. Selain keunikan warnanya, suhu dari Air Terjun Sibolangit juga tergolong unik, karena air tersebut memiliki suhu yang berbeda-beda. Dimana air yang berwarna putih keabu-abuan memiliki suhu yang hangat, sedangkan air yang berwarna biru muda memiliki suhu dingin.

Berbagai aktivitas menarik bisa Anda lakukan di tempat ini seperti bermain air, duduk bersantai sambil menikmati keindahan air terjunnya, berenang-renang denganasyiknya, serta jika Anda sudah merasa kedinginan bermain air Anda bisa menyalakan api unggun untuk menghangatkan badan sembari menikmati keindahan alam yang ditawarkan oleh tempat wisata yang indah dan unik ini. Anda juga bisa mengabadikan momen liburan menarik Anda dengan kamera yang Anda bawa. Jika aktivitas menarik tersebut dirasa kurang memuaskan Anda bisa mendirikan tenda di sekitar air terjun ini dan bermalam. Anda akan ditemani suara gemericik air dan indahnya langit yang bertaburan bintang, suasana ini akan menjadikan Anda lebih dekat dengan alam.

Untuk menuju Air Terjun Sibolangit ini Anda akan melewati kawasan hutan. Perjalanan Anda akan memerlukan tenaga yang ekstra karena cukup menantang adrenalin Anda. Namun perjalanan yang cukup sulit ini akan ditemani dengan suasana asri dan kesejukan udara hutan. Ini menandakan bahwa areal hutan masih terawat dan terjaga kebersihannyaoleh warga sekitar dan juga para wisatawan yang melewatinya.

Lokasi air terjun ini berada di Desa Durin Sirugun, Sibolangit, Deli Serdang, Sumatera Utara. Air terjun ini berada tepat di kaki Gunung Sibayak. Jika Anda berangkat dari Kota Medan, maka jarak yang Anda tempuh untuk dapat sampai di Kecamatan Sibolangit ini mencapai 75 kilo meter. Dari Kecamatan Sibolangit menuju air terjun dua warna ini jaraknya masih cukup jauh. Perjalanannyaakan memakan waktu sekitar 3 jam. Jika Anda belum pernah mengunjungi tempat ini disarankan untuk menyewa jasa pemandu wisata agar hal-hal buruk tidak terjadi pada Anda.

Anda dapat memilih kendaraan umum seperti bus antar kota jurusan Kabanjahe dari Medan atau menggunakan kendaraan pribadi untuk dapat sampai di bumi perkemahan Sibolangit. Selanjutnya Anda harus berjalan kaki melewati areal hutan yang lebat yang akan memakan waktu sekitar 2 sampai 3 jam. Adrenalin Anda akan diuji dengan melewati turunan dan tanjakan serta melewati sungai-sungai kecil yang berada di hutan. Anda tidak perlu khawatir karena sepanjang perjalanan menuju air terjun sudah terpasang penunjuk arah, jadi Anda tidak akan tersesat. Seluruh tenaga Anda yang telah terkuras akan terbayar jika Anda melihat keindahan dari air terjun dua warna ini.

Cukup membayar biaya retribusi sebesar Rp 25.000 dan membayar pemandu wisata sekitar Rp 100.000 – Rp 300.000 tergantung dengan jumlah rombongan, Anda sudah dapat menikmati keindahan dari air terjun dua warna. Fasilitas yang ditawarkan tempat wisata ini cukup memadai, Anda tinggal mempersiapkan segala sesuatunya jika berniat untuk bermalam di tempat wisata ini.

Keindahan dan keunikan dari Air Terjun Sibolangit ini memang tidak dapat diragukan lagi, perjuangan untuk menuju air terjun ini akan terbayar dengan pesona yang ditawarkan oleh air terjun dua warna. Bagaimana Anda tertarik mengunjunginya?