Air Terjun Saringgana vs Sampuran Ganjang di Kutambaru Marike, Langkat

by

Kutambaru Marike merupakan kecamatan yang berada di Kabupaten Langkat Sumatera Utara. Di kecamatan ini terdapat beberapa air terjun yang bisa Anda sambangi untuk mengisi liburan menarik Anda.  Untuk Anda pencinta alam yang suka dengan tantangan, mengunjungi air terjun ini merupakan sebuah keharusan bagi Anda. Pasalnya menuju air terjun ini cukup menantang adrenalin Anda, dimana Anda harus siap mental dan juga fisik untuk melaksanakan perjalanan dengan medan yang cukup sulit. Untuk lebih jelasnya lagi inilah informasi mengenai air terjun di Marike yang patut untuk Anda kunjungi.

Air Terjun Saringgana vs Sampuran Ganjang

1.      Keindahan Air Terjun Saringgana ini jangan sampai Anda lewatkan

Di Kabupaten Langkat ini memang memiliki puluhan air terjun baik yang sudah terkenal maupun yang belum dikenal. Air Terjun Saringgana adalah salah satunya. Air terjun ini terletak di Desa Sulkam, Kutambaru Marike, Langkat, Sumatera Utara. Jika dari Kota Medan memerlukan waktu sekitar 3 jam untuk dapat sampai di lokasi. Jalanan menuju Marike ini masih berupa tanah yang berbatu yang naik turun dan jika hujan jalanannya cukup ekstrim, maka dari itu Anda harus tetap berhati-hati dan waspada. Setelah melewati jalan yang berbatu Anda juga akan melewati sungai-sungai kecil. Anda disarankan untuk memakai sepeda motor yang tahan akan jalan yang rusak karena mobil belum bisa melewati jalur ini. Jika dilihat dari jalalanannya yang rusak, maka akan sedikit orang yang mengunjungi tempat ini, namun jika Anda telah sampai di lokasi parkir Anda akan melihat banyaknya orang yang memarkiran kendaraan mereka. Ini menandakan bahwa wisata air terjun di Marike ini tidak pernah sepi. Walaupun akses jalannya sulit, namun tidak mengurangi niat pengunjung sedikit pun untuk mengunjungi wisata indah ini.

Dari tempat parkir Anda harus berjalan kaki sekitar 20 sampai 30 menit untuk sampai ke Air Terjun Saringgana. Selama perjalanan Anda akan melewati areal hutan yang banyak dihiasi oleh pepohonan hijau serta kicauan burung yang merdu. Sesampainya di air terjun  Anda akan disambut dengan suara gemericik air dan derasnya aliran air. Rasa lelah dan penat Anda seketika hilang dan tergantikan dengan keindahan air terjun.

Air terjun di Marike ini memiliki ketinggian mencapai 60 meter. Air terjun ini berada di tebing tinggi yang lumayan curam. Anda bisa bermain air atau mandi-mandi di tempat ini. Jika Anda bosan hanya mandi atau bermain saja, Anda juga bisa mencoba kegiatan yang cukup ekstrim yaitu melompat dari batang pohon yang telah mati yang letaknya di depan air terjun persis. Air terjun ini membentuk kolam yang aman jika Anda melompat dari batang pohon tersebut. Debit dari air terjun ini sangat deras, sehingga belum sampai mandi di bawah air terjunnya Anda sudah basah kuyup apalagi jika berfoto dengan menggunakan Handphone dijamin lensanya akan basah.

Wisata air terjun ini tergolong ke dalam destinasi wisata yang menarik, sayangnya kesadaran  pengunjung akan sampah masih rendah dan ini membuat para petugas kebersihan harus bersusah payah mengumpulkan sampah yang telah ditinggalkan oleh para pengunjung. Jika Anda mengunjungi tempat ini diharapkan untuk tidak membuang sampah sembarangan kalau perlu membawa plastik besar untuk menampung sampah Anda dan buanglah pada tempat sampah. Sangat disayangkan jika wisata air terjun yang cantik ini akan rusak dengan hadirnya sampah yang berserakan.

 

2.      Air Terjun Sampuran Ganjang – air terjun bertingkat yang begitu memanjakan mata

Air terjun ini berada di Wisata Alam Simolap Marike yang merupakan wilayah konservasi dari Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 7 sampai 15 meter yang airnya langsung jatuh dan mengalir ke goa. Jika mengunjungi wisata ini Anda disarankan untuk camping dan bermalam di tempat ini agar Anda dapat dengan puas menikmati keindahan Wisata Alam Simolap. Sesampainya Anda di perkebunan teh Marike Anda akan menempuh perjalanan berupa tanah yang berbatu, jika terjadi hujan maka akses ini akan berlumpur dan licin jadi Anda harus berhati-hati. Setelah Anda sampai di parkiran Anda harus menyewa pemandu wisata yang akan memandu perjalanan Anda, ini merupakan peraturan dari pemerintah setempat dan harus Anda patuhi.

Perjalanan Anda akan diawali dengan mengunjungi pemandian Air Panas Sei Murak dan Goa Terang. Barulah Anda harus berjalan selama kurang lebih 1,5 jam untuk sampai di air terjunnya. Sesampainya di air terjun Anda akan disuguhkan dengan keindahan air terjun yang bertingkat-tingkat. Airnya begitu jernih dan bersih. Anda juga bisa bermain-main air ataupun mandi di tempat ini. Di air terjun di Marike ini Anda juga bisa berfoto-foto sesuka hati Anda. Setelah puas menikmati keindahan Air Terjun Sampuran Ganjang Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju ke destinasi lainnya.

Dua wisata air terjun di Marike tersebut bisa And kunjungi jika berwisata ke Sumatera Utara. Selamat berlibur.