6 Obyek Wisata Air Terjun Di Medan Pilihan Tepat Saat Weekend

by

Medan adalah kota yang sangat terkenal akan wisata dan juga kulinernya. Salah satu destinasi wisata andalan di Medan yaitu air terjun. Dan berikut ini merupakan wisata air terjun di Medan yang harus dikunjungi saat weekend.

1.      Air Terjun Telaga Sibolangit

Untuk Anda yang suka dengan wisata alam, Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit atau Air Terjun Sibolangit tidak boleh dilewatkan begitu saja dan merupakan destinasi wisata bagi Anda yang suka dengan alam. Apabila ingin ditempuh dari Kota Medan, membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan.

Sibolangit merupakan pegunungan dengan hawa yang sejuk dan keindahan alamnya sangat eksotis. Air terjunnya terdapat di dalam hutan Sibolangit. Dan sesuai dengan namanya, air terjun ini memang memiliki dua warna yaknibiru untuk air dingin dan putih untuk air hangat. Apabila Anda berada di Sibolangit dan ingin mencapai lokasi air terjun, bisa menempuh perjalanan sekitar 3 jam. Air terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit beralamat di DurinSirugun, Kec. Sibolangit, Deli Serdang.

2.      Air Terjun Sipiso-piso

Obyek wisata air terjun di Medan yang juga terkenal yaitu Air Terjun Sipiso-piso. Magnet dari air terjun Sipiso-pisoletaknya yang begitu dekat dengan Gunung Sipiso-piso, dan tingginya mencapai 120 meter.

Selain itu, Anda juga bisa menyaksikan pemandangan alam cantik Danau Toba dari lokasi air terjun. Jika Anda ingin menikmati air terjun dari bawah, Anda harus menuruni 1.000 anak tangga yang berliku-liku terlebih dahulu. Lokasi air terjun ini yaitu berada di Ds.Tongging, Kab.Karo.

3.      Air Terjun Sigura-gura

Air terjun Sigura-gura adalah air terjun paling tinggi di Indonesia dan dengan suara air yang bisa terdengar hingga jauh, selain itu aliran airnyajuga deras. Ketinggian air terjun ini mencapai 250 meter dan berada di dekat Danau Toba. Wilayah ini mempunyai hawa sejuk dan juga menyegarkan.

Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di tempat wisata yang satu ini yaitu rafting, berkemah, hunting foto dengan latar belakang panorama  keindahan air terjun, dan lain sebagainya. Alamat air terjun ini berada di Kabupaten Toba Samosir.

4.      Air Terjun Janji

Keindahan alam yang dimiliki Danau Toba memang sudah tidak bisa diragukan lagi. Tidak heran jika namanya sangat populer hingga mancanegara. Saat liburan ke Danau Toba, tidak hanya wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tetapi obyek wisata di tepi danau juga tidak kalah indahnya, salah satunya yaitu Air Terjun Janji

Tempat wisata Air Terjun Janji di Medan ini menjadi salah satu tempat yang indah untuk dikunjungi para wisatawan. Pemandangannya yang indah dan udara yang sejuk cukup menjadi alasan kenapa para wisata ingin terus kembali ke tempat ini.Selain tempatnya yang tidak jauh dari danau toba, Air Terjun Janji juga tidak pernah sepi pengunjung. Berlokasi di Kecamatan Bakti Raja, Kabupaten Humbang Hasundutan.

5.      Air Terjun Sikulikap

Wisata air terjun di Medan yaitu air terjun Sikulikap. Untuk sampai di lokasi Air Terjun Sikulikap, Anda harus menempuh perjalanan dari gapura Air Terjun Sikulikap di sebelah kiri jalan dekat dengan Gerbang Selamat Datang di Kabupaten Karo.Lalu turun lewat anak tangga tidak jauh dari gapura tersebut, membutuhkan waktu kira-kira 20 menit.

Setelah melewati hutan, kemudiansampailah di Air Terjun Sikulikap. Air terjun yang memiliki ketinggian 30 meter ini terdapat banyak tebing di sekeilingnya.Banyak yang menggunakan tebing-tebing tersebut untuk berolahraga panjat tebing.

6.      Air Terjun Dua Warna

Air terjun Dua Warna adalah salah satu wisata alam yang terletak di Ds. DurinSirugun, Kec. Sibolangit, Kab. Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara. Wisata Air terjun Dua Warna terbentuk dari letusan Gunung Sibayak ratusan tahun lalu.Dan sumber air terjun ini berasal dari Gunung Sibayak. Sesuai dengan namanya, air terjun ini mempunyai dua warna, yakni biru muda yang turun dari atas dan putih abu-abuyang tertampung di bawah.

Warna air yang dipunyai air terjun ini disebabkan karena kandungan fosfor dan belerang yang terdapat di dalamnya. Adanya kandungan dua zat tersebut, maka air yang ada di Air Terjun Dua Warna ini dilarang untuk diminum. Sehingga jangan pernah Anda mencoba untuk meminum air di lokasi ini.

Air terjun ini mempunyai ketinggian kira-kira 100 m dan berada di dalam hutan. Tetapi Anda tidak usah khawatir sebab Anda bisa memakai jasa pemandu lokal untuk membantu menyusuri hutan yang merupakantrek menuju Air Terjun Dua Warna. Untuk tarif sewa pemandu tersebut berkisar antara 100.000 hingga 300.000 rupiah.

Perjalanan untuk menuju air terjun ini diawali dari pintu masuk utama bumi perkemahan Sibolangit,kemudian diteruskan dengan trekking menyusuri hutan sekitar 2 sampai 3 jam.Jadi apabila ingin berwisata ke lokasi ini, pastikan bahwa Anda memiliki stamina yang kuat.

Demikianlah beberapa wisata air terjun di Medan.Semoga informasi wisata air terjun di Medan tersebut bisa bermanfaat.