6 Destinasi Tempat Liburan Keluarga Paling Menarik di Ibu Kota

by

Bagi anda warga ibu kota mungkin sudah terlalu penat dengan kesibukan sehari-hari yang tentu saja menguras tenaga dan pikiran. Oleh karena itulah, anda perlu melakukan liburan agar otak dan badan kembali fresh dan semangat melakukan aktifitas pekerjaan.

Namun sayangnya banyak diantara mereka yang merasa tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan liburan ke luar kota. Sebenarnya anda tak harus pergi ke luar kota untuk bisa menikmati suasana  liburan yang menyenangkan bersama keluarga.

Karena di Jakarta pun banyak terdapat tempat liburan keluarga yang menyenangkan.Apasajakah tempat liburan keluarga di ibu kota yang wajib anda kunjungi? Berikut beberapa diantaranya.

1.      Taman Impian Jaya Ancol

Sejak pertama kali didirikan, Taman Impian Jaya Ancol sudah menjadi tempat liburan keluarga favorit di ibu kota. Di kawasan wisata ini anda dapat menikmati berbagai wahana permainan yang menguji adrenalin.

Bahkan baru-baru ini Ancol juga telah membangun theme park yang dapat membawa anak-anak anda seakan ke dunia fantasi mereka.Tak hanya itu, bagi anda yang ingin sekedar bersantai bersama keluarga tercinta, maka dapat mengunjungi pantai Marina yang berada di kawasan Taman Impian Jaya Ancol ini.

Di sini anda bisa bermain pasir nan lembut sambil berenang dan menikmati sunset pada sore harinya.

2.      Monumen Nasional (Monas)

Tak kalah populernya dengan Ancol, Monumen Nasional atau yang lebih dikenal dengan nama Monas ini juga merupakan tempat liburan keluarga favorit baik bagi penduduk asli Jakarta maupun pengunjung dari luar kota bahkan luar negeri.

Di kawasan Monas ini, anda bisa menikmati indahnya hamparan rumput hijau yang tumbuh dengan rapi dan terawat di pelataran Monas. Sedangkan di bagian dalam, anda bisa menikmati indahnya berbagai lukisan yang menggambarkan perjuangan para pahlawan serta beberapa lukisan bersejarah bagi Indonesia.

Harga masuk ke Monas sendiri sangat murah, sehingga tak heran jika pada hari-hari libur tempat liburan keluarga di ibu kota ini sangat ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun laur kota.

3.      Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Sering kali Taman Mini Indonesia Indah (TMII) ini disebut sebagaimaskotnyakota Jakarta. Ya, selain Monas, TMII juga merupakan kawasan wisata yang sudah diakui kepopulerannya bahkan hingga ke luar negeri.

Di kawasan tempat liburan keluarga ini anda dapat menikmati berbagai wahana permainan.Selain itu, di TMII juga terdapat kebun binatang yang cocok untuk anda kunjungi bersama anak-anak.

Tak cukup disitu, di TMII anda juga bisa bermain wahana air dengan berbagai permainan menarik di dalamnya.Dan yang paling menarik di TMII, anda bisa melihat sebuah bangunan bersejarah yang berbentuk menyerupai Istana di dunia animasi.

4.      Kebun Binatang Ragunan

Jika di TMII anda sudah bisa mengunjungi kebun binatang, namun ketika anda berkunjung ke kebun binatang Ragunan jumlah satwa yang dapat anda lihat dan kenalkan ke anak-anak lebih banyak.

Disini anda bisa mengajak anak-anak untuk lebih dekat dengan hewan-hewan dan menjelaskan pada mereka bagaimana cara bersosialisasi yang baik terhadap hewan-hewan.

Sayangnya, entah karena kesalahan pengelola atau pihak lain, banyak binatang yang mati dan tidak terawat denga baik di kebun binatang Ragunan ini.

5.      Setu babakan

Meskipun bersama seluruh anggota keluarga, namun tak ada salahnya jika anda mengunjungi tempat wisata yang bernuansa romantis, yaitu di Situ Babakan.

Sejak langkah pertama memasuki kawasan Setu Babakan ini anda akan merasakan budaya Betawi yang sangat kental. Setelah melalui deretan rumah khas betawi, anda akan disuguhi sebuah Situ yang di atasnya banyak terdapat sampan untuk di sewakan.

Ya, salah satu hal menarik yang dapat anda lakukan di tempat liburan keluarga Setu Babakan ini adalah berkeliling Setu menggunakan nampan.Dan setelah lelah berkeliling, anda bisa bersantai menikmati indahnyaSetu dengan ditemani jajanan lezat yang banyak dijajakan di tepi Setu.

6.      Kota Tua Batavia

Bagi anda yang ingin mengenang sejarah ibu kota Jakarta, nampaknya tempat liburan keluarga Kota Tua Batavia menjadi destinasi yang tepat. Disini anda bisa menjumpai bangunan tua yang memiliki arsitektur khas jaman kolonial.

Selain itu, anda juga bisa berkeliling Kota Tua menggunakan sepeda yang di sewakan.Dan yang paling menarik dari Kota Tua Batavia ini adalah banyaknya orang yang bekerja sebagai patung orang, dimana mereka berdandan sedemikian rupa hingga menyerupai tokoh pahlawan.Kemudian mereka berdiri di halaman Kota Tua sambil menunggu pengunung yang hendak berfoto bersamanya.Ya, Kota Tua Batavia juga sering kali dijadikan sebagai pusat fotografer di ibu kota.

6 destinasi tempat liburan keluarga di ibu kota tersebut hampir kesemuannya merupakan tempat wisata murah. Sehingga untuk mengunjunginya anda tak memerlukan waktu yang panjang serta budged yang besar.

Dan meskipun begitu, namun kebahagiaan bersama keluarga tetap bisa anda rasakan.