5 Wisata Air Terjun Wonogiri, Eksotisme Surga Asri Yang Tersembunyi

by

Inilah 5 Wisata Air Terjun Wonogiri, Eksotisme Surga Asri Yang Tersembunyi

Anda pelancong yang memasukkan Wonogiri ke dalam catatan liburan Anda tahun ini? Hobi mengunjungi wisata air terjun yang cantik dan menarik? Beberapa wisata air terjun Wonogiri yang akan kami ulas di bawah ini bisa anda jadikan referensi. Yuk, langsung saja simak dan kenali baik-baik ya, sahabat travellers?

1.      Air Terjun Selogiri

Bicara tentang wonogiri, Air Terjun Selogiriatau yang lebih dikenal dengan Air Terjun Grojogan Melati tak pernah luput menjadi bahan pembicaraan para pelancong sejati yang dengan sengaja mencari sensasi berlibur penuh kejutan. Air Terjun Selogiri memiliki 7 buah air terjun, dimana enam di antaranya berundak-undak dalam satu jalur yang letaknya berdekatan satu sama lain. Ketinggian air terjun ini berkisar dari 10-30 meter. Ke tujuh air terjun ini (dari posisi bawah menurut urutan letaknya)adalah Air Terjun Batu Anjlok, Kedung Dandang, Kedung Bunder, Kedung Turuk, Jurang Gandil, Watu Kandang, Padusan, Kali Tangan dan Kali Telu, serta Gua Gunung Kedung Ringin. Air terjun ini terletak 14 km dari Wota Wonogiri atau 7 km dari Pasar Krisak Selogiri.

2.      Air Terjun Sanginan

Salah satu objek wisata air terjun Wonogiri yang wajib Anda kunjungi adalah Air Terjun Sanginan. Ya, air terjun yang satu ini merupakan serpihan surga Indonesia yang asri dan masih tersembunyi. Tak heran, jika keindahannya yang belum banyak terjamah oleh tangan manusia menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelancong alam yang menyukai suasana sepi, damai, namun menenangkan hati. Berlokasi di Desa Sanginan, tepatnya berada di bawah Bukit Cumbri. Salah satu wisata air terjun Wonogiri ini memiliki bentuk debit jatuh yang unik, berbentuk pipih. Hal ini terjadi karena aliran dari sumber mata air langsung mengikuti struktur batu yang sedikit lempeng.Selain dijadikan obyek wisata lokal, masyarakat sekitar memanfaatkan air terjun ini untuk memenuhi kebutuhan air mereka dan keperluan irigasi.

3.      Air Terjun Girimanik Setren

Sesuai dengan namanya, Air Terjun Girimanik terletak di Desa Setren, Kecamatan Slogohimo, Wonogiri, Jawa Tengah. Untuk menuju objek wisata air terjun Wonogiri yang satu ini, Anda memerlukan perjalanan sejauh 30 km dari Kota Wonogiri ke arah Ponorogo. Wisata air terjun Wonogiri ini memiliki tiga buah air terjun dengan ketinggian yang berbeda. Ketiga air terjun tersebut adalah Air Terjun Manik Moyo, Air Terjun Condromoyo, dan Air Terjun TinjoMoyo. Air Terjun Manik Moyo memiliki ketinggian 70 meter, sedangkan Air Terjun Condromoyo dan Tinjomoyo memiliki ketinggian 30 meter. Pengunjung akan dikenakan tiket sebesar Rp 5000-,. Disekitar kawasan air terjun ini, Anda juga bisa menikmati agrowisata berupa buah durian. Bagaimana, Anda tertarik mengunjungi wisata air terjun Wonogiri yang satu ini?.

4.      Air Terjun Binangun Watu Jadah

Air terjun ini masih perawan karena lokasinya yang masih tersembunyi dan belum terjamah oleh wisatawan. Untuk mencapai objek wisata air terjun Binangun Watu Jadah, wisatawan harus menempuh perjalanan yang lumayan melelahkan. Melewati persawahan dan perbukitan di sekitar Gunung Lawu. Anda memerlukan waktu satu jam untuk sampai ke tempat ini. Namun, anda tidak perlu khawatir karena begitu anda menginjakkan kaki di tempat ini rasa lelah anda akan terbayar dengan gemercik air terjun yang mendamaikan hati. Juga pesonanya yang akan memanjakan mata anda. Air terjun ini berada di Ds. Girimulyo, Kec. Jatipurmo.

5.      Air Terjun Banyu Nibo

Si cantik yang tersembunyi di antara Pegunungan Wonogiri-Gunung Kidul. Ya, begitulah julukan yang akrab untuk Air Terjun Banyu Nibo. Air terjun ini terletak di Dusun Ngluwur, Kepuhsari, Manyaran, Wonogiri, Jawa Tengah. Ada empat air terjun yang bisa kita lihat disini. Air Terjun Banyu Niboini tersembunyi dibalik cekungan perbukitan sehingga kita akan berjalan mengitari sawah untuk bisa sampai ke air terjun. Debit air terjun ini sangat deras ketika musim hujan. Sebaliknya, debit air akan kecil bahkan nyaris mengering pada saat musim kemarau. Ada baiknya Anda menggunakan kendaraan bermotor ketika mengunjungi air terjun yang satu ini. Rute yang harus Anda tempuh tidak terlalu sulit ataupun membingungkan. Memasuki dusun Ngluwur, kita bisa menuju lokasi air terjun dengan melewati jalan yang membelah persawahan. Setelah melewati pematang sawah dan sedikit tanjakan, kita akan segera sampai ke lokasi wisata air terjun Wonogiri ini. Air Terjun Banyunibo Wonogiri ini menawarkan sejuta eksotisme pemandangan alam yang luar biasa. Aliran airnya yang deras bak tirai putih yang menjulang anggun diatas permadani hijau rumput-rumput dan semak belukar di sekitarnya. Nyanyian burung pun tak lupa menjadi lagu wajib yang akan menghipnotis Anda begitu sampai di tempat ini.

 

Selamat berlibur ke Wonogiri. Semoga menyenangkan.

Kata Kunci Terkait :

Air Terjun Sanginan Wonogiri Regency Central Java 57695,Obyek Wisata Girimanik Wonogiri Regency Central Java