5 Tempat Wisata Alam Di Jogjakarta Yang Istimewa

by

Saat ini Jogja memiliki perdikat Kota Wisata, tidak heran jika setiap hari Kota Jogja selalu dipadati oleh wisatawan, baik wisatawan lokal ataupun wisatawan asing. Selain dikenal sebagai Kota dengan masyarakat yang ramah, Kota Pendidikan dan lain sebagainya, Jogja memiliki banyak tempat wisata alam yang istimewa dan layak untuk dikunjungi.

Semakin hari Jogja semakin dikenal sebagai Kota Wisata, seiring dengan hal itu, banyak juga tempat wisata baru yang dibuka di Jogja. Ada beberapa tempat wisata alam di Jogja yang istimewa dan sangat sayang untuk dilewatkan. Di bawah ini adalah beberapa di antaranya.

§  Tebing Breksi

Mendengar kata Tebing Breksi mungkin masih cukup asing ditelinga anda, ini merupakan salah satu tempat wisata alam di Jogja yang masih baru. Lokasi dari Tebing Breksi ini tidak jauh dari lokasi Candi Ijo, tepatnya 1 KM sebelum Candi Ijo.  Berada di Dusun Groyokan, Kelurahan Sambirejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta.

Pada awalnya, Tebing Breksihanyalah tebing batu biasa dengan tinggi hampir 20 meter. Namun semakin hari semakin banyak wisatawan yang datang ke Tebing Breksi, hal ini bukan tanpa alasan. Tebing ini terlihat begitu indah dengan warna putih dan menjulang cukup tinggi. Tidak hanya itu saja, keindahan matahari tenggelam dari atas tebing juga tidak kalah indah. Oleh sebab itulah banyak wisatawan yang kemudian tertarik dan mengunjungi tempat wisata ini.

§  Puncak Becici

Puncak Becici juga merupakan salah satu tempat wisata alam di Jogja yang masih baru. Puncak Becici berada di Dusun Gunung Cilik, Desa Gunung Mutuk, Kecamatan Dlingo, Bantul. Pada awalnya, kawasan ini adalah kawasan produktif dari getah pinus. Namun saat ini Puncak Becici dijadikan sebagai objek wisata karena memang panorama alam yang disuguhkan di tempat ini sangat luar biasa. Di kawasan ini banyak pohon pinus yang rimbun, sehingga udaranya sangat sejuk.  Tidak hanya itu saja, Puncak Becici juga menjadi salah satu spot terbaik di Jogja untuk menikmati matahari tenggelam.  Untuk masuk ke kawasan ini, anda tidak akan dikenakan biaya tiket, hanya harus membayar parkir saja, yaitu Rp.  3. 000,- untuk motor dan Rp.  10. 000,- untuk mobil.

§  Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan terletak di Desa Dlingo, Mangunan, Bantul.  Di lokasi wisata ini, anda akan menjumpai rapatnya pepohonan pinus yang berjejer dengan rapi.  Sejak dibuka, lokasi ini tidak pernah sepi pengunjung, bahkan mulai berdatangan wisatawan asing.  Banyak juga yang menjadikan tempat ini sebagai lokasi untuk melakukan pemotretan, seperti Pre Wedding dan lain sebagainya.  Popularitas Hutan Pinus Mangunan semakin baik karena banyak yang mengunggah foto-fotonya di media sosial.  Tidak heran, karena tempat ini merupakan salah satu tempat yang sempurna untuk dijadikan spot fotografi dan sangat layak untuk anda kunjungi untuk merasakan suasana baru Jogja.

§  Blue Lagoon

Tempat wisata alam di Jogja yang istimewa berikutnya adalah Blue Lagoon. Ini adalah sebuah objek wisata yang merupakan tempat pemandian. Lokasinya berada di DalemWidomartini, Ngemplak, Sleman.  Nama Blue Lagoon sendiri dipopulerkan oleh anak-anak muda di Jogja, nama sebenarnya dari tempat ini adalah Pemandian Tirta Budi.  Nama Blue Lagoon diambil karena air yang ada di pemandian ini berwarna biru. Sebenarnya kolam pemandian ini tidak terlalu luas, bahkan bisa dibilang cukup kecil. Namun keunikan dari pemandian ini selalu mendapatkan daya tarik wisatawan.  Untuk anda yang datang ke Jogja dan ingin menikmati tempat wisata alam yang lain di Jogja, datanglah ke Blue Lagoon dan nikmati kesegaran air disana. Waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat ini adalah pada saat musim kemarau, karena airnya lebih jernih dan benar-benar berwarna biru.

§  Goa Jomblang

Goa Jomblang merupakan sebuah goa vertikal dengan hutan purba yang ada di dasarnya.  Letak dari Goa Jomblang ini ada di Jetis, Kecamatan Semani, Wonosari, Gunung Kidul.  Keindahan goa ini semakin luar biasa karena di sepanjang dinding lorong yang hampir 300 meter terdapat ornamen-ornamen alami yang mengagumkan.

Saat anda berada di dasar Goa Jomblang, anda pasti tidak akan berhenti merasa terkagum-kagum, karena terdapat hutan purba yang benar-benar rapat.  Hutan ini terbentuk karena proses geologi, yaitu amblesnya tanah beserta dengan vegetasi yang ada di atasnya.  Untuk bisa menjajal caving di dalam Goa ini, setiap orang harus membayar Rp.  450. 000,- anda bisa menelusuri hutan setidaknya dua orang.  Harga yang harus anda bayar akan terasa murah setelah anda selesai menelusuri Goa ini yang begitu indah dan mengagumkan.  Tentu saja anda akan mendapatkan pengalaman yang luar biasa.

Demikian adalah beberapa tempat wisata alam di Jogja yang istimewa. Beberapa tempat wisata di atas adalah tempat-tempat wisata yang masih belum banyak diketahui, namun sangat luar biasa. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk anda.