5 Obyek Wisata Pulau Kalimantan Yang Masih Sangat Perawan

by

Berbicara mengenai Kalimantan, mungkin banyak diantara anda yang langsung berpikiran bahwa daerah ini identik dengan berbagai macam pepohonan yang besar. Pulau yang juga kaya akan daerah penghasil kelapa sawit ini memang merupakan pulau terluas di Indonesia. Adanya hal tersebut tentu dapat di perkirakan bahwa Kalimantan menyimpan banyak sekali destinasi wisata terutama wisata alamnya.

Tak hanya wisata alamnya saja yang bisa anda jumpai saat berada di daerah ini. Anda juga bisa menikmati keindahan pantai dengan berbagi keeksotisannya kehidupan bawah lautnya yang akan membuat anda berdecak kagum. Penasaran dengan tempat wisata Kalimantan yang siap memanjakan mata anda? Simak ulasannya berikut ini.

Danau Sentarum, Kalimantan Barat
Tempat wisata Kalimantan pertama yang wajib anda kunjungi saat berada di daerah ini yaitu Danau Sentarum. Ya, terdapat keunikan yang bisa anda temukan saat berkunjung ke daerah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Danau Sentarum bukanlah danau yang biasa, karena pada danau ini anda bisa melihat sekumpulan air yang merendam hutan.

Namun jika anda mengunjungi danau tersebut saat musim kemarau, maka anda tidaka akan menemukan danau melainkan hutan yang dengan sedikit air kubangan. Sehingga tempat wisata Kalimantan ini sangat cocok untuk anda yang berjiwa petualang tinggi karena untuk mencapai tersebut anda akan menikmati sensasi menjelajah danau dengan menggunakan perahu motor milik warga.

Tanjung Puting, Kalimantan Tengah
Karena sebagian wilayah Kalimantan yang tersebar merupakan kawasan hutan, tak heran jika anda banyak menjumpai berbagai satwa salah satunya yaitu orang tuan. Karena adanya penebangan hutan, keberlangsungan hidup satwa tersebut terancam punah, namun untungnya terdapat tempat wisata Kalimantan yang berupa kawasan konservasi Taman Nasional Tanjung Puting.

Di kawasan tersebut anda akan menjumpai orang utan yang sedang melakukan aktivitas seperti makan dan bergelantungan. Tak sedikit pula ada beberapa orang utan yang di latih.

Pantai Melawai, Kalimantan Timur
Merupakan pantai yang berada di teluk kecil di sebelah timur kota Balikpapan yang sangat cocok untuk di jadikan tempat melihat sunset terbaik. Spot untuk memandang matahari terbenam memang sangat tepat jika anda menyaksikannya dari Pulau Melawai.

Untuk bisa menjangkau pantai tersebut, anda hanya memerlukan waktu 5 menit dari pusat Kota Balikpapan. Tak hanya menghadirkan pemandangan sunsetnya yang menawan, anda juga akan menjumpai kapal-kapal pengangkut yang berlalu lalang di pelabuhan Semayang. Jika kurang puasa, tempat wisata Kalimantan yang bisa anda sambangi saat berada di Pantai Melawai yaitu Pulau Babi yang bisa anda datangi hanya dengan berjalan kaki.

Pasar Terapung Muara Kuin, Kalimantan Selatan
Mendengar kata pasar mungkin anda berpikiran bahwa tempat tersebut identik dengan keramaian dan kebisingan karena banyaknya orang yang berlalu lalang. Namun, lain hal nya dengan tempat wisata Kalimantan yang satu ini.

Di kawasan Banjarmasin anda akan menemukan pasar yang unik yang dibangun bukan pada bangunan permanen melainkan dibuat di atas jukung atau perahu yang berada di Sungai Kuin. Para penjual dan pembeli di pasar terapung tersebut biasa berinteraksi sampai dengan pukul 9 pagi. Jika anda ingin menikmati serunya pasar Terapung Muara Kuin, anda bisa bangun pagi terlebih dahulu supaya tidak tertinggal.

Bukit Kelam, Kalimantan Barat
Menawarkan tempat wisata Kalimantan dengan pengalaman untuk bertreking menuju puncak Bukit Kelam dengan pemandangan hijau nan mempesona. Jika anda pernah mendengar tempat dengan nama Ayers Rock yang merupakan batuan monolit di Autralia, maka anda dapat menjumpainya pada Bukit Kelam yang berada di Indonesia. Terletak di daerah Sintang, Kalimantan barat ini memiliki ketinggian sekitar 900 meter dengan tingkat kemiringan sebesar 40 derajat. Untuk anda yang menyukai olahraga yang paralayang, maka tempat wisata Kalimantan Bukit Kelam ini sangat tepat di jadikan wisata liburan anda.

Jembatan Tajuk di Bukit Bangkirai
Berkunjung ke Kalimantan kurang lengkap apabila anda belum menyambangi kabupaten Kartanegara. Di tempat ini terdapat 2 kawasan ekowisata yang berupa hutan hujan tropis yang masih terjaga kealamiannya yaitu Bukit Bangkirai. Di tempat wisata Kalimantan ini anda bisa menikmati kicauan burung beserta satwa liar lainnya. Terdapat hal yang menarik, karena terdapat pohon bingkirai yang berusia sekitar 150 tahun sebagai simbol dari kawasan wisata tersebut.

Jika belum cukup puas, anda bisa mencoba meniti jembatan Tajuk untuk menguji keberanian anda. Jembatan yang berupa Canopy Bridge ini berada di ketinggian  yang menghubungkan pohon bingkirai satu dengan pohon bingkirai yang lainnya. Kawasan wisata ini juga di lengkapi dengan cottage, restoran, camping ground dan kolam renang. Tak heran banyak orang yang memanfaatkan hal tersebut untuk acara keluarga bahkan relasi pekerjaan yang cukup banyak di minati.

Itulah beberapa tempat wisata Kalimantan yang bisa anda kunjungi, dengan adanya informasi tersebut semoga bisa memudahkan anda untuk mengeksplore daerah Kalimantan.