5 Obyek Wisata Air Terjun di Sumatera Utara Yang Harus Ada di Daftar Liburan Anda

Panduan AdSense YouTube
Ingin tahu cara mendulang Dollar AdSense YouTube? Cek di PANDUAN ADSENSE YOUTUBE
=================================================

Sumatera Utara menyajikan wisata keindahan alam yang cantik dan eksotis. Salah satunya adalah wisata air terjunnya. Di Sumatera Utara sendiri memiliki banyak wisata air terjun yang wajib untuk Anda kunjungi jika berlibur ke Sumatera Utara. Berikut adalah informasi mengenai obyek wisata air terjun di Sumatera Utara yang bisa menjadi referensi menarik liburan Anda.

Obyek Wisata Air Terjun di Sumatera Utara

1.      Air Terjun Aek Sijornih – Tapanuli Selatan

Air terjun ini terdiri dari dua buah air terjun yang bentuknya kecil. Uniknya air terjun ini tidak berada di tebing-tebing yang tinggi, melainkan berada di tanah yang miring dengan kandungan kapur di dalamnya. Air yang mengalir di air terjun ini melebar ke sisi kanan dan kirinya yang bertingkat-tingkat. Aek Sijornih ini berarti air yang jernih nama ini berasal dari air terjun yang selalu jernih dalam musim apapun baik musim panas maupun musim hijau. Aliran yang berada di sebelah kanan yaitu aliran yang deras dimanfaatkan untuk membuat kolam buatan untuk pemandian, sedangkan yang sebelah kiri dibiarkan mengalir dalam bentuk parit kecil. Kolam buatan tersebut terbagi menjadi dua yang pertama memiliki kedalaman mencapai setengah meter yang digunakan untuk pemandian anak-anak dan yang kedua kedalamannya mencapai satu meter untuk pemandian orang dewasa.

Sumber air terjun di Sumatera Utara ini berasal dari mata air perbukitan yang mengelilingi Kecamatan Batang, Kecamatan Angkola, dan Kecamatan Sayur Matinggi. Menariknya sumber mata air dengan kandungan kapur ini tidak akan keruh mesti di musim hujan dan di musim kemarau jumlah airnya semakin banyak.Untuk menuju ke sini Anda bisa menggunakan kendaraan umum, seperti angkot, mini bus, becak motor dan lain-lain. Dari Kota Padang Sidempuan Anda memerlukan waktu sekitar satu jam untuk sampai di tempat ini.

Di tempat ini sudah dilengkapi berbagai fasilitas, seperti Toilet, Musholla, Kamar Ganti, dan beberapa gubuk sebagai tempat istirahat para pengunjung. Di bagian bawah gubuk terdapat kolam-kolam kecil yang sengaja di beri ikan. Anda juga bisa memesan ikan goreng dan juga jajanan yang tersedia di tempat wisata ini. Di air terjun ini juga tersedia jembatan kayu yang memiliki lintasan setengah meter dan dapat mengantarkan Anda ke sebuah pelataran luas yang dilindungi oleh puluhan pohon kelapa.

2.      Air Terjun Batu Lobang – Tapanuli Tengah

Wisata air terjun ini berada di kawasan terowongan Batu Lobang serta terdiri dari tiga air terjun yang alirannya langsung menuju Kota Sibolga. Air terjun di Sumatera Utara terletak di Desa Simaninggir, Sitahuis, Tapanuli Tengah. Jarak dari wisata ini sekitar 7 km dari Kota Sibolga dan memakan waktu hingga 20 menit untuk sampai di lokasi ini, pasalnya Anda harus melewati jalanan yang menanjak serta berliku di sisi lereng Bukit Barisan. Untuk menuju Air Terjun Batu Lobang ini Anda harus mengendarai kendaraan dengan ekstra berhati-hati karena di sisi kiri Anda ada jurang yang cukup curam dan di sisi kanan Anda terdapat pegunungan yang tinggi menjulang.

3.      Air Terjun Bukit Lawang – Langkat

Air terjun di Sumatera Utara ini berada di kawasan objek wisata Bukit Lawang yang merupakan Taman Nasional Gunung Leuseur. Di tempat ini juga akan ditemukan pusat rehabilitasi Orang Utan yang menjadi program kerja dari sebuah badan dunia yang bernama World Wide Life Fund (WWF). Di tempat ini Anda dapat menyaksikan secara lebih dekat bagaimana para petugas memberikan perhatiannya kepada Orang Utan yang selama ini tidak mengenal kehidupan di alam terbuka sebagai habitat aslinya. Letak dari air terjun ini berada di Desa Bukit Lawang, Bahorok, Langkat. Fasilitas dari tempat wisata ini cukup komplit, yaitu terdapat restoran, cottage (pondok wisata), money changer, kios telepon umum, camping ground, dan juga gerai souvenir. Anda dapat menikmati fasilitas tersebut dengan puas yang terpenting adalah tidak meninggalkan samph di tempat wisata ini.

4.      Air Terjun Belingking – Karo

Air terjun ini berada di Desa Mbyridi, Kutabuluh, Karo. Untuk dapat sampai di tempat ini Anda bisa menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua. Jaraknya kira-kira 45 km jika ditempuh dari Kota Brastagi. Air terjun ini memiliki keunikan tersendiri yaitu air jatuh secara bertingkat yang terdiri dari tiga tingkatan dengan ketinggian total mencapai 100 meter dan lokasinya terletak di dekat pemukiman penduduk.

5.      Air terjun Hatonduan – Simalungun

Berlokasi di Dusun Buntu Raya, Tonduhan, Hatonduhan, Simalungan. Untuk menuju ke sini Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Sebagian jalnnya sudah beraspal namun sebagi lagi belum diaspal. Air terjun ini berada di areal perkebunan kelapa sawit dan dialiri oleh Sungai Bahapasu.

Demikianlah informasi mengenai lima air terjun di Sumatera Utara yang menjadi destinasi wisata menarik jika Anda berkunjung ke Kota Sumatera Utara. Semoga liburan Anda menyenangkan.

5 Obyek Wisata Air Terjun di Sumatera Utara Yang Harus Ada di Daftar Liburan Anda was last modified: August 9th, 2017 by Mas TohaS
Advertisement

Gallery of 5 Obyek Wisata Air Terjun di Sumatera Utara Yang Harus Ada di Daftar Liburan Anda

Obyek Wisata Air Terjun di Sumatera Utara