3 Wisata Air Terjun Ternama di Senaru Pulau Lombok Yang Menarik

by

Desa Senaru merupakan desa yang berada di Kecamatan Bayan, Lombok Utara. Desa ini menyuguhkan pemandangan yang begitu indah serta menyajikan tiga wisata air terjun cantik, ciamik bukan? Wisata air terjun yang ada di Desa Senaru ini sangat memukau para wisatawan yang datang berkunjung. Meskipun belum setenar tempat wisata terkenal di Lombok seperti Pantai Senggigi dan Bangko-bangko, namun keeksotisannya tidak bisa ditawar lagi. Ketiga air terjun ini letaknya terpisah satu sama lainnya. Anda penasaran? Simak informasi mengenai air terjun di Senaru berikut ini.

1.      Air Terjun Sendang Gile

Diantara ketiga air terjun di Senaru, Sendang Gile adalah air terjun yang paling terkenal. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 31 meter. Menariknya air terjun ini terdiri dari 2 tingkatan, tingkatan yang pertama berasal dari tebing yang airnya langsung jatuh ke kolam di bawahnya sedangkan tingkatan yang kedua berasal dari air kolam yang meluncur ke bawah. Kolam ini masih tergolong datar jadi aman untuk bermain-main air ataupun berenang-renang. Wisata air terjun ini masih dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani.

Konon nama Sendang Gile berasal dari nama Singa gila yang sangat meresahkan warga setempat. Suatu hari penduduk sedang mencari Singa gila yang sudah memporak-porandakan kampong mereka. Singa tersebut lari ke hutan dan secara tidak sengaja warga menemukan air terjun ini lalu diberi nama Air Terjun Sendang Gile. Menurut mitos yang beredar jika Anda mandi atau membasuh muka di air terjun ini maka Anda akan satu tahun lebih muda dari umur Anda. Apakah Anda percaya? Silahkan buktikan sendiri dengan mengunjungi wisata ini.

Untuk dapat sampai di tempat ini terdapat 2 jalur yang bisa Anda pilih. Jalur pertama yaitu jalur pusuk, Anda akan melewati arealpersawahan dan pegunungan. Jalur ini lebih cepat jika lewat Kota Mataram dan Anda akan bertemu dengan monyet yang berkeliaran saat menaiki puncak bukit. Jalur kedua merupakan jalur yang paling terkenal yaitu melewati Pantai Sengigi. Melalui jalur ini Anda akan disuguhkan pemandangan Pantai Kerandangan, Pantai Ratu Bolong, dan Pantai Maliambu dan juga Anda akan disuguhkan pemandangan dari Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno. Sungguh mata Anda akan sangat dimanjakan dengan pemandangan alam yang indah tersebut.

Sesampainya di pintu gerbang Anda harus menuruni anak tangga yang jumlahnya 300 lebih, Anda harus berhati-hati karena anak tangganya cukup terjal. Setelah cukup lelah dalam perjalanan Anda akan disuguhkan pemandangan air terjun dan bisa berenang-renang di sana. Dengan adanya kabut di air terjun ini sangat memungkinkan bagi Anda untuk melihat pelangi di atas air terjunnya, sungguh pemandangan langka yang sangat memanjakan mata.

 

2.      Air Terjun Tiu Kelep

Air terjun ini memiliki ketinggian mencapai 42 meter. Wisata ini berada di tengah-tengah antara Air Terjun Sendang Gile dan Air Terjun Batara Lejang. Di sini juga terdapat mitos yang serupa dengan Air Terjun Sendang Gile yang konon katanya kalau membasuh muka atau mandi di air terjun ini akan awet muda. Meskipun ini hanya mitos namun para wisatawan banyak yang sudah mencobanya.

Untuk menuju ke tempat ini Anda memerlukan perjuangan ekstra karena harus melewati jalan yang berlumut dan Anda harus melewati areal hutan yang cukup lebat. Namun perjalanan Anda tidak memerlukan waktu yang cukup lama hanya 15 sampai 20 menit saja. Perjuangan Anda ini akan terbayar dengan sambutan yang begitu indah yaitu dengan hadirnya pelangi yang menghiasi air terjun di Senaru ini. Ya, dengan banyaknya embun yang beterbangan sangat memungkinkan terjadinya pelangi saat cuacanya sedang cerah. Bagi Anda yang suka berfoto-foto ini merupakan momen langka yang wajib Anda tunggu dan abadikan.

 

3.      Air Terjun Batara Lejang

Di antara ketiga air terjun tersebut, Batara Lejang merupakan air terjun yang jarang untuk dikunjungi, padahal pesona alamnya tidak kalah menarik. Air terjun ini memiliki debit air yang lebih besar dan ukurannya yang lebih lebar. Sumber airnya berasal dari saluran pertama Segara Anakan yang berada di puncak Gunung Rinjani. Keunikan yang ditawarkan oleh air terjun diSenaru ini Anda bisa merasakan sensasi pemandian air hangat yang letaknya berada di sekitar air terjun ini. Jadi Anda bebas untuk merasakan mandi dengan air dingin dan mandi dengan air hangat.

Sebaiknya Anda jangan terlalu dekat dengan sumber air panas karena akan membuat kulit Anda melepuh. Untuk dapat sampai ke tempat ini Anda harus melewati jalur pendakian Gunung Rinjani. Ini memerlukan waktu sekitar 30 menit untuk sampai di pintu rimba. Dari pintu ini Anda tinggal berjalan sebentar melewati jalan setapak. Disarankan untuk membawa tour guide atau teman yang sudah pernah datang ke sini agar Anda tidak tersesat.

Itulah tiga air terjun di Senaru yang dapat menjadi referensi liburan Anda. Apakah Anda tertarik untuk mengunjunginya? Silahkan berlibur ke Pulau Lombok.