3 Wisata Air Terjun Di Bali Yang Tiada Duanya

by

Bali memang menyimpan berjuta tempat wisata menarik yang sayang kalau dilewatkan. Setiap harinya banyak sekali wisatawan asing yang berkunjung disana. Bahkan ada yang sampai berbulan-bulan tinggal di sana. Mereka seakan-akan terpesona dan jatuh cinta terhadap kota wisata tersebut. Bali memang terkenal dengan pantainya yang eksotis, namun siapa sangka kalau kota ini menyimpan keindahan air terjunnya yang begitu mempesona. Tertarik mengunjunginya? Inilah informasi wisata air terjun di Bali yang patut untuk Anda simak.

1.      Air Terjun Sikumpul

Untuk menuju ke air terjun ini Anda memerlukan usaha yang ekstra karena jalannya agak sulit. Anda harus melewati tangga yang licin dan juga menyeberangi sungai untuk melihat air terjun ini dari dekat.Letak dari air terjun ini memang tersembunyi dan belum banyak wisatawan yang mengetahuinya, sehingga kealamiannya masih terjaga. Untuk dapat sampai di lokasi Anda harus menyusuri jalan, menuruni ratusan anak tangga, dan juga menyeberangi sungai. Perjalanan yang cukup melelahkan tadi akan mengantarkan Anda menuju bale bengong, dari sini Anda dapat menyaksikan pemandangan Air Terjun Sikumpuldari kejauhan. Uniknya, wisata air terjun di Bali ini terdiri dari 7 air terjun yang letaknya tersebar di wilayah Desa Sikumpul, namun yang bisa Anda datangi lebih dekat hanya 2 air terjun saja. Tujuh air terjun tersebut terletak di tebing-tebing yang tinggi serta dikelilingi pepohonan hijau. Sungguh sangat menentramkan jiwa. Tidak salah jika air terjun ini digadang-gadang menjadi air terjun terindah di Bali.

Dua air terjun tersebut juga memiliki daya tarik tersendiri, dimana keduanya memiliki sumber mata air yang berbeda, padahal letaknya berdampingan. Inilah keunikan dari air terjun ini yang satunya berasal dari sumber mata air yang satunya lagi dari air sungai. Perjuangan Anda untuk menuju Air Terjun Sikumpulini tentu tidak akan sia-sia jika disuguhkan dengan pemandangan yang eksotis dari air terjunnya. Bagaimana Anda tertarik? Ayo segera kunjungi dan ajak serta keluarga dan teman-teman Anda.

 

2.      Air Terjun Kembar Gitgit

Letaknya yang strategis yaitu terletak di pinggir jalan raya yang menghubungkan Denpasar-Bedugul-Singaraja membuat air terjun ini sangat terkenal hingga ke manca negara. Ya, akses menuju air terjun ini tidaklah sulit karena berada di pinggir jalan. Air terjun ini berada di Desa Gitgit, Sukasada, Buleleng atau sekitar 16 km dari wisata Bedugul. Jika biasanya air terjun berada di hutan dan juga tebing-tebing yang curam, lain halnya dengan air terjun ini yang berada diantara perkampungan penduduk dan juga kebun cengkih. Unik bukan? Untuk dapat sampai ke lokasi Anda harus membayar tiket sebesar Rp 3.000 saja lalu Anda cukup berjalan kaki menaiki dan menuruni anak tangga. Anda tidak perlu khawatir karena akses jalannya sudah terawat dengan  baik.

Wisata air terjun di Bali ini memiliki 2 air terjun, makanya dinamakan Air Terjun Kembar Sigitgit. Keduanya memiliki ketinggian yang tidak terlalu tinggi namun arusnya cukup deras. Di bawah air terjun terdapat kolam kecil yang bisa Anda gunakan untuk mandi-mandi ataupun merasakan derasnya air terjun dari bawah. Letaknya yang tersembunyi di antara tebing-tebing sempit ditambah dengan suasana yang adem menjadikan tempat in semakin asri.

 

3.      Air Terjun Aling-Aling

Letak dari air terjun ini sangat dekat dengan Singaraja, Buleleng.Jaraknya sekitar 11 km. untuk dapat sampai di lokasi Anda harus melewati areal persawahan dan menaiki serta menuruni sejumlah anak tangga yang panjangnya sekitar 400 m. Di tengah-tengah perjalanan Anda akan disuguhkan dua buah air terjun kecil yang bisa memanjakan mata Anda, tak heran banyak yang memutuskan untuk beristirahat sejenak sambil menikmati keindahan air terjun tersebut. Memang untuk mendapatkan sesuatu yang indah memerlukan perjuangan yang ekstra, setelah Anda menemui air terjun kecil tersebut, perjalanan Anda akan dilanjutkan dengan menuruni ratusan anak tangga hingga sampai di pinggir sungai  lalu Anda harus menaiki anak tangga untuk sampai di depan air terjun ini. Sampailah Anda di air terjun cantik ini, dengan melihatnya saja Anda langsung terpesona dan jatuh cinta.

Uniknya air terjun ini mengucur dari tebing tinggi menjadi dua belahan yang memiliki debit air yang berbeda-beda. Air terjun yang di sebelah kanan memiliki debit air yang lebih deras dari sebelah kiri. Wisata air terjun di Bali ini menawarkan keindahan yang tiada duanya, air terjun jatuh dari tebing yang curam dan dikelilingi pepohonan hijau yang begitu menyejukkan mata. Di bawah air terjun juga terdapat kolam cukup dalam yang bisa Anda gunakan untuk mandi-mandi atau sekedar bermain air. Namun Anda perlu berhati-hati karena batu-batunya agak licin dan airnya cukup deras.

Itulah tiga wisata air terjun di Bali yang wajib untuk Anda kunjungi. Suasana air terjun yang tenang ditambah dengan gemericik air akan menjadikan liburan Anda terasa istimewa.