2 Obyek Wisata Air Terjun di Magetan (Yang Ke-2 Bikin Awet Muda)

by

Mendengar kata “Magetan” mungkin masih asing di telinga Anda. ya memang kota ini belum terlalu terkenal. Namun wisata alamnya sungguh sangat mengagumkan, apalagi wisata air terjunnya. Magetan merupakan kota asri yang berada di Provinsi Jawa Timur. Meskipun kota ini sepi namun keasriannya masih terjaga. Pemandangan alam yang hijau disertai dengan hawa sejuk akan menjadikan Anda betah berlama-lama di kota ini. Apalagi jika Anda mencari tempat liburan yang jauh dari keramaian, tempat ini sangat cocok bagi Anda. Dari banyak destinasi menarik yang bisa Anda kunjungi di tempat ini, terdapat wisata air terjun yang sayang sekali kalau Anda lewatkan. Penasaran? Ini dia informasi mengenai air terjun di Magetan yang sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Obyek Wisata Air Terjun di Magetan

1.      Berkunjung ke Magetan? Air Terjun Waton Jamas Tuo ini Jangan sampai Anda lewatkan

Air terjun ini terdiri dari tiga rangkaian yang berada di dalam satu aliran sungai. Ketiga air terjun tersebut dinamakan Air Terjun Pundak Kiwo, Air Terjun Jarakan, dan Air Terjun Watu Ondo.

Air Terjun Pundak Kiwo terletak di bagian yang paling atas dari rangkaian 3 air terjun dan merupakan air terjun yang memiliki ketinggian paling tinggi yaitu 45 meter. Air terjun ini memiliki jarak sekitar 30 menit dari Air Terjun Tarakan. Jika dilihat dari dari bawah, posisi air terjun ini berada di sebelah kiri lereng gunung, sehingga dinamakan Pundak Kiwo.

Air Terjun Jarakan terletak sekitar 80 meter di atas Air Terjun Watu Ondo yang memiliki ketinggian 35 meter. Di air terjun di Magetan ini terdapat sebuah sendang yang bisa digunakan untuk sekedar cuci muka atau mandi.

Air Terjun Watu Ondo merupakan air terjun yang berada di posisi paling bawah dari kedua air terjun di atas. Air terjun ini memiliki ketinggian 20 meter yang melewati sederatan batu yang tertata rapi seperti undak-undakan, sehingga dinamakan Watu Ondo.

 

2.      Ingin awet muda? Air Terjun Tirtosari adalah solusinya

Jika Anda ingin awet muda tidak ada salahnya mencoba ritual di wisata air terjun ini. Menurut mitos yang beredar di penduduk setempat jika Anda membasuh muka dengan air yang berada di air terjun ini maka Anda akan awet muda dan terlihat cantik maupun tampan. Tentu Anda tidak menolak dong ingin terlihat cantik dan awet muda, makanya segera kunjungi wisata ini dan jangan lupa ajak teman beserta keluarga.

Air Terjun Tirtosari terletak di Desa Ngancar, Plaosan, Magetan, Jawa Timur yang memiliki ketinggian 50 meter dan berada di ketinggian 120 di atas permukaan laut. Lokasi air terjun ini dekat dengan Telaga Sarangan jaraknya kira-kira mencapai 2,5 km. Untuk menuju  air terjun ini Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat. Anda juga dapat menyewa ojek untuk dapat sampai di tempat ini, namun hanya bisa menempuh jarak 1,5 km saja, selebihnya Anda harus berjalan kaki sejauh 1 km dari loket menuju lokasi air terjun.

Anda harus menyusuri jalan setapak yang kondisinya licin dan cukup curam, meskipun akses menuju air terjunnya kondisinya sudah baik, namun Anda perlu berhati-hati dan tetap waspada. Membutuhkan perjuangan yang ekstra untuk sampai ke tempat yang indah ini.

Sebelum Anda sampai di air terjun di Magetan, Anda harus menuju ke Telaga Sarangan terlebih dahulu di sana ada pemandu wisata yang siap mengantarkan Anda tanpa perlu khawatir tersesat. Ada beberapa jalur yang bisa And lewati untuk sampai di air terjun ini. Jika Anda lewat Surabaya maka rute yang ditempuh yaitu Surabaya – Mojokerto – Ngawi/Madiun – Magetan – Telaga Sarangan. Jika Anda lewat Ponorogo jalur yang bisa Anda lewati ada dua jalur yang pertama melalui Ngawi – Magetan – Telaga Sarangan dan jalur yang kedua Anda bisa melalui Madiun – Magetan – Telaga Sarangan. Untuk Anda yang lewat Jawa Tengah juga terdapat dua jalur yang bisa Anda lewati, yang pertama melalui Maospati – Magetan – Telaga Sarangan, yang kedua Anda bisa melalui Karanganyar – Solo – Cemoro Sewu – Gunung Lawu – Telaga Sarangan. Untuk anda tidak perlu risau karena jalan yang Anda lewati kondisinya sudah baik dan terawat.

Untuk memasuki air terjun di Magetan ini Anda hanya perlu membayar sekitar Rp 7.000 saja, Murah bukan? Dengan harga tersebut Anda juga bisa menyertakan pemandu jika menginginkan.

Selama berjalan kaki menuju air terjun ini Anda akan disuguhkan pemandangan yang begitu indah disertai dengan kesejukan udaranya, ini akan merilekskan pikiran Anda setelah disibukkan dengan pekerjaan Anda. Setelah sampai di lokasi rasa capek dan penat Anda akan segera terbayar dengan keindahan air terjunnya. Air terjun yang tinggi dan berundak-undak yang begitu mempesona akan membuat Anda langsung jatuh cinta.

Demikianlah informasi tentang air terjun di Magetan yang disajikan special untuk Anda. selamat menikmati sejuknya air terjun di Kota Magetan.