10 Air Terjun Terindah di Dunia Ini Bikin Kamu Terpesona

by

Jika Anda mempunyai banyak uang untuk berlibur, jangan lupa untuk menyaksikan wisata air terjun yang keindahannya sudah terkenal di seluruh dunia. Ya wisata air terjun ini akan membuat Anda terkagum-kagum melihatnya. Tak jarang jika banyak orang yang rela jauh-jauh dan merogoh kocek sampai jutaan rupiah untuk dapat mengunjungi wisata air terjun ini. Bahkan banyak yang sudah mendatangi tempat ini sampai berkali-kali karena begitu terpesonanya dengan air terjun dan juga keindahan alam yang ditawarkannya. Anda penasaran? Ini dia informasi mengenai sepuluh air terjun terindah di dunia yang wajib Anda kunjungi jika mempunyai uang yang lebih.
Air Terjun Terindah di Dunia

1.      Air Terjun Gullfoss di Islandia

Gullfoss merupakan air terjun bertingkat yang mempunyai ketinggian total mencapai 105 kaki/32 meter. Air terjun ini berasal dari sungai Hvita yang terlihat celah tersembunyi jika dipandang dari jarak dekat, sehingga air terjun ini seolah-olah mengalirkan air yang masuk ke dalamperut  bumi. Jumlah rata-rata air yang mengalir dan jatuh ke bawah di musim panas mencapai 140 m3 per detiknya dan di musim dingin mencapai 80 m3 per detik.

2.      Air Terjun Plitvice di Kroasia

Air terjun bertingkat ini terletak di kawasan danau dan merupakan Taman Nasional Plitvice Lake di Kroasia. Plitvice Lake National park ini dinyatakan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1979. Air terjun ini terlihat sangat indah apalagi jika ditambah dengan pemandangan alam di sekitarnya. Tercatat bahwa lebih dari 1,2 juta orang mengunjunginya setiap tahun, angka yang fantastis bukan?

3.      Air Terjun Kaieteur Falls di Guyana

Air terjun terindah di dunia ini memiliki volume air yang tinggi. Air terjun ini terletak Guyana Kaieteur yang merupakan bagian dari Taman Nasional Guyana. Ketinggian dari air terjun ini mencapai 741 kaki atau 226 meter dan merupakan air terjun dengan curah terbesar di dunia. Ketinggian dari air terjun ini mencapai 5 kali lebih tinggi dari Air Terjun Niagara dan dua kali lebih tinggi dibandingkan dengan Air Terjun Victoria. Menurut bahasa Amerindian, Kaieteur ini memiliki arti ‘orang tua jatuh’. Dikisahkan bahwa dulu ada seorang yang sudah tua terjatuh dari dari perahu karena di dorong oleh kerabatnya, sehingga orang tersebut jatuh dari atas.

4.      Air Terjun Iguazu Argentina – Brazil

Air terjun ini merupakan situs warisan dunia yang telah ditetapkan oleh UNESCO pada tahun 1984. Letak dari air terjun terindah di dunia ini berada di perbatasan antara Argentina dan Brazil tepatnya di sebelah selatan Brazil dan Provinsi Misiones Argentina. Air terjun ini sering disebut-sebut sebagai air terjun paling spektakuler di dunia.

5.      Air Terjun Victoria Zambia – Zimbabwe

Air terjun ini di gadang-gadang sebagai air terjun yang paling terkenal di dunia, letaknya berbatasan langsung dengan Zambia dan juga Zimbabwe. Air terjun ini bersumber dari Sungai Zambezi dan telah ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO sejak tahun 1989.

6.      Air Terjun Angel Venezuela

Selain di sebut sebagai air terjun terindah di dunia, Angel Fall juga disebut sebagai air terjun tertinggi di dunia yang memiliki ketinggian 3212 kaki atau 979 meter dan air yang terjun dengan total ketinggian mencapai 2648 kaki atau 804 meter. Nama dari Air Terjun Angel ini diambil dari Jimmy Angel yaitu seorang penerbang yang berhasil terbang di atas gunung pada tahun 1933. Air terjun ini juga dikenal sebagai Kerepakupai Vena yang dalam bahasa Pemon berarti ‘air terjun tempat terdalam’. Air Terjun Angel ini ditetapkan menjadi Situs Warisan Dunia sejak tahun 1994 dan merupakan bagian dari Taman Nasional Canaima di Venezuela.

7.      Air Terjun Niagara USA – Canada

Air Terjun Niagara ini terletak di perbatasan antara Amerika Serikat dan Kanada, yang sekaligus sebagai pemisah Kota New York dari Provinsi Ontario. Air terjun terindah di dunia ini terdiri dari tiga air terjun yang berbeda-beda yaitu Bridal Veil Falls, American Falls, dan Horseshoe. Menariknya 6 juta kaki kubik air mengalir setiap menitnya.

8.      Air Terjun Yosemite USA

Air terjun ini merupakan tertinggi di Amerika Utara dan tertinggi ke lima di dunia dengan ketinggian total mencapai 2425 kaki. Air terjun ini sebagian besar berasal dari lelehan salju.

9.      Air Terjun Vinnufossen Nowgeria

Air terjun ini merupakan air terjun tertinggi di Eropa dan tertinggi ke-enam di dunia. Air terjun ini merupakan bagian dari sungai Vinuu.

10.  Air Terjun OuzoudMaroko

Letaknya di dekat Desa Grand Atlas Tanaghmeilt, Provinsi Azilal dan berjarak 150 km dari pusat kota Marrakech, Maroko. Jika beruntung Anda akan melihat pelangi di air terjun ini. Cantik bukan?

Itulah informasi mengenai sepuluh air terjun terindah di dunia yang berhasil terangkumkan untuk Anda. Anda dijamin tidak akan kecewa mengunjungi ke-sepuluh air terjun tersebut.