Rumput Fatimah bagi Ibu Yang Akan Melahirkan, Amankah?

by

Kebiasaan masyarakat di desa saya, untuk memudahkan proses kelahiran si jabang bayi digunakan apa yang disebut sebagai rumput fatimah (umumnya disebut rumput patimah). Di rumah saya sendiri juga ada tersimpan rumput yang dalam bahasa kerennya disebut Labisa pumila itu. Rumput Fatimah ini laris manis dipinjam tetangga kiri kanan yang mempunya anggota keluarga akan melahirkan.  Dengan harapan, persalinan berjalan lancar dan tidak menemui kendala apa-apa. Sejauh ini mereka menggunakan rumput yang berasal dari Timur Tengah ini hanya modal kepercayaan saja. Tanpa mengerti apa kandungan rumput ajaib ini sehingga dipercaya bisa memudahkan proses persalinan.rumput fatimah

Rumput Fatimah yang dalam bahasa Arab diistilahkan sebagai Kaf Mariyam, yang berarti tapak tangan Maryam ini digunakan dengan cara direndam dalam air. Kemudian air rendaman tersebut diminumkan kepada ibu yang akan melahirkan. Sedangkan rumputnya kembali disimpan. Dengan demikian, rumput bisa dipakai lagi untuk waktu mendatang selama masih utuh.

Namun, apa sebenarnya bekerja kandungan rumput Fatimah sehingga bisa membantu melancarkan proses persalinan? Jika hal ini kita tanyakan kepada masyarakat di desa saya tentu mereka menjawabnya sebagai keistimewaan dan berkah dari rumput fatimah. Sejauh ini belum ada efek samping yang ditimbulkan oleh Rumput Fatimah. Sehigga mereka merasa nyaman dan aman-aman saja memanfaatkan air rendaman tanaman ini.

Di barat, rumput Fatimah disebut Mawar Jericho. Rumput ini memiliki efek uterotonik, yaitu pemicu kontraksi pada rahim. Kontraksi rahim yang ditimbulkannya bisa menyebabkan persalinan.

Lantas, seberapa besar peran rumput fatimah membantu proses persalinan dan berapa ideal takaran pemakaiannya? Inilah yang tidak mampu dijawab oleh masyarakat desa saya. Takaran dosis penggunaannya tidak dapat dipastikan, dengan demikian batas aman pun sulit ditetapkan.

Apakah aman menggunakan rumput fatimah?

Bila suatu zat bisa menimbulkan kontraksi, maka dalam kadar rendah bisa memperlancar persalinan. Namun pada kadar yang tinggi ada bahaya yang mengintai, yaitu dapat menimbulkan kontraksi yang berlebihan atau over (istilah medisnya: hiperstimulasi). Kondisi inilah yang sangat berbahaya karena bisa menyebabkan janin tidak sanggup hingga bisa meninggal, atau bahkan rahim yang tidak sanggup hingga bisa robek dan mengakibatkan meninggalnya ibu dan janin.

Demikian sedikit artikel tentang Rumput Fatimah bagi Ibu Yang Akan Melahirkan. Semoga bermanfaat…