Tips Mencegah Rambut Rontok

by

Anda perlu untuk mencegah rambut rontok sebelum rambut mulai menipis – dan jawabannya terletak pada perawatan rambut yang baik dan benar.

Tips Mencegah Rambut Rontok – Perawatan Rambut

Kebanyakan orang berpikir dan baru bertindak mencegah rambut rontok hanya setelah mereka telah kehilangan banyak rambut. Tapi jika Anda memulainya sedari awal (seperti ketika Anda masih memiliki rambut subur di kepala) maka perawatan rambut untuk hari-hari berikutnya jauh lebih mudah baik financial maupun emosional. Lagi pula kita sudah hapal dengan rumus ‘mencegah lebih baik dari mengobati’. Jadi di sini adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah rambut rontok:

1. Ikuti gaya hidup sehat,
2. Rawatlah rambut Anda dengan cara terbaik,
3. Menghindari hal-hal yang buruk untuk rambut Anda

1. Tips Mencegah Rambut Rontok dengan Penerapan Gaya Hidup Sehat

Mencegah Rambut Rontok
Mencegah rambut rontok lebih baik dari mengobati

Rambut, seperti halnya kulit dan kuku, sering merupakan barometer kesehatan secara umum. Jika Anda sehat, rambut Anda akan mungkin terlihat baik. Dan jika rambut Anda awut-awutan dan mengalami kerontokan di sana-sini, itu bisa menjadi tanda kemungkinan ada masalah kesehatan pada diri anda.

Jadi semua yang Anda lakukan untuk memperoleh kesehatan dan kebugaran yang baik juga berlaku untuk rambut: makan buah-buahan dan sayuran (Vitamin B, zat besi, kalsium terutama makanan yang telah direkomendasikan untuk tujuan kesehatan rambut); selalu mengkonsumsi makanan kaya protein (rambut dibuat dari protein), dan minum air yang memadai.

2. Tips Mencegah Rambut Rontok dengan Merawat dan Mengurus rambut Anda Secara Benar

Rambut yang kotor lebih terbuka kemungkinannya untuk terinfeksi dan lebih mungkin untuk mengalami kerontokan – Jadi jagalah rambut Anda agar tetap bersih. Membeli shampoo berkualitas dan produk perawatan rambut (dalam jangka panjang biaya untuk ini lebih murah daripada biaya yang harus dikeluarkan untuk mengobati rambut yang sudah setengah hilang nantinya). Ketika Anda keramas, berkonsentrasilah pada akar rambut dan kulit kepala. Ketika menerapkan kondisioner atau lotion untuk rambut, lebih baik untuk dikonsentrasikan pada pemeliharaan ujung rambut Anda (yang cenderung kering lebih cepat dan lebih rentan terhadap kerusakan yang berasal dari debu, udara kotor, dll.).

Pemangkasan rambut yang dilakukan secara teratur juga akan membantu rambut Anda tampil lebih sehat dan berseri – Jadikan: “Rambutmu mahkotamu!”

3. Tips Mencegah Rambut Rontok dengan Menghindari hal-hal yang buruk untuk rambut Anda

Ini cukup jelas dan sepertinya tidak perlu penjelasan ulang. Hanya saja, yang perlu disadari adalah kecenderungan menguncir, itu baik-baik saja selama tidak terlalu kencang, karena bisa merusak dan menghambat pertumbuhan rambut. Dan, juga kebiasaan menarik rambut mungkin hal itu tidak perlu dilakukan karena lebih banyak ruginya daripada manfaatnya.

Untuk point ke-3 ini, idenya adalah untuk bersikap lembut pada rambut Anda. Dan menghindari apa-apa yang mungkin membahayakan rambut Anda dengan cara apapun.

Demikian 3 tips pokok mencegah dan menghindarkan rambut dari kerontokan. Untuk perawatan, ada artikel lain yang barangkali berguna yakni Perawatan Rambut Rontok pada Pria.