Rambut Rontok Karena Terapi Hormon Endrolin?

by

Tanya: Rambut saya rontok cukup banyak, padahal dulu tidak pernah.Dua bulan lalu, saya terapi hormon (Endrolin selama tiga bulan). Mungkinkah terapi hormon menyebabkan kerontokan pada rambut saya? Selama ini, saya juga senang menggunakan produk pelurus rambut. Bagaimana cara mengatasi rambut rontok seperti yang saya alami? (Tia, Jakarta)

Jawab: Dear Tia, Endrolin adalah jenis obat GnRH, yang merupakan pengobatan yang sangat baik. Selama masa pengobatan terjadi perubahan hormonal, seperti gejala tidak haid dan mual yang bervariasi pada setiap individu. Pada Anda, gejala kulit kering dan rambut rontok (gejala seperti menopause) justru terjadi setelah terapi dihentikan. Tidak usah khawatir, karena umumnya perlahan-lahan akan berkurang.

mencegah rambut rontokUntuk memperbaikinya, jaga kelembaban kulit dan rambut. Hindari mandi menggunakan air terlalu panas, gunakan sabun yang mengandung pelembab, shampoo yang mild dan conditioner. Segera setelah mandi gunakan body lotion atau krim, serta hair tonic (minoxidil misalnya). Perbaiki asupan gizi dan tambahkan vitamin C dan E oral dan topical untuk kulit dan rambut.

Selain ‘menyalahkan’ terapi hormon, cari juga faktor penyebab lain. Hindari memperparah keadaan dengan melakukan blow, cat, atau pelurus rambut. Pelurus rambut berpotensi membuat rambut patah (bukan rontok). Bila dalam kurun waktu 2-3 minggu keluhan tidak berkurang, hubungi dokter kulit.

Kata Kunci Terkait :

endrolin adalah,endrolin,manfaat endrolin,terapi endrolin,injeksi endrolin