Tips Mengkondisikan Udara Dalam Ruang Sejuk dan Nyaman

by

Tips Mengkondisikan Udara Dalam Ruang Sejuk dan Nyaman. Syarat utama rumah idaman bagi semua orang adalah rumah yang sejuk, sehat dan nyaman. Kualitas udara yang baik membuat kesehatan kita terjaga dengan baik. Rasa sejuk dan nyaman tercipta dengan memperhatikan sirkulasi dalam rumah. Kita bisa menghadirkan sirkulasi udara alami pada rumah melalui desain bangunan, namun jika tidak memungkinkan, sistem sirkulasi mekanislah solusinya.

Berikut adalah 7 Tips Mengkondisikan Udara Dalam Ruang Sejuk dan Nyaman:

  • Perhatikan desain bangunan Anda, apakah memungkinkan terjadinya sirkulasi udara yang baik. Setidaknya, terdapat jendela dan bovenlicht sebagai jalan keluar dan masuknya udara, sehingga memungkinkan terjadinya cross ventilation
  • Buat ventilasi pada bagian bawah bangunan. Tak perlu terlalu besar, cukup 10 cm x 15 cm. Jangan lupa memasang kawat untuk mencegah masuknya nyamuk dan hewan lainnya.
Tips Rumah Sejuk dan Nyaman
Tips Rumah Sejuk dan Nyaman dengan turbin ventilator yang bekerja mengeluarkan angin yang ada dalam ruang bawah ata
  • sebaiknya tidak menghilangkan plafon, karena ruang di antara atap plafon ini bisa menjadi buffer (peredam) panas dalam hal ini mencegah turunnya panas dari atap ke dalam ruang
  • Bahan penutup atap yang terbaik adalah dari keramik atau beton, karena ia tak meneruskan semua panas yang diterimanya ke dalam ruang, tapi sebagian dipantulkan dan disimpan.
  • Supaya ruang semakin adem, ada baiknya mengurangi penggunaan bahan metal pada bangunan. Begitu pula dengan kaca yang lebar-lebar. Bisa dibatasi dengan pemilihan kaca triple-glass atau material yang memang umum dan cocok digunakan untuk iklim tropis
  • Untuk mengurangi panas pada ruang bawah atap, gunakan bahan insulasi aluminium. Bahan ini berbentuk lembaran yang di tengahnya terdapat rongga. Terbuat dari aluminium foil yang dapat mengurangi panas sampai dengan 8-12 derajat C. Panas matahari yang terkena atap akan tertahan dan dipantulkan kembali, sehingga panas yang masuk akan berkurang. Cara pasangnya pun mudah, cukup ditempatkan antara kaso dan reng, bisa juga di bawah atap.
  • Cara lain untuk mengurangi panas pada ruang bawah atap, dengan alat turbin ventilator. Alat ini bekerja mengeluarkan angin yang ada dalam ruang bawah atap. Ada elemen pada alat ini yang berputar sampai dengan kecepatan angin 240 km per jam. Turbin ventilator terbuat dari polycarbonate, bentuknya kisi vertikal. Pemasangan turbin ventilator ini akan sangat membantu menurunkan suhu ruang bawah atap.

Terima kasih telah membaca “Tips Mengkondisikan Udara Dalam Ruang Sejuk dan Nyaman“.  Semoga bermanfaat. Jangan lupa LIKE, Tweet, Pin, dll. Artikel lain yang juga berguna: Desain Rumah Sejuk dan Nyaman.

Kata Kunci Terkait :

cara pasang turbin ventilator