Parket Bambu: Parket dan Papan Bambu Sebagai Pengganti Kayu

==================================================================
Cara Mudah Menghasilkan Uang dari YouTube
Kerja di rumah saja. Dapat uang dari internet tanpa ribet, tanpa terjebak macet, tanpa kepanasan, tanpa kehujanan, tanpa mikir harga BBM naik.
KLIK Mendapatkan Uang dari YouTube
Bisnis Internet Paling Direkomendasikan Hari Ini
Waspada! Banyak bisnis investasi online penipuan. Pastikan Anda tidak nyasar ke tempat lain. Cek di CARA MENGHASILKAN UANG CEPAT DARI INTERNET
==================================================================

Parket bambu semakin mendapat tempat di hati banyak orang sebagai alternatif pengganti kayu. Hal itu tak lepas dari semakin langkanya kayu dipasaran. Di samping parket bambu, juga papan bambu. Mengapa harus bambu?

Bambu didaulat menjadi pengganti kayu karena memang punya beberapa kelebihan. Yang utama adalah, produk-produk yang dibuat dari bambu seperti parket bambu, papan bambu, gedhek, dll dinilai ramah lingkungan karena proses renewable-nya tergolong cepat. Bambu dapat tumbuh setinggi 120 meter hanya dalam waktu kurang dari 2 (dua) bulan. Sementara, untuk menjadi tua dan siap tebang, bambu hanya butuh waktu 3 – 5 tahun. Bandingkan dengan kayu keras (hardwood) yang memerlukan waktu 20 hingga 120 tahun untuk matang.

Selain itu, parket bambu dan produk berbahan bambu lainnya dikenal sangat kuat dan bisa menyamai kekuatan kayu keras seperti jati, pinus, dan sebagainya jika bahannya dari pohon bambu dewasa yang ditebang pada waktu dan usia yang tepat dan cara yang benar. Hal itu, karena pohon bambu itu sendiri sudah sejak dahulu kala diakui kekuatan dan ketahanannya.

parket bambu

Lantai parket bambu

Dulu Gedhek, sekarang Papan dan Parket Bambu

Bambu sebenarnya sudah dipakai di Indonesia sejak dulu kala. Masyarakat kita memanfaatkan bambu sebagai struktur, dinding (gedhek), dan juga lantai rumah. Para arsitek Belanda malah membuat bambu sebagai struktur utama bangunan-bangunan milik mereka yang ada di daerah rawan gempa di Indonesia.

Kini, bambu (bamboo) hadir dalam bentuk yang lebih modern: parket bambu dan papan bambu. Di Indonesia, parket bambu tergolong barang baru sehingga belum banyak produsen yang menggelontorkan benda ini. Padahal di Cina, produk ini termasuk produk yang sangat diminati. Masyarakat di sana banyak yang sudah menggunakan bambu sebagai bagian dari rumah modern. Parket bambu dan papan bambu yang beredar di Indonesia, sebagian diimpor dari Cina.

Di antara merk parket bambu dan papan bambu dalam negeri adalah GBamboo. Produk pertama GBamboo yakni parket bambu solid. Berdasarkan penyusunan, parket bambu solid dibagi menjadi 3 yakni:

  1. Vertical flooring, yaitu parket yang dibuat dari bambu yang dibelah-belah lalu disusun secara vertical
  2. Horizontal flooring, yaitu parket dari bambu belah yang disusun secara horizontal
  3. Strainwoven flooring, yakni parket dari bambu yang dihancurkan lalu dipress dengan mesin.

Cara Pemasangan Parket Bambu Solid

lantai parket bambu

Bamboo flooring

Cara pemasangan parket bambu solid ini tidak berbeda dengan parket kayu. Pihak produsen menyediakan dua jenis parket yang berbeda pemasangannya. Yang pertama adalah jenis “Tongue dan Groove (T&G)”, berupa parket dengan sistem lidah dan mulut. Untuk jenis ini diperlukan penguat berupa lem atau klip karena jenis ini mudah terlepas.
Jenis kedua adalah parket bambu “Click”, yang memiliki sistem khusus sehingga tidak mudah lepas, tentu dengan harga yang lebih mahal dari jenis parket bambu yang pertama.

Bagaimana dengan kekuatan parket bambu? Lantai bambu solid diklaim tahan terhadap goresan yang tidak terlalu dalam (bukan goresan benda tajam). Namun, sebagaimana kayu, lantai ini tidak kuat terhadap air yang menggenang.

Parket bambu solid ini dibedakan menjadi parket untuk interior dan parket bambu untuk eksterior. Parket eksterior harganya lebih mahal karena lebih tebal dan diberi lapisan khusus agar tahan terhadap cuaca.

Bambu, selain diolah menjadi parket bambu, juga diolah menjadi papan bambu (bamboo board). Papan bambu ini mirip triplek dengan ukuran yang juga sama persis.

Kata Kunci Terkait :

parket bambu,ukuran parket bambu,lantai,cara pembuatan parket kayu,cara membuat parket bambu,harga lantai parket bambu,harga lantai parket bambu ceilling,lantai bambu produk dalam negeri,papan dari bambu
Parket Bambu: Parket dan Papan Bambu Sebagai Pengganti Kayu was last modified: November 18th, 2013 by Mas TohaS
Advertisement

Gallery of Parket Bambu: Parket dan Papan Bambu Sebagai Pengganti Kayu

lantai parket bambu

parket bambu

Close
TERIMA KASIH dari AsianBrainHippo.com
Mohon support Anda dengan cara KLIK salah satu tombol di bawah: