LANTAI KAYU – Laminated (HDF) dan Engineered

by

Lantai kayu solid sudah pernah dibahas di situs ini. Selain lantai kayu solid masih ada 2 (dua) jenis lantai kayu maupun lantai bambu. Yakni lantai kayu laminated (HDF) dan lantai kayu engineered.

Lantai kayu engineered sering dinamakan juga kayu multi-layer. Jenis ini hampir mirip dengan kayu solid. Hanya saja proses pembuatannya berbeda. Kayu solid sebagai bahan baku dipotong dengan ketebalan tertentu dan ditumpuk secara bersilangan (horizontal dan vertikal). Setelah itu tumpukan tersebut ditekan supaya padat. Di bagian permukaan atasnya diberi lapisan pelindung sehingga tampilannya halus dan dan kotoran atau debu tidak mudah masuk ke dalam pori kayu.

Jenis terakhir dari lantai kayu adalah apa yang biasa disebut HDF. Jenis lantai ini disebut juga dengan nama lantai kayu laminated. Bahan dasar utama jenis lantai kayu ini adalah serbuk yang dipadatkan dengan suhu tinggi. Serbuk kayu yang dipadatkan inilah yang dinamakan HDF (high density fiber). Seperti lantai kayu engineered, di atas permukaan HDF diberi lapisan pelindung yang fungsinya untuk mencegah goresan.

Lapisan pelindung pada lantai kayu laminated atau HDF memiliki tingkatan yang diukur dari ketebalan/kekerasan lapisan pelindung. Semakin tinggi tingkatannya, semakin tinggi lantai kayu bisa menahan goresan. Lantai kayu HDF dengan ketebalan lapisan pelindung yang tinggi cocok digunakan untuk ruangan yang sering dilalui banyak orang.

lantai kayu laminated
Lantai kayu laminated atau HDF

Video berjudul “pemasangan papan lantai kayu” di atas diambil dari Youtube. Semoga bisa menjadi menginspirasi Anda untuk menciptakan tata lantai kayu laminated yang anggun dan elegan sebagai bagian dari desain rumah secara keseluruhan.

Kata Kunci Terkait :

lantai kayu,pelapis lantai kayu