Cara Mengusir Tikus dari Rumah

Bagaimana cara mengusir tikus dari rumah? Sebelumnya, yang saya maksud tikus di artikel ini tentu saja tikus beneran. Sebab, kalau ‘tikus’ kantor alias koruptor cara nangkapnya gampang, tinggal lapor KPK atau polsek setempat. Mengenai tikus rumah, ini memang lumayan sering bikin galau, bahkan stress.

Saya ada beberapa Cara Mengusir Tikus dari Rumah dan menjadikan rumah Anda terbebas dari tikus beserta anak cucunya plus riuh rendah suara cat-cit-cut-nya. Ini hanyalah sekedar pengalaman beberapa teman dan tetangga kiri-kanan di kampung saya. Jadi, nampaknya tips yang bakal saya tulis ini lebih membidik tikus kampung. Saya kurang jelas apakah cara-cara berikut maknyus untuk diaplikasikan untuk menghadapi tikus-tikus di perkotaan (emang beda ya tikus kampung ma tikus kota? he he he…). Semoga saja semua tikus, baik yang tinggal di ndeso maupun di kota, sama kedernya. Toh, mereka sama-sama tidak ada yang pernah kuliah.

Ada beberapa tips – cara mengusir tikus dari dalam rumah Anda. Monggo dicoba mana yang menurut Anda cocok:

  • Gunakan minyak tanah. Caranya dengan mengoleskan minyak tanah di tempat-tempat di mana tikus sering lewat atau bersarang. Cara ini sangat efektif namun kurang disukai karena baunya bisa mengganggu kenyamanan penghuni rumah.
  • Manfaatkan suara jangkerik. Ini cara alami paling terkenal di kampung saya. Di samping anak-anak memang hobi memelihara jangkering, tikus juga diam seribu bahasa bila jangkrik melengkingkan suaranya sehingga para tikus cs tidak betah dan pergi dari rumah. Hanya saja, di telinga sebagian orang, suara jangkerik yang melengking suka bikin susah tidur. Apalagi, jangkering tidak bisa dikontrol dan disetting bunyinya. Beberapa teman mencoba mengakali dengan suara dering handphone yang merekam suara jangkerik. Ternyata hasilnya memang ampuh. Tapi ingat, bateri handphone harus full dan tidak drop.
  • Memelihara kucing. Saya pribadi kurang cocok dengan dengan cara ini, sebab beberapa kali memelihara kucing gak ada hasil. Bukannya tikus yang tidak takut sama kucing, melainkan kucing saya semua pemalas. Jatah makan pasti, berburu tikus ogah-ogahan.
  • Alat pengusir tikus elektrik. Emang ada ya? Bener loh, namanya jaman modern tentu peralatan juga serba modern. Namun, alat pengusir tikus elektrik ini banyak dikeluhkan sebab hasilnya kurang maksimal, tidak sebanding dengan harganya yang mahal.
  • Membunuh tikus dengan Racun. Racun tikus terbukri sangat ampuh. Namun, beberapa tetangga menghentikan penggunaan racun tikus untuk membasmi tikus. Sebab, tikus-tikus yang sekarat cenderung mencari tempat mati di tempat-tempat tersembunyi sehingga beberapa pemilik rumah justru disibukkan melakukan pencarian bangkai tikus yang baunya menyebar ke mana-mana. Bagi Anda yang tetap setia memilih cara ini dalam mengusir tikus, ada tips menarik. Bikin sendiri racun tikus. Caranya, siapkan umpan yang disukai tikus, lalu taburkan semen secukupnya (jangan terlalu banyak). Jika umpan dimakan, tikus akan kepanasan karena semen mengeras dalam perutnya. Akibatnya, tikus bisa mati mengering.
  • Lem tikus. Bisa dibeli di toko-toko atau super market lengkap dengan cara pakainya. Gunakan kacang, coklat atau sepotong daging sebagai umpan.cara mengusir tikus dari rumah
  • Perangkap tikus. Ada 2 (dua) jenis perangkap tikus; berupa jepretan (tikus akan terjepit dalam perangkap), dan berupa kurungan di mana pintu bisa tertutup otomatis ketika ada tikus yang masuk. Anda harus pintar memasang jebakan ini, jika tidak, dijamin tikus-tikus di rumah justru menertawakan Anda. Jika ada tikus yang tertangkap, berikan pada kucing kesayangan Anda. Ada tips menarik; tikus yang masuk perangkap jangan diberikan pada kucing atau dibunuh. Semprot tikus tersebut dengan pilox/cat warna cerah (kuning, orange, silver, hijau muda, dll). Diamkan hingga cat mengering. Lalu lepaskan kembali tikus dan biarkan bekumpul kembali ke komunitasnya. Dia akan berlari ke sana kemari karena stress. Dengan demikian, bisa membuat konco-konconya ketakutan dan pergi dari rumah Anda.
  • Mengusir tikus dengan Kapur barus. Cara mengusir tikus dari rumah dengan kapur barus ini bisa dibilang metode 2 in 1 alias menyelam sambil mimik susu. Tikus lenyap, rumah pun jadi wangi. Cara ini cukup efektif. Murah meriah. Tumbuk kapur barus (jangan terlalu lembut) lalu tebarkan ke tempat-tempat yang biasa dilewati tikus.
  • Cara lain mengusir tikus dari rumah adalah dengan memanfaatkan potongan rambut yg pendek-pendek (bila potongan rambut masih panjang-panjang usahakan untuk memotong-motong menjadi lebih pendek). Letakkan potongan rambut itu di tempat-tempat di mana tikus sering berpesta dan beramai-ramai. Nantinya, potongan-potongan rambut tersebut akan merasuki lubang hidung tikus tersebut. Jika sudah demikian, tikus bisa kesakitan dan mati, minimal memberikan efek jera dan pindah ke tempat lain.
  • Manfaatkan buah mengkudu. Ambil buah mengkudu yang sudah tua, lalu potong kecil-kecil dan sebarkan ke tempat tikus biasa melintas. Cara ini cukup ampuh mengusir tikus minggat dari rumah. Jika potongan buah mengkudu mengering dan kempis ganti dengan yang baru.

Itulah beberapa tips – cara mengusir tikus dari rumah Anda. Satu poin terpenting yang wajib diperhatikan adalah tetap menjaga rumah agar tetap bersih. Pilihlah salah satu dari cara mengusir tikus di atas yang menurut Anda paling cocok.

Pin It

Kata Kunci Terkait :

racun tikus paling bagus,tikus,umpan tikus yang bagus,racun tikus yang bagus,apa yang umpan cantik untuk tikus,mengusir tikus d rmh,pengusir tikus cat warna,umpan tikus paling efektif
Cara Mengusir Tikus dari Rumah was last modified: November 18th, 2013 by Mas TohaS
Advertisement

Gallery of Cara Mengusir Tikus dari Rumah

cara mengusir tikus dari rumah

Close
TERIMA KASIH dari AsianBrainHippo.com
Mohon support Anda dengan cara KLIK salah satu tombol di bawah: