Bay Window Pada Rumah Minimalis

by

Bay Window Pada Rumah Minimalis – Pernah mendengar tentang “bay window“? Di Indonesia, bay window belum begitu populer. Padahal rumah-rumah di Amerika dan Eropa sudah sejak lama menggunakan jendela Bay Window ini.

Apakah Bay Window Itu

Bay window adalah jendela yang modelnya menjorok ke sisi luar melewati garis dinding. Jika dipandang sekilas dari bagian dalam rumah akan tampak seperti adanya cekung atau ceruk.

Umumnya bay window berbentuk setengah dari segi enam. Namun, sebetulnya jendela ini bisa berbentuk apa saja, seperti setengah segi delapan, setengah lingkaran, atau separuh persegi panjang.

Kurang jelas mengapa sebab pemilik rumah di Indonesia jarang yang meminati dan menggunakan bay window. Padahal jendela ini bisa menjangkau cahaya lebih banyak.

Penerapan bay window di negara kita sebatas di villa atau rumah-rumah di tepi pantai untuk menikmati pemandangan pantai (bay) dengan lebih leluasa tanpa terhalang frame jendela.

Manfaat Bay Window

Di samping memiliki kegunaan untuk menghasilkan cahaya lebih ke dalam ruangan, bay window juga bisa difungsikan sebagai area bersantai. Bay window tidak harus memiliki ukuran yang lebih besar dari umumnya jendela. Hanya saja, jendela model ini membutuhkan lebih banyak kaca, dan kaca ini membentuk sudut-sudut. Inilah yang menyebabkan bay window digemari sebagai penghasil lebih banyak cahaya.

Selain itu, bagian ceruk pada bay window bisa dimanfaatkan untuk meja panjang, tempat duduk untuk membaca, atau bahkan meja kerja. Karena itu, biasanya jarak jendela dari lantai disesuaikan dengan fungsi ceruk. Apabila ingin digunakan sebagai meja panjang bisa sedikit agak tinggi. Tapi bila ingin digunakan sebagai tempat duduk-duduk harus agak rendah. Dengan bantal-bantal kursi yang empuk, tentunya bay window sangat nyaman digunakan untuk membaca atau sekedar beristirahat di depan jendela sambil menikmati indahnya taman, sambil makan gorengan dan ditemani teh hangat.

Bay Window Pada Rumah Minimalis

Bagaimana jika jendela model Bay Window diaplikasikan pada Rumah Minimalis? It’s Ok! Tidak masalah, sepanjang tidak ada masalah dengan luas tanah. Dengan diterapkannya bay window, rumah minimalis jauh lebih banyak diuntungkan dari pada rumah biasa (non minimalis). Kelebihan utama desain bay window pada rumah minimalis adalah hadirnya kesan lebih luas pada ruangan.

Contoh desain bay window:

bay window
Bay Window – Tampak dari Luar
bay window
Bay Window – Tampak dari Dalam

Terima kasih telah berkenan mengunjungi situs ini dan membaca “Bay Window pada Rumah Minimalis“. Semoga bermanfaat.