PENGERTIAN Hipertensi

Pengertian Hipertensi tidak jauh beda dengan pengertian tekanan darah tinggi (high blood pressure), bahkan sama. Untuk memahami mengapa hipertensi bisa menjadi kondisi yang serius, pertama harus kita harus tahu hakikat dan pengertian hipertensi itu sendiri. Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah suatu kondisi dimana tekanan darah di arteri secara kronis meningkat. Dengan setiap detak jantung, jantung memompa darah melalui arteri ke seluruh tubuh. Tekanan darah adalah kekuatan darah yang mendorong terhadap dinding pembuluh darah. Jika tekanan terlalu tinggi, jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa, dan ini bisa menyebabkan kerusakan organ dan beberapa penyakit seperti serangan jantung, stroke, gagal jantung, aneurisma, atau gagal ginjal.

Pengertian Penyakit Hipertensi Menurut Wikipedia

Pengertian Hipertensi (HTN) atau tekanan darah tinggi, sering juga disebut arterial hypertension, adalah kondisi medis kronis dimana tekanan darah di arteri yang meningkat. Hal ini memacu jantung untuk bekerja lebih keras dari biasanya untuk mengedarkan darah melalui pembuluh darah. Tekanan darah melibatkan dua pengukuran, sistolik dan diastolik, yang tergantung pada apakah otot jantung berkontraksi (sistol) atau santai antara ketukan (diastole). Tekanan darah normal pada saat istirahat adalah dalam kisaran 100-140mmHg sistolik (top reading) dan 60-90mmHg diastolik (bottom reading). Tekanan darah tinggi dikatakan hadir jika terus-menerus pada atau di atas 140/90 mmHg.

Pengertian Hipertensi

Pengertian Hipertensi

Karena tekanan darah seringkali meningkat sebagai sesuatu yang sulit dikendalikan, maka kita harus selalu waspada dan mengantisipasinya dengan mengambil langkah-langkah untuk pencegahan. Ada juga kondisi yang telah diderita ada yang dapat menyebabkan tekanan darah seseorang meningkat seperti penyakit tiroid, apnea tidur, dan penyakit ginjal. Di samping itu ada juga yang penting untuk dicatat bahwa ada obat yang dapat menyebabkan naiknya tekanan darah, terutama obat untuk asma dan pil KB.

Banyak masalah medis yang timbul dari adanya hipertensi, dan yang paling serius adalah gagal jantung, stroke, penyakit jantung koroner / penyakit arteri koroner dan ginjal.

Meskipun hipertensi dapat menyebabkan kondisi serius begitu banyak, namun seringkali hal itu sendiri tidak memiliki gejala sehingga sulit diantisipasi. Sementara itu yang menyebabkan kerusakan pada berbagai bagian tubuh termasuk ginjal jantung, dan pembuluh darah, bias jadi merupakan faktor lain telah ada dalam tubuh selama bertahun-tahun tanpa diketahui. Inilah sebabnya mengapa sangat penting bagi kita untuk mengetahui apa tekanan darah normal yang seharusnya dan menjaganya agar selalu stabil pada levelnya. Jika ditentukan bahwa Anda memiliki hipertensi, ada pengobatan banyak dan solusi yang tersedia.

Tidak ada tekanan yang berada pada tingkat yang sama persis setiap saat. Ada keadaan tertentu yang mempengaruhi tingkat tekanan darah tinggi. Tekanan darah bisa naik ketika Anda bersemangat, cemas atau kuat, dan bisa menurun saat anda sedang tidur tapi naik lagi ketika Anda bangun. Anda mungkin akan mendapatkan masalah jika tekanan menjadi lebih tinggi dari level normal untuk sebagian besar waktu. Semakin tinggi tekanan darah Anda nomor meningkat semakin besar risiko hipertensi.

Mereka yang memiliki tekanan darah normal harus mengambil keputusan yang tepat untuk menjalani pola hidup sehat sebagai usaha pencegahan dari berkembangnya hipertensi. Makan makanan bergizi seimbang yang memiliki jumlah terbatas garam (natrium) dan alkohol dapat membantu menjaga hypertenstion Anda normal. Menjadi aktif secara rutin, dan menjaga berat badan yang sehat juga secara langsung mempengaruhi tekanan darah, juga selalu disarankan bahwa Anda berhenti merokok jika Anda seorang perokok dan sekali-sekali tidak memulai merokok jika Anda bukan perokok. Akhirnya, cara  anda mengelola tingkat stres merupakan salah satu kontributor terbesar dalam rangka untuk mencegah hipertensi.

Namun jika itu telah yakin bahwa Anda memiliki hipertensi, ada hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah hipertensi menjadi masalah serius di masa-masa mendatang. Anda harus tetap pada pengobatan yang diresepkan oleh dokter Anda. Pengobatan lebih ditujukan untuk mencegah kerusakan jangka panjang atau setidaknya menunda serangan stroke, penyakit ginjal atau penyakit jantung koroner. Menghentikan perawatan yang diresepkan setiap saat akan meningkatkan kemungkinan terkena masalah kesehatan yang terhubung ke tekanan Anda.

Seorang wanita hamil dengan tekanan tinggi dapat memberikan bayi yang sehat, walaupun bayi sering lahir lebih awal atau dengan berat badan lahir rendah. Sebagian besar kekhawatiran terhadap ibu karena tekanan darah menjadi tinggi bisa berbahaya bagi ginjal dan organ lainnya. Menjadi yakin bahwa dokter Anda semua menyadari fakta bahwa tekanan darah Anda tinggi akan membantu untuk memastikan kemampuan mereka untuk membantu Anda mengontrol tekanan darah selama kehamilan. Ada kasus di mana tekanan ibu hamil menjadi tinggi untuk pertama kali selama kehamilan mereka. Kondisi paling parah adalah preeklamsia, ini bukan khas antara perempuan tetapi dapat mengancam kehidupan ibu dan janin yang belum lahir. Untungnya sebagian besar perempuan dengan kondisi ini diperlakukan, dan mereka mengalami persalinan normal.

Untuk menjaga tekanan darah di antara remaja dan anak-anak normal, pastikan bahwa mereka mengikuti pola makan yang sehat yang terdiri dari buah-buahan, sayuran dan rendah lemak jenuh. Mereka juga harus terlibat dalam beberapa aktivitas fisik paling tidak 1-2 jam setiap hari (membatasi jam nonton televisi dapat membantu mereka untuk terpanggil melakukan kegiatan fisik). Pastikan juga anak Anda selalu dalam keadaan di mana berat badannya seimbang dan normal. Ini merupakan langkah penting dalam mencegah masalah tekanan darah. Jika mereka kelebihan berat badan, ahli gizi dapat membantu mengembangkan rencana diet yang akan membantu mereka dalam menurunkan berat badan dengan cara sehat.

Untuk anak di atas usia 4 tahun, disarankan agar diperkenalkan dengan susu yang berkadar lemak rendah. Menanamkan pola makan yang baik dan kebiasaan gaya hidup pada anak Anda dapat membantu mereka mengembangkan kebiasaan ini seumur hidup yang membantu mencegah tekanan darah meningkat, serta penyakit lain yang timbul akibat hipertensi. Orang tua yang memiliki pemahaman dan pengertian hipertensi yang benar tentu lebih bisa diandalkan dalam mengantar kehidupan putra-putri menuju hidup yang sehat dan sejahtera. (Pengertian Hipertensi Menurut WHO dan Wikipedia)

Kata Kunci Terkait :

askep hipertensi,pengertian hipertensi,laporan pendahuluan hipertensi,DEFINISI HIPERTENSI,laporan pendahuluan askep hipertensi,pengertian hipertensi menurut para ahli,pengertian hipertensi menurut who,pengertian penyakit hipertensi,artikel hipertensi,definisi hipertensi menurut para ahli,hipertensi menurut who,makalah penyakit hipertensi,hipertensi menurut who 2012,hipertensi,pengertian tekanan darah,definisi hipertensi menurut who,definisi penyakit hipertensi,defenisi hipertensi,laporan pendahuluan hipertensi pada ibu hamil,laporan pendahuluan ibu hamil dengan hipertensi,hipertensi wikipedia,hipertensi adalah,konsep penyakit hipertensi,tekanan darah normal menurut who,lp hipertensi pada ibu hamil,defenisi hipertensi menurut SBB,hipertensi menurut para ahli,hipotensi menurut who,PENGERTIN HIPERTENSI,PENGERTIANHIPERTENSI,data penyakit GGK terbesar menurut WHO,pengertian penyakit herpotensi,pengertian hipotensi
PENGERTIAN Hipertensi was last modified: November 18th, 2013 by Mas TohaS
Advertisement

Gallery of PENGERTIAN Hipertensi

Pengertian Hipertensi

Close
TERIMA KASIH dari AsianBrainHippo.com
Mohon support Anda dengan cara KLIK salah satu tombol di bawah: