Manfaat Mandi dengan Air Hangat untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Mandi dengan Air Hangat untuk Kesehatan Tubuh. Tak ada yang menyangkal manfaat mandi air hangat untuk kesehatan tubuh. Mandi dengan air hangat dengan suhu sekitar 32 – 34 derajat celcius selama 10 – 20 menit dapat membuka pori-pori yang dapat mengeluarkan toksin atau racun dari dalam tubuh (detoksifikasi). Bahkan sebuah study terbitan New England Yournal of Medicine menunjukkan, penderita diabetes yang menghabiskan waktu setengah jam berendam dalam bak air hangat, tingkat gula darahnya turun sekitar 1.3%.

Beberapa fakta di atas adalah alasan kenapa Anda harus selalu menyediakan air hangat di rumah. Apalagi jika Anda mempunyai kecil yang aktif. Mandi air hangat akan membuat otot tubuh mereka terasa rileks. Sehingga buah hati Anda terjaga kesegaran tubuhnya.

Dalam beberapa catatan kesehatan, tertulis beberapa Manfaat mandi air hangat bagi kesehatan seperti mengurangi insomnia dan stess, Membantu mengurangi batuk, mengusir bahu dan leher yang pegal, membersihkan kulit, dan lain-lain.

Air hangat juga berkhasiat menyembuhkan rasa nyeri persendian dan otot akibat kelalahan, otot sobek, dan artritis. Aliran dan sirkulasi darah dapat dengan mudah dirangsang oleh air hangat. Meskipun bukan sebagai penyembuh permanen, beberapa menit berendam di air hangat bisa mengurangi radang, merangsang penyembuhan dan mereduksi rasa sakit yang berlebihan.

Di samping itu, mandi menggunakan air hangat di waktu pagi sebelum berolah raga merupakan langkah yang baik guna memanaskan tubuh. Peredaran darah akan lancar dan otot menjadi rileks setelah sebelumnya dalam keadaan kaku sewaktu bangun tidur.

Untuk menyediakan air hangat, kita mengenal beberapa cara. Cara konvensional: rebus air hingga mendidih, tuang air panas itu ke dalam bak mandi dan campur air dengan air dingin hingga cukup hangat. Pada rumah modern, cara ini mulai ditinggalkan karena tidak praktis.

Solusi lain: pasang pemanas air pada instalasi air bersih di rumah. Sistem ini mempercepat upaya penyediaan air hangat. Jika ingin memperoleh air hangat untuk mandi, Anda pun cukup membuka keran. Air hangat langsung mengucur. Pastikan Anda memilih pipa yang baik, sehingga kualitas air yang mengalir tidak berubah. Panasnya konsisten.

manfaat mandi air hangat bagi kesehatan

Manfaat mandi air hangat


Anda baru saja membaca “Manfaat Mandi Air Hangat bagi Kesehatan“. Terima kasih telah berkunjung ke situs ini. Semoga bermanfaat.

Pin It

Komeng:

comments


Jika dirasa tulisan ini berguna, mohon BAGIKAN ke FB, Twitter, atau Google+1 melalui tombol berikut:




Recent Articles

© 2014 AsianBrainHippo.com. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Close
TERIMA KASIH dari AsianBrainHippo.com
Mohon support Anda dengan cara KLIK salah satu tombol di bawah: