Manfaat Donor Darah

==================================================================
Cara Mudah Menghasilkan Uang dari YouTube
Kerja di rumah saja. Dapat uang dari internet tanpa ribet, tanpa terjebak macet, tanpa kepanasan, tanpa kehujanan, tanpa mikir harga BBM naik.
KLIK Mendapatkan Uang dari YouTube
Bisnis Internet Paling Direkomendasikan Hari Ini
Waspada! Banyak bisnis investasi online penipuan. Pastikan Anda tidak nyasar ke tempat lain. Cek di CARA MENGHASILKAN UANG CEPAT DARI INTERNET
==================================================================

Manfaat donor darah yang paling urgent adalah pendidikan. Seseorang yang mendonorkan darahnya berarti ia telah mendidik dirinya akan betapa pentingnya nilai-nilai ta’awun, kepedulian, dan saling bantu antar sesama. Diharapkan, dengan semangat saling membantu, seseorang pada akhirnya mempunyai visi hidup yang sarat dengan pengabdian ‘ubudiyah’ bahwa sejatinya manusia diciptakan bukan hanya untuk bersenang-senang secara pribadi, melainkan dalam rangka ibadah. Donor darah di sini tercakup sebagai pengabdian sosial ‘hubungan horizontal’. Meskipun hanya setetes darah yang kita sumbangkan, itu akan sangat membantu bagi mereka-mereka yang memerlukannya.

Manfaat Donor Darah

Manfaat Donor Darah

Secara garis besar, ada 2 (dua) manfaat donor darah ditengok dari sisi pendonor dan orang yang menerima donor darah. Manfaat dari segi pendonor, di samping sebagai suatu pekerjaan mulia ‘amal shalih’ dan tabungan pahala, adalah berlangsungnya proses reproduksi darah. Setelah melakukan donor darah, tubuh seseorang akan kembali memproduksi darah yang lebih segar, fresh, encer dan sehat. Dengan demikian, kesehatan tubuh si pendonor akan terjaga. Apalagi kalau aktivitas donor darah dilakukan secara rutin minimal 3 (tiga) bulan sekali, maka itu bisa menjadi solusi hidup sehat (dan berkah tentunya).

Sedangkan manfaat donor darah bagi si penerima sumbangan darah adalah –yang terpenting- kesempatan hidup dan pelajaran akan pentingnya sikap peduli sesama, saling membantu meski tidak saling mengenal dan ikhlas memberi tanpa pamrih.

Berikut beberapa manfaat donor darah bagi kesehatan:

1.      Kesehatan selalu terjaga. Dengan mendaftar sebagai member dari suatu komunitas pendonor darah tertentu (misalnya member Blood for Life), seseorang akan melalui suatu tes kesehatan oleh dokter untuk memastikan sehat tidaknya sebelum mendonorkan darahnya. Dan, sebagai stanby donor, seseorang harus menyatakan kesanggupannya untuk menjaga kesehatan secara terus menerus sehingga dia ready kapan dan di manapun ada orang lain yang memerlukan uluran darahnya .

2.      Mengetahui kondisi tubuh sendiri. Tidak dipungkiri, bahwa sampai saat ini banyak orang yang tidak tahu golongan darahnya sendiri. Nah, sebagai pendonor tentu seseorang akan mendapat pengetahuan tentang golongan darah apalagi kalau dia terdaftar sebagai pendonor regular. Secara rutin tiap 3 (tiga) bulan sekali, dokter akan melakukan check up kesehatannya secara gratis dan menginformasikan tekanan darah, kadar HB, dan lain-lain kepada peserta donor darah.

3.      Mendeteksi kemungkinan penyakit. Seseorang akan mendapat surat pemberitahuan bila ternyata darahnya reaktif dan tidak lolos screening PMI atau terinfeksi HIV.

4.      Sirkulasi darah lebih lancar. Sebagai pengganti sel darah yang didonorkan, tubuh seseorang akan melakukan proses reproduksi yang memerlukan waktu 4 – 8 minggu.

5.      Merasakan kebahagiaan jiwa. Seseorang yang menyumbangkan satu kantong darah berarti dia telah berjuang untuk memberi kemungkinan hidup dan menyelamatkan 3 orang.

6.      Dengan menjadi pendonor darah, seseorang bisa mengurangi kemungkinan terkena serangan penyakit jantung.

7.      Langkah kecil yang tak ternilai. Dengan menyumbangkan darah, seseorang akan terbuka hatinya bahwa sesuatu yang baginya sepele dan dilakukan dalam beberapa menit ternyata akan sangat bermanfaat bagi orang lain;  memperpanjang hidup orang lain sampai bertahun-tahun setelahnya.

Tentu, manfaat donor darah tidak sebatas hal-hal tersebut di atas. Masih banyak keuntungan donor darah karena darah tidak bisa dibeli dan tidak ada pabrik maupun produsennya. Di samping adanya manfaat donor darah bagi pendonor, yang paling merasakan manfaatnya adalah mereka-mereka yang terbaring lemah di rumah sakit yang sedang menunggu uluran dan sumbangan darah dari sesamanya.

Kata Kunci Terkait :

manfaat donor darah,dampak donor darah,manfaat donor darah bagi kesehatan,efek samping donor darah,manfaat dan efek samping donor darah,manfaat donor darah bagi pendonor,efek donor darah,efek donor darah bagi tubuh,manfaat donordarah,fungsi donor darah,manfaat donor darah bagi kesehatan wikipedia,manfaat dan fungsi donor darah,ADAKAH EFEK SAMPING DONOR DARAH,efek setelah donor darah,baguskah donor darah,APA MANFAAT DONOR DARAH,manfatat donor darah
Manfaat Donor Darah was last modified: November 18th, 2013 by Mas TohaS
Advertisement


Kerja dari Rumah, Uang Berlimpah. HALAL dan Anti SCAM. Mau?

Download Panduan Kaya dari Internet YouTube! Masukkan nama depan dan email aktif untuk pengiriman link download

Gallery of Manfaat Donor Darah

Manfaat Donor Darah

Close
TERIMA KASIH dari AsianBrainHippo.com
Mohon support Anda dengan cara KLIK salah satu tombol di bawah: