Detoksifikasi Tubuh Secara Alami

by

Detoksifikasi Tubuh Alami – Bukan hanya rumah yang perlu anda bersihkan menjelang bulan suci Ramadhan tahun ini. Tubuh Anda pun memerlukan perhatian yang sama. Rumah dan tubuh yang bersih sama-sama menjauhkan Anda dari penyakit. Berikut ini beberapa catatan seputar detoks atau detoksifikasi tubuh secara alami.

Selain bersahabat dengan lingkungan, bersepeda ke tempat kerja juga bisa menyehatkan jantung. Tetapi, bila bersepeda di kota-kota besar, bila tidak menggunakan masker, Anda pasti jadi santapan empuk polusi lingkungan sekitar atau racun dioksin dari ribuan kendaraan yang lewat.

Polusi yang Anda hirup dan mengonsumsi junk food bisa menimbulkan toksin dalam tubuh. Selain itu, tubuh Anda sendiri pun bisa menghasilkan toksin. Misalnya, dari lemak yang teroksidasi dan radikal bebas. Kalau dibiarkan saja, toksin ini makin hari makin bertumpuk, menyebarkan racun dan menguasai seluruh tubuh melalui aliran darah. Akibatnya, jaringan tubuh dan sel-sel terganggu sehingga gagal melakukan fungsinya secara maksimal. Kini saatnya melakukan detoksifikasi tubuh.

Detoksifikasi Tubuh Alami
Bantu proses detoks tubuh dengan buah

Sebetulnya, dalam tubuh terdapat sebuah mekanisme pembersihan dirinya sendiri; detoksifikasi tubuh alami. Ada 5 (lima) organ tubuh yang memiliki peranan sangat urgent dalam detoksifikasi tubuh secara alami, yaitu kulit, hati, kolon, ginjal, dan paru. Namun, tidak berarti kita lantas tinggal diam, membiarkan ke-5 organ tersebut bekerja sendiri. Kita tetap harus membantu proses detoksifikasi itu.

Oleh karena itu, kita seharusnya menjauhi bahan-bahan kimiawi berbahaya yang biasa terkandung dalam junk food, alkohol, rokok, obat-obatan. Memperbanyak asupan cairan dan serat yang cukup bisa membantu proses detoksifikasi tubuh secara alami. Selain itu, sebenarnya setiap organ juga membutuhkan makanan-makanan tertentu untuk mengoptimalkan kinerja mereka.

Lebih jauh tentang pengertian detoks atau detoksifikasi ini bisa di baca di Hikmah Puasa: Detoksifikasi dan kesehatan tubuh.

Kegunaan dan fungsi detoks / detoksifikasi tubuh alami adalah dalam rangka hidup lebih sehat:

  • Detoksifikasi, berarti kita harus mengerem keinginan untuk mengonsumsi gula secara berlebihan, menjauhi alkohol, nikotin, kafein;
  • Ketika proses detoksifikasi alami berjalan lancar, dalam waktu bersamaan energi tubuh mengalami peningkatan. Hal ini disebabkan karena toksin yang membuat tubuh terasa lelah telah hilang.
  • Detoksifikasi bermanfaat untuk mengecilkan ukuran perut, sehingga memudahkan Anda untuk mengontrol porsi makanan yang masuk ke dalam tubuh.
  • Bukan hanya bermanfaat bagi tubuh. Detoks alami juga bisa membersihkan mental, karena terbebasnya tubuh dari bahan-bahan kimiawi, aditif makanan, dan pengawet.
  • Lebih dari itu, detoksifikasi akan membuat tidur Anda lebih nyenyak, mengurangi bau badan, mengurangi sakit kepala, memperbaiki sistem imun, mencerahkan kulit, dan lain-lain.

Terima kasih telah membaca artikel tentang “Detoksifikasi Tubuh Secara Alami“. Mohon sebarkan informasi dalam artikel ini kepada teman-teman yang lain melalui tombol-tombol sosial media di blog ini.