Detoksifikasi Kulit dengan Buah dan Sayur

by

Detoksifikasi Kulit dengan Buah dan Sayur – Dalam postingan sebelumnya “Detoksifikasi Tubuh Secara Alami” telah disebutkan bahwa kulit merupakan salah satu dari 5 (lima) organ tubuh yang berperan penting dalam proses detoks tubuh secara alami, di samping ginjal, kolon, paru, dan hati. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dilakukan dalam rangka membantu kulit untuk bisa menjalankan fungsi detoksifikasi secara optimal.

Mengoleskan berbagai krim perawatan kulit dan wajah memang bagus. Namun, sebenarnya bukan cuma itu yang perlu kita lakukan guna merawat kulit. Organ detoks dengan area paling luas ini bisa membantu mengeluarkan 10% toksin dari tubuh, melalui keringat. Salah satu hal yang bisa mendetoks kulit adalah sauna. Saat berada di sauna, kita berkeringat, bukan? Panas bisa menimbulkan reaksi kimiawi yang akan memacu sistem kerja imun serta menghancurkan bakteri dan virus. Ini juga yang terjadi saat kita berolahraga.

Buah dan Sayur Membantu Detoksifikasi Kulit

detoksifikasi kulit dengan buah sayur
Buah dan sayur: sangat membantu detoksifikasi kulit

Proses detoksifikasi kulit akan sangat terbantu dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Kedua makanan ini sangat dianjurkan dan diperlukan oleh tubuh karena kandungan nutrisi yang baik. Di samping buah dan sayur, kita perlu memperhatikan hal-hal berikut:

  • Memperbanyak minum air putih (minimal 8 gelas setiap hari)
  • Mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan – karena mampu melawan radikal bebas. Ada dalam anggur, teh hijau.
  • Makanan yang mengandung vitamin B12 – bisa membantu tubuh mengendalikan stress. Bisa kita peroleh dari hati sapi, salmon, keju, telur.
  • Makanan yang mengandung vitamin C – Membantu tubuh membentuk dan memperbarui kolagen. Temukan dalam jambu, jeruk, brokoli, kentang.

Agar hasilnya optimal, saat detoksifikasi dengan makanan, kulit harus bersih dari sel-sel kulit mati. Ini bisa dilakukan dengan menyikat kulit dalam kondisi kering 2-3 kali sehari. Gunakanlah sikat berbulu lembut. Dan uniknya, saat menyikat kulit, kita juga mendetoks getah bening. Di dalam getah bening inilah diproduksi sel-sel darah putih. Istilah “Detoks getah bening” saja memang jarang disebut, tidak seperti detoks kulit.

Anda baru saja membaca “Detoksifikasi Kulit dengan Buah dan Sayur“. Terima kasih telah berkunjung. Mohon sebarluaskan artikel ini bila dirasa bermanfaat.

Kata Kunci Terkait :

cara mendetox tubuh