Apa Akibat Suka Menahan Buang Air Kecil Terlalu Lama

by

BAHAYA Menahan Kencing – Buang air kecil (BAK) alias pipis atau kencing termasuk rutinitas yang sangat vital. Meski cuma seperti itu-itu saja (bosan sih terkadang bolak-balik pipis he…) namun sejatinya, buang air kecil memiliki urgensinya sendiri. Tidak bisa dikompromikan lagi, kalo pas ingin kencing segera lakukan (walau sedang dalam perjalanan). Apa Akibat Suka Menahan Buang Air Kecil Terlalu Lama?

Sampah di rumah jika dibiarkan menumpuk tidak dibuang tentu bisa membusuk dan menimbulkan berbagai penyakit. Demikian juga dengan Air kencing. Air kencing adalah sampah dari dalam tubuh kita. Kandung kemih yang kita punya hanyalah tempat penampungan sementara. Sebagaimana juga tempat sampah di rumah kita. Kandung kemih memiliki keterbatasan daya tampung. Akibat suka menahan buang air kecil terlalu lama bisa menyebabkan kandung kemih melar dan menipis (bayangkan seperti balon yang ditiup). Akibatnya, pompa di kandung kemih ‘cepat aus’ dan tidak bisa berfungsi dengan baik.

Sekedar diketahui bahwa daya tampung kandung kemih rata-rata hanya antara 300 – 500 ml. Sebelum mencapai angka 300an, otak sudah mengeluarkan ‘surat perintah’ untuk segera pipis membuang sampah (urine).

Apa Akibat Suka Menahan Buang Air Kecil Terlalu Lama
Efek yang ditimbulkan Akibat Suka Menahan Buang Air Kecil Terlalu Lama:

  • Menahan Kencing Terlalu Lama Menyebabkan Infeksi Saluran Kencing

Menahan kencing terlalu lama sangat berbahaya bagi kandung kemih karena bisa merusak pompa kandung kemih. Tanda bahwa pompa kandung kemih tidak berfungsi normal adalah seringnya buang air kencil tapi tidak tuntas. Urine yang tertinggal di kandung kemih akan mengundang kuman dan membuat saluran terinfeksi.
keseringan menahan kencing juga bisa mengakibatkan pembengkakan kandung kemih itu sendiri karena terus menerus diberi tekanan yang tinggi melebih kapasitas.

  • Kebiasaan Menahan Kencing Bisa Merusak Kandung Kemih

Pompa yang tidak berfungsi normal pada kandung kemih menyisakan urine. Di samping bisa mengundang kuman, sisa urine juga akan mengendap di kandung kemih. Endapan yang semakin tebal akan membentuk batu. Dan, kaum prima lebih sering mengalami penimbunan batu di kandung kemih dibanding wanita. Hal ini dikarenakan saluran pembuangan urine pada laki-laki lebih panjang dibanding perempuan. (wouw… ternyata ngeri juga ya bahaya menahan kencing ini).

Jika batu sudah menggumpal dalam kandung kemih, maka perlu dilakukan operasi untuk mengambilnya. Oleh karena itu, sebaiknya seseorang secepatnya meninggalkan aktifitasnya begitu ada keinginan untuk buang air kecil.

  • Kebiasaan Menahan Buang Air Kecil Menyebabkan ‘Penyakit’ Inkontinensia Urine

Para ahli kesehatan selalu menyarankan kita untuk memaksakan diri memperbanyak mengkonsumsi air putih setiap hari. Selanjutnya, disarankan juga untuk selalu memaksakan diri ke toilet ketika rasa ingin buang kecil muncul. Kebiasaan menunda kencing bisa berakibat pada apa yang dinamakan inkontinensia urine. Yaitu suatu kondisi di mana seseorang tidak lagi memiliki kontrol terhadap buang air kecil.

Penderita inkontinensia urine yang parah tidak bisa lagi untuk menahan keluarnya urine sehingga mereka akan terkencing di tempatnya sebelum sempat beranjak menuju toilet. Keadaan terkencing di tempat ini juga akan terjadi ketika penderita sedang bersin, batuk, atau mengejan.

4. Menahan Kencing Berarti Memberikan Resiko pada Ginjal


Dengan mengetahui bahaya menahan kencing dalam artikel “Apa Akibat Suka Menahan Buang Air Kecil Terlalu Lama” di atas, semoga kita sadar akan pentingnya ‘action’ begitu sinyal ingin pipis itu kita terima. Action di sini maksudnya segera bergegas; ketika sedang berkendara, bekerja, beraktifitas apapun berhentilah. Bahkan ketika sedang tidur sekalipun.