Cara Mengobati Jerawat

by

Cara Mengobati Jerawat. Berikut ini adalah cara mengobati jerawat secara alami termasuk trik dan tips yang berguna dan menjadi jawaban atas pertanyaan yang seringkali kita dengar: Jerawat, bagaimana pengobatannya?

Fakta tentang Jerawat – Mengobati Jerawat

Jerawat adalah momok bagi setiap orang terutama wanita (terutama lagi remaja – hayo, siapa jerawatan? angkat tangan!?). Problem kulit yang satu ini sering juga disebut komedo, dalam bahasa Jawa disebut kukul (bukan tukul, bukan pula tuyul loh ya). Hampir semua orang pernah akrab dengan jerawat, dari mulai yang ringan sampai yang super serius. Jika wajah mulus anda menjadi jelek gara-gara jerawat, maka Anda tidak sendiri karena di seberang sana ada jutaan orang di seantero jagad yang mengalami problem yang sama.

Penyebab Jerawat – Cara Mengobati Jerawat

Ada beberapa hal yang mempengaruhi tumbuhnya Jerawat. Dan, mengenali faktor penyebab jerawat menjadi bagian terpenting dan turut menentukan bagaimana seseorang menentukan cara mengobati jerawat-nya:

cara mengobati jerawat
Cara mengobati jerawat secara alami
  • Faktor Usia. Masa pubertas identik dengan jerawat. Hal ini dikarenakan adanya pergeseran hormon baru yang kuat
  • Produk kecantikan. Besar kemungkinan tumbuhnya jerawat merupakan reaksi kulit akibat pemakaian produk-produk kecantikan seperti pelembab atau krim tertentu yang kurang tepat sehingga memicu terjadinya penyumbatan pori-pori. Hasilnya, sel-sel kulit mati terjebak dan terkubur di dalamnya.
  • Bakteri. Kebersihan kulit dan wajah yang kurang terjaga mengundang tumbuh kembangnya bakteri penebar jerawat pada folikel kulit Anda.
  • Adanya racun dan kotoran yang mengendap dalam tubuh. Hal ini biasanya diakibatkan – misalnya – oleh perilaku diet yang kurang sehat dan tidak tepat.
  • Faktor Kulit. Tipe kulit berminyak turut andil dalam menyumbang tumbuh suburnya jerawat.

Berikut Ini Beberapa Cara Mengobati Jerawat :

Cara Mengobati Jerawat dengan Putih Telur

  1. Siapkan sebutir telur
  2. Pecah dan pisahkan putih telur dengan kuning telur
  3. Ambil bagian putih telurnya ke dalam suatu wadah dan kocok seperlunya
  4. Saatnya melakukan pengolesan jerawat di wajah dengan putih telur
  5. Biarkan selama kira-kira 15 menit.

Cara Mengobati Jerawat Dengan Jeruk Nipis atau Lemon plus Air Mawar

mengobati jerawat dengan jeruk nipis
mengobati jerawat dengan jeruk nipis
  1. Cara mengobati jerawat dengan jeruk nipis/lemon dan air mawar bisa ditempuh dengan tata cara seperti di bawah ini:
  2. Lakukan pencampuran perasan/sari buah jeruh nipis dengan air mawar hingga benar-benar tercampur
  3. Gunakan campuran tersebut sebagaimana krim yang dioleskan ke jerawat di wajah
  4. Diamkan sekitar 15 menit lalu bersihkan wajah dengan air hangat.
  5. Lakukan cara pengobatan di atas selama 2 minggu secara rutin dan lihat hasilnya.

Cara Mengobati Jerawat Dengan Buah Tomat

Cara Mengobati Jerawat Dengan Buah Tomat
Cara Mengobati Jerawat Dengan Buah Tomat

Metode pengobatan jerawat dengan buah tomat sudah dikenal cukup lama dan terbukti cukup ampuh terutama untuk mengangkat blackhead (komedo hitam). Caranya sederhana sekali, belah tomat menjadi 2 bagian dan gosok-gosokkan pada jerawat. Untuk hasil yang maksimal, lakukan sekitar 30 menit hingga 1 jam lalu basuh dengan air bersih.

Cara Mengobati Jerawat Dengan Lidah Buaya

Bagian dalam daun lidah buaya cukup efektif mengobati jerawat. Efek penggunaan daun lidah buaya mengabikatkan jerawat mengering dan terkelupas. Lakukan metode ini dengan telaten setiap pagi dan sore hingga 3-4 hari. Caranya, seperti biasa, mengolesi jerawat dengan daun lidah buaya. Sebelumnya, untuk memudahkan pengolesan, potong daun lidah buaya menjadi beberapa bagian dan kupas (ambil kulit luarnya).

Cara Mengobati Jerawat Dengan Bawang Putih

Ada 2 (dua) metode pengobatan jerawat dengan bawang putih:

Pertama, pengobatan dari dalam yaitu dengan cara memakan beberapa butir bawang putih setiap hari. Meski efektif, namun kebanyakan orang enggan melakukan cara ini dan lebih memilih cara kedua.

Kedua, pengobatan dari luar. Caranya dengan mengoleskan bawang putih yang telah ditumbuh hingga halus ke bagian wajah yang terkena jerawat. Biarkan sekitar 15 menit, baru kemudian cuci sampai bersih.

 

Tips Mengobati Jerawat

Tentukan salah satu dari cara mengobati jerawat yang telah disebutkan di atas, pilih mana yang paling cocok dan terbaik untuk anda. Kemudian, mulai take action alias praktek. PENTING! hindari prilaku loncat sana-sini yakni gak sabaran dan terlalu sering pindah dari satu cara ke cara lain sebelum dipraktekkan hingga tuntas.

Kata Kunci Terkait :

cara menghilangkan kukul di wajah,Cara menghilangkan kukul,Cara menghilangkan kukulan