Cara Menghilangkan Komedo dan Jerawat

Cara menghilangkan komedo dan jerawat yang praktis dan aman menjadi topic yang tak henti-hentinya diperbincangkan dan didiskusikan. Terutama bagi remaja dan ibu-ibu muda professional. Di mata kedua kelompok tersebut, komedo dan jerawat adalah dua makhluk yang wajib diusir dari kulit wajah. Tiada maaf bagimu….

Perbedaan Komedo dan Jerawat

Komedo adalah salah satu jenis jerawat (Comedonal acne) yang ringan, tidak ada peradangan (non-inflammatory acne) dan karenanya tidak sampai mengeluarkan nanah. Jenis jerawat yang lain, selain komedo adalah jerawat lembut dan ringan tapi mengalami peradangan, biasa disebut sebagai mild populo postular acne. Sedangkan yang paling serius adalah severe inflammatory acne, yakni jerawat yang meradang. Lantas, apa pengertian jerawat?

Jerawat adalah penyakit kulit di mana pori-pori kulit mengalami penyumbatan oleh berbagai sebab sehingga terbentuk kantung nanah dengan atau tanpa adanya peradangan. Penyebabnya adalah perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit. Stress, pemakaian pil KB, kehamilan, masa haid adalah termasuk keadaan-keadaan yang bisa menyebabkan terjadinya jerawat akibat perubahan hormonal.cara menghilangkan komedo dan jerawat

Dengan menilik perbedaan pada uraian di atas, tentu beda pula metode dan cara menghilangkan komedo dan jerawat yang diterapkan.

Cara Menghilangkan Komedo dan Jerawat Secara Alami

Komedo bisa diklasifikasikan dalam dua kelompok; whitehead dan blackhead. Whitehead adalah komedo yang tertutup, penyumbatan pori-pori menimbulkan semacam benjolan kecil-kecil putih di bawah kulit. Sedangkan, blackhead adalah komedo yang terbuka, lebih menyerupai pori-pori yang membesar dan berwarna hitam.

Berangkat dari fakta-fakta di atas, di bawah ini tips umum cara menghilangkan komedo dan jerawat secara alami.

  1. Gunakan produk pembersih yang tepat dan sesuai jenis kulit anda. Di sini, anda perlu mengenali jenis kulit anda apakah termasuk kulit kering, normal atau kulit berminyak. Kulit berminyak lebih cenderung menjadi langganan komedo.
  2. Konsisten pada produk yang telah anda pilih dengan memberi toleransi waktu sekitar 3 – 4 minggu guna melihat efeknya. Hindari prilaku cepat bosan, gak sabaran, gonta-ganti produk dalam waktu cepat.
  3. Gunakan pelembab yang tepat. Bagi kulit berminyak dan normal, gunakan pelembab oil free.
  4. Hindari produk yang dapat memicu tumbuhnya komedo seperti kondisioner, shampo berbahan ginseng, bedak padat, alas bedak, tabir surya, dan susu pembersih. Sekedar informasi, bedak padat termasuk produk dengan kandungan zat comedogenic terbanyak. Pemakaian bedak padat berlebihan (dalam waktu lama) berpotensi mengundang komeda dan jerawat.
  5. Relaksasi, mencoba berdamai dan menerima realita, tenangkan hati dan pikiran, hindari stress, terapkan prilaku hidup sehat, istirahat dan tidur cukup, biasakan prilaku teratur dan cukup gizi. Tampak seperti lagu lama, tapi coba praktekkan perilaku tersebut, dan buktikan sendiri efektifitasnya.
  6. Salah satu metode untuk mengobati komedo secara tepat dan menyeluruh adalah dengan facial. Gunakan metode facial secara periodic dan setelah masa haid. Itu dilakukan dalam rangka antisipasi akan perubahan hormon dan kelenjar yang lebih aktif memproduksi minyak di masa haid.
  7. Kurangi konsumsi daging berlemak, santan, gorengan, segala jenis susu (full cream, low atau non fat), krim bubuk, kerang, mangga matang, alpukat, keju, kacang mete, telur, kacang tanah, durian, susu cokelat, dan cokelat.

Demikian sekelumit tips cara menghilangkan komedo dan jerawat. Semoga bermanfaat.

Menarik juga untuk di baca:

1. Cara Mengobati Jerawat

2. Mengobati Jerawat dengan Cepat.

Pin It

Kata Kunci Terkait :

cara menghilangkan komedo dan jerawat,perbedaan jerawat dan komedo,perbedaan komedo dan jerawat,perbedaan jerawat dengan komedo,menghilangkan komedo dan jerawat,menghentikan rambut rontok akibat suntik endrolin,beda komedo dan jerawat,perbedaan jerawat biasa dan komedo,apa bedanya jerawat dengan komedo(gambar),perbedaan jerawat sama komedo,perbedaan bentuk komedo dan jerawat,perbedaan antara jerawat dan komedo,perbedaan acne dan komedo adalah,komedo dan jerawat,Bedanya jerawat kecil dengan jerawat batu,bedanya jerawat ama komedo,beda nya jerawat dan komedo,suntik endrolin apakah terjadi pertumbuhan rambut

Komeng:

comments


Jika dirasa tulisan ini berguna, mohon BAGIKAN ke FB, Twitter, atau Google+1 melalui tombol berikut:




Recent Articles

© 2014 AsianBrainHippo.com. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Close
TERIMA KASIH dari AsianBrainHippo.com
Mohon support Anda dengan cara KLIK salah satu tombol di bawah: