Hikmah dan Manfaat Menjaga Wudhu (Dawamul Wudhu’)

by

Banyak sekali Hikmah dan Manfaat Menjaga Wudhu (Dawamul Wudhu’). Arti Dawamul Wudhu adalah kondisi selalu memiliki wudhu sehingga seseorang selalu dalam keadaan suci dari hadats kecil. Ketika dia berhadats kecil, alias batal wudhu, maka segera berwudhu kembali demi menjaga agar tetap dalam keadaan suci.

Di antara Hikmah dan Manfaat Menjaga Wudhu (Dawamul Wudhu’) seperti apa yang ditulis oleh KH Arifin Ilham berikut ini:

Assalaamu alaikum wa rahmatullaahi wa barkaatuhu. Sahabatku simaklah sabda Rasulullah, “Apabila seorang hamba berwudhu saat berkumur kumur, maka akan keluar dosa dosa (kecil) dari mulutnya. Apabila menghirup dan menghembuskan angin dari hidungnya, keluarlah dosa dosa (kecil) dari hidungnya. Apabila membasuh wajah, keluarlah dosa dosa (kecil) dari wajahnya hingga keluar dari kelopak matanya. Apabila membasuh kedua tangan, keluarlah dosa dosa (kecil) dari kedua tangannya hingga dari kukunya. Apabila mengusap kepalanya, maka keluarlah dosa dosa (kecil) dari kepalanya hingga keluar dari kedua telinganya. Dan apabila membasuh kedua kaki, keluarlah dosa dosa (kecil) dari kakinya hingga dari kukunya…” (HR. Malik, An-Nasai, Ibnu Majah, dan Hakim).

Hikmah dan Manfaat Menjaga Wudhu

SubhanAllah ternyata hal sederhana yg selalu kita lakukan sangat besar hikmahnya sahabatku…apalagi mereka yg “dawaamul wudhu” selalu menjaga wudhu, Allahu akbar energi positif memancar, wajahpun bersih fresh berwibawa, dan itu karekteristik hamba yg beriman hobbynya bersuci, kecintaan para Malaikat kpdnya dan siap menghadapi kematian jika datang tiba tiba. Inilah diantara alasan mengapa selalu abang ingatkan untuk selalu menjaga wudhu “Semoga Allah jadikan kita hamba Allah yg selalu senang menjaga kesucian diri dg selalu berwudhu hingga akhir hayat kita…aamiin”.

Terima kasih telah membaca artikel tentang manfaat dan hikmah wudhu. Semoga bermanfaat. Amiiin…

Kata Kunci Terkait :

Dawamul wudlu,apa yang dimaksud dawaamul wudhu,arti dari menjaga wudhu,damawul udhu,manfaat tidak batal wudhu,perbedaan dawamul wudhu dan tajdidul wudhu,yg dimaksud menjaga wu