Pinterest, Ancaman bagi Facebook dan Twitter?

Panduan AdSense YouTube
Ingin tahu cara mendulang Dollar AdSense YouTube? Cek di PANDUAN ADSENSE YOUTUBE
=================================================

Pinteret adalah sebuah situs sosial media (jejaring sosial sejenis Facebook, Twitter, dll) yang lagi ngetren dan memperoleh sambutan luar biasa. Menurut laporan, bulan lalu situs ini telah mendapatkan lebih dari 10jt pengunjung dari USA. Prestasi tersebut mengantarkan Pinterest tercatat sebagai situs dengan perkembangan tercepat di antara situs-situs yang ada. Para pengamat internet mengukuhkan situs yang dilaunching pada awal 2010 itu sebagai “The Next Big Thing Site”.

SEJARAH PINTEREST

Dulunya, Pinterest dibangun dengan maksud menjadi sarana berbagi image, photo dan video di antara para ‘penghuni’nya. Namun, visi awal tersebut melebar dan terus berubah.Pinterest diluncurkan pertama kali ke publik dalam versi beta pada awal Maret 2010 oleh Ben Silbermann dan Paul Sciarra. Kini dalam waktu yang relatif singkat Pinterest telah mencapai 12 juta pengguna. Majalah Forbes bahkan mencatat Pinterest sebagai salah satu social media tercepat perkembangannya di tahun 2011.

Sebagaimana social media lain seperti Facebook, Twitter, dll, dengan cepat Pinterest menjadi perhatian para pebisnis terutama online marketer karena potensi traffic yang dimiliki. Jadi tidak heran kalau sekarang Pinterest dipenuhi oleh gambar-gambar yang diarahkan ke URL website komersial tertentu.

BAGAIMANA CARA KERJA PINTEREST?

Cara kerja Pinterest sangat mirip dengan Twitter, bedanya di Pinterest yang kita “posting” (istilahnya di-Pin) adalah gambar ke dalam folder-folder yang disebut “Boards”. Gambar-gambar tersebut akan bisa dilihat oleh teman-teman kita (istilahnya Followers seperti di Twiiter) dan kita berharap mereka akan menempel-ulang (Repin) gambar-gambar tersebut di Boards mereka (sama dengan ReTweet di Twitter) atau paling tidak menyukainya dengan menekan tombol Like (berfungsi sama dengan tombol Like di Facebook). Kita juga bisa menghubungkan account Pinterest dengan account Facebook dan Twitter sehingga gambar-gambar yang kita Pin juga terpublish di Facebook dan Twitter kita. Dengan demikian akan terjadi efek viral di mana gambar yang kita tempel akan semakin populer dan dilihat oleh banyak orang (Pinners).

Karena gambar-gambar tersebut bisa kita hyperlink ke URL tertentu, maka ini bisa menjadi sumber traffic yang sangat potensial. Bagusnya lagi, gambar-gambar tersebut bisa kita arahkan ke URL mana saja termasuk link affiliasi misalnya ke produk affiliasi kita di Amazon, Clickbank, dll. Ini adalah potensi make money tanpa memiliki domain dan website sendiri.

CARA DAFTAR PINTEREST

Sampai saat ini menjadi member Pinterest adalah berdasarkan undangan/invite. Jadi kita harus diundang oleh seseorang yang sudah menjadi member atau kita minta diundang oleh Pinterest.

Masuk ke Pinterest.com maka pertama kali Anda akan lihat tombol merah berukuran cukup besar bertuliskan “Request an Invite”. Tekan tombol itu untuk mendapatkan undangan menjadi member Pinterest.

pinterest

Pinterest, Ancaman bagi Facebook dan Twitter? was last modified: August 12th, 2017 by Mas TohaS
Advertisement

Gallery of Pinterest, Ancaman bagi Facebook dan Twitter?

pinterest