Diet Golongan Darah

by

Diet golongan darah adalah diet gizi yang disesuaikan dengan dan dibedakan berdasarkan golongan darah masing-masing orang. Cara diet ini dianjurkan oleh Peter D’Adamo, seorang dokter naturopati, dan diuraikan dalam bukunya ‘Eat Right 4 Your Type’. D’Adamo mengklaim bahwa golongan darah ABO adalah faktor yang paling penting dalam menentukan pola makan yang sehat, dan dia merekomendasikan diet yang berbeda untuk setiap jenis darah.

Sepanjang bukunya D’Adamo menyebutkan karya-karya ahli biokimia dan glycobiologists yang telah meneliti golongan darah, mengklaim atau menyiratkan bahwa penelitian mereka mendukung teori ini. Namun demikian, konsensus di antara ahli gizi, dokter, dan ilmuwan adalah bahwa teori tentang diet golongan darah ini tidak didukung oleh bukti ilmiah.

Golongan darah manusia adalah kunci untuk kemampuan tubuh untuk membedakan diri dari yang lainnya. Lektin dalam makanan bereaksi berbeda dengan masing-masing golongan darah ABO dan pada tingkat lebih rendah dengan status sekretor individu. Dalam bukunya, Eat Right 4 Your Type, “Lectins: The Diet Connection”, dan dalam bab-bab berikutnya, lektin yang berinteraksi dengan antigen tipe yang berbeda ABO digambarkan sebagai tidak sesuai dan berbahaya. Oleh karena itu, dalam menjalankan diet golongan darah, seleksi makanan yang berbeda untuk golongan darah A, AB, B, dan O sangat penting untuk meminimalkan reaksi dengan lektin.

Cara Diet Golongan Darah O

diet golongan darahCara Diet Golongan Darah O, tentu saja, berbeda dengan cara dan menu makanan untuk diet golongan darah A. Masing-masing mempunyai cara dan menu makanannya sendiri. Seseorang dengan golongan darah O cenderung identik dengan peningkatan asam lambung. Dari evolusi genetik, diketahui bahwa golongan darah O memiliki ciri antara lain; Memiliki kandungan asam lambung tinggi sehingga mudah mengalami ganguan pencernaan.

Dianjurkan untuk Diet Golongan Darah O antara lain :

  • memperbanyak konsumsi sayuran
  • mengkonsumsi makanan tinggi protein
  • mengkonsumsi buah organik dan rendah karbohidrat.

Penyakit seperti stres seringkali menyerang golongan darah O. Oleh sebab itu, cara mengatasinya dalam aturan Diet Golongan Darah O, seseorang diharuskan beraktifitas fisik seperti olahraga secara teratur, istirahat cukup, serta menerapkan pola hidup sehat. Pemilik golongan darah O juga mempunyai karakteristik gampang didera penyakit yang disebabkan oleh radang dan kerusakan organ seperti arthritis.

Cara dan Pola makan yang sesuai dengan diet golongan darah O juga akan bisa menangkal berbagai macam penyakit seperti penyakit jantung, obesitas, kanker, asam urat, stress, anemia, hipertensi dan diabetes.