Tips Desain Rumah Sejuk Tanpa AC

Tips Desain Rumah Sejuk Tanpa AC – Hawa rumah yang panas akibat masuknya cahaya matahari, bukan hanya dari jendela, bisa juga dari atap dan dinding. Sebab, keduanya -atap dan dinding- merupakan bagian dari kulit bangunan, yang berhadapan langsung dengan matahari dan menyerap radiasi panasnya.

Namun, bukan berarti kedua bidang bangunan tersebut tidak bisa meredam panas yang masuk. Kuncinya ada pada materialnya. Ada banyak material bangunan yang bisa mengurangi radiasi panas masuk ke dalam ruangan. Inilah sekelumit tips membangun dan mendesain rumah sejuk tanpa AC yang menjadi dambaan setiap orang.

Bahan Pelapis dan Penahan Panas

Penggunaan bahan pelapis dan penahan panas juga cukup efektif untuk mengurangi radiasi matahari masuk ke dalam rumah. Contohnya kaca film. Cara kerja material ini adalah menerima dan memantulkan sebagian sinar matahari sehingga panasnya (radiasi sinar infra merah) berkurang. Akibatnya suhu ruangan menjadi lebih rendah.

tips desain rumah sejuk tanpa ac

Rumah sejuk – Idaman setiap orang

Selain itu, penggunaan blind (vertical dan horizontal blind), shutter, mampu meneduhkan tanpa harus memblokir total cahaya yang masuk.

Material Atap Rumah

Atap merupakan bagian paling atas bangunan yang berhadapan langsung dengan sinar matahari. Material atap yang tidak mampu menahan radiasi matahari menyebabkan ruangan di bawahnya akan terasa panas. Untuk meminimalisir panas yang masuk dapat dilakukan dengan memakai material yang tidak terlalu banyak menyerap panas. Semakin besar kemampuan material atap memantulkan kembali panas yang diterima, berarti semakin baik bisa menahan panasnya.

Genting adalah termasuk atap yang memiliki kemampuan yang baik dalam memantulkan panas. Akan tetapi genting yang terbuat dari tanah liat, kemampuan memantulkan panasnya lebih besar dibanding genting beton. Oleh karenanya, genting keramik lebih baik dalam hal meredam panas.

Warna Cat Eksterior Rumah

Suhu panas dalam rumah bisa juga diakibatkan oleh warna cat eksterior. Pemilihan warna cerah (misalnya putih) merupakan langkah tepat, karena warna tersebut bisa lebih banyak memantulkan sinar matahari daripada warna gelap seperti hijau tua, merah tua, dan coklat. Makin banyak sinar matahari yang terpantul tentu makin baik. Itu berarti telah meminimalisir radiasi yang mengalir ke dalam rumah.

Material Dinding Rumah

Berbagai macam material dinding memiliki daya penahan panas yang berbeda-beda. Material dinding yang memiliki daya penahan panas tinggi (lambat), akan merambatkan panas yang diterimanya lebih lama. Akibatnya, panas yang masuk ke dalam bangunan tidak langsung dilepaskan saat itu juga. Biasanya, dinding terkena panas matahari pada siang hari. Karena menggunakan material yang memiliki daya penahan panas lambat, panas baru akan keluar pada sore hari. Karena pada sore hari suhu lingkungan mulai menurun, panas yang dikeluarkan oleh dinding tadi bisa ‘didinginkan’ oleh suhu pada sore hari tadi.

Dinding batu alam merupakan salah satu material yang memiliki daya penahan panas paling lambat. Oleh karenanya, material ini paling disarankan untuk rumah agar temperatur di dalam rumah tidak cepat naik. Dan, bahkan dapat menghilangkan penggunaan AC, sehingga rumah tetap sejuk dan nyaman.

Terima kasih telah membaca “Tips Desain Rumah Sejuk Tanpa AC“. Semoga bermanfaat!

Pin It

Kata Kunci Terkait :

desain rumah sejuk tanpa ac,desain rumah dingin tanpa ac,batu alam penahan panas matahari,warna cat tembok yang memantulkan sinar matahari,tip rumah jadi sejuk,taman di teras rumah,RUMAH YANG SEJUK,rumah sejuk minimalis,model rumah yang sejuk,model rumah tampa genting,model penahan panas teras rumah,gambar rumah sejuk,desain rumah tanpa cat,cat yang bisa memantulkan panas,warna yang memantulkan panas
Tips Desain Rumah Sejuk Tanpa AC was last modified: November 11th, 2013 by Mas TohaS
Advertisement

Gallery of Tips Desain Rumah Sejuk Tanpa AC

tips desain rumah sejuk tanpa ac

Close
TERIMA KASIH dari AsianBrainHippo.com
Mohon support Anda dengan cara KLIK salah satu tombol di bawah: