Rumah Tradisional Jepang

Desain rumah tradisional Jepang banyak diminati banyak orang, baik untuk diadopsi maupun sebatas sebagai koleksi pengetahuan. Meskipun ada banyak rumah-rumah mewah di dunia, rumah kuno model Jepang bernilai sangat mahal. Apalagi bagi mereka yang doyan berburu dan hobi segala sesuatu yang jadul.

Secara umum ada 2 (dua) model design rumah yang dominan di Jepang. Gaya tradisional dan gaya design modern. Perumahan di Jepang pada umumnya hanya menerapkan kedua design tersebut.

Menginap di Rumah Tradisional Jepang

Kalau anda berkunjung ke negeri Sakura, sempatkan sensasi menginap di rumah tradisional jepang. Sebelumnya anda harus mengumpulkan informasi yang valid tentang tempat yang akan anda kunjungi, lokasi rumah, aturan dan larangan-larangan selama menginap di rumah tradisional jepang. Namun, tidak perlu merasa ribet. Internet menyediakan segala macam informasi yang anda butuhkan.

Desain Rumah Tradisional Jepang

Ciri khas design rumah tradisional Jepangbiasa selalu terdiri dari bagian-bagian penting seperti Genkan (semacam gapura jalan masuk), Washitsu (ruangan multifungsi berguna sebagai ruang keluarga, kamar tidur dan sekaligus sebagai ruang tamu), dapur dan washiki (toilet).

Jika anda ingin mengadopsi desain rumah tradisional Jepang, maka yang tidak bisa diabaikan adalah ciri khas interiornya yang sarat dengan nilai-nilai natural dan kesederhanaan. Tentu anda tidak harus secara total menjiplaknya, yang penting suasana desain interior maupun eksterior rumah tradisional Jepang bisa dihadirkan dan anda bisa merasakan layaknya ada di dalamnya.

Bagian lain yang mencirikan rumah tradisional Jepang adalah pencahayaan. Pilihan yang bisa dipertimbangkan untuk saat ini anda bisa menggunakan lampu dengan kap berbentuk lampion dengan ukiran huruf Kanji. Sumber pencahayaan di siang hari mengandalkan jendela di mana cahaya bebas menyeruak masuk ke dalam dan menyebar ke seluruh ruangan lewat pantulan dinding.

Untuk lebih menyempurnakan kesan sebagai rumah tradisional Jepang, anda bisa merancang sebuah ruangan yang berhadapan langsung dengan taman dan menyiapkan sebuah peralatan minum teh lengkap beserta meja kursi.

rumah tradisional jepang

Gambar rumah tradisional Jepang

Kamus untuk Rumah Tradisional Jepang

 

  • Oshiire adalah bagian kecil dari rumah yang digunakan untuk penyimpanan.
  • Washitsu adalah bagian dari desain bangunan atau rumah tradisional Jepang berupa ruangan dengan alas tatami.
  • Tatami (gelaran lantai washitsu) adalah sebangsa tikar yang pembuatannya dilakukan secara tradisional Jepang. Awalnya, bahan tatami adalah jerami yang sudah ditenun, namun dewasa ini styrofoam sering dipilih sebagai alternatif  jerami.
  • Fusuma adalah penyekat ruang atau pintu dorong dalam sebuah washitsu yang fleksibel untuk dibuka atau ditutup dengan cara digeser atau ditarik. Fusuma berupa panel persegi panjang yang dipasang vertikal pada rel dari kayu.
  • Kamoi adalah rel atas dari sebuah fusuma
  • Shikii adalah rel bagian bawah fusuma
  • Shoji adalah sebutan lain untuk fusuma. Perbedaannya, kalo yang ini tembus cahaya sedangkan fusuma tidak tembus cahaya.
  • Genkan adalah batas di mana penghuni rumah biasa berhenti sebelum masuk rumah guna melepas alas kaki mereka. Biasanya, di sisi genkan selalu disediakan sebuah getabako.
  • Getabako adalah lemari atau rak tempat di mana pemilik rumah biasa meletakkan alas kaki; sandal, sepatu dll.
  • Washiki adalah toilet dalam rumah tradisional Jepang. Seringkali disebut kloset jongkok Asia.
  • Roka adalah bagi

 

Foto-foto Rumah Tradisional Jepang

Di bawah ini sebagian gambar/foto desain rumah tradisional Jepang. Semoga bisa menginspirasi dan menjadi ide bagi siapa saja yang membutuhkannya. (Klik gambarnya untuk memperbesar).

Rumah tradisional Jepang

Gambar shoji rumah tradisional Jepang

rumah tradisional khas Jepang

Atap rumah tradisional khas Jepang

taman Rumah tradisional Jepang

Taman rumah tradisional Jepang

rumah tradisional Jepang

Tatami dalam rumah tradisional khas Jepang

Rumah tradisional Jepang

Foto Genkan dalam Rumah tradisional Jepang

Desain Rumah tradisional Jepang

Desain Roka dalam Rumah tradisional Jepang

Fusuma Rumah tradisional Jepang

Contoh Fusuma Rumah tradisional Jepang

Desain Rumah tradisional Jepang

Desain Dapur Rumah tradisional khas Jepang

Desain Rumah tradisional Jepang

Desain Toilet Rumah tradisional Jepang

 

Pin It

Kata Kunci Terkait :

rumah tradisional jepang,desain rumah jepang,rumah jepang,rumah adat jepang,desain rumah tradisional jepang,gambar rumah jepang,model rumah jepang,rumah jepang tradisional,desain rumah jepang tradisional,rumah khas jepang,interior rumah jepang,rumah tradisional,model rumah jepang kuno,gambar rumah tradisional jepang,contoh rumah jepang,rumah model jepang,denah rumah jepang,design rumah jepang,rumah jepang kuno,model rumah tradisional jepang,desain rumah tradisional,rumah minimalis tradisional,denah rumah tradisional jepang,interior rumah tradisional jepang,Teras rumah jepang,model pintu rumah jepang,rumah-rumah khas jepang,desain rumah model jepang,gambar rumah di jepang,desain interior rumah jepang,atap rumah jepang,rumah jepang modern,rumah mewah minimalis 1 lantai

Komeng:

comments


Jika dirasa tulisan ini berguna, mohon BAGIKAN ke FB, Twitter, atau Google+1 melalui tombol berikut:




Related Articles

© 2014 AsianBrainHippo.com. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Close
TERIMA KASIH dari AsianBrainHippo.com
Mohon support Anda dengan cara KLIK salah satu tombol di bawah: