Rumah Menghadap ke Barat – Problem dan Solusinya

Di negara kita, Indonesia Raya tercinta ini, desain rumah menghadap selatan sudah sejak dari sononya dianggap ‘wajib’ oleh para desainer rumah dan arsitek. Alasan utamanya adalah demi sirkulasi angin yang sesuai dan pencahayaan yang bagus. Desain rumah menghadap selatan sangat memanjakan rumah untuk secara bebas mendapatkan cahaya natural tanpa radiasi panas berlebihan.

Bandingkan dengan desain rumah menghadap barat. Rumah seperti ini kurang disukai sebab menyeruaknya sinar matahari langsung di sore hari yang menyebabkan suhu ruangan panas. Meski demikian, selalu ada saja solusi atas masalah-masalah yang ditimbulkan dari desain rumah menghadap ke barat.

1. Angin Yang Tidak Mau Masuk Ke Dalam Ruangan

desain rumah menghadap baratMasalah: Tips dan Cara termudah untuk membuat angin mengalir ke dalam rumah adalah dengan membuat jendela dengan bukaan ke arah datangnya angin. Artinya, kalau angin datang dari barat ke timur, maka bukaan di sebelah barat lah yang paling tepat. Bukaan di sisi lain tidak bisa memasukkan angin ke dalam rumah. Masalahnya, seringkali bukaan tidak bisa dibuat di tempat yang seharusnya, karena berbagai alasan.

Solusinya: Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menghadirkan penghalang-penghalang di sekitar rumah. Kehadiran tameng pembelok ini bisa memutar alur angin hingga akhirnya si angin membelok ke dalam ruangan tempat tinggal. Pepohonan merupakan tameng pembelok natural yang paling disukai, sebab selain mampu membelokkan alur angin, hawa panas yang menyertai angin bisa dieliminasi oleh daun-daun pepohonan tersebut.




2. Fasad Rumah Menghadap Barat

Masalah: Problem paling parah dari desai rumah menghadap barat adalah sinar matahari siang hingga sore yang langsung menerobos masuk ke dalam rumah. Secara otomatis, suhu panas di rumah mengalami kenaikan, lantai juga turut menyumbang panas (bahkan, hingga malam hari). Keadaan ini tentu saja mengurangi rasa nyaman.

Solusi: Ada beberapa hal yang dapat kita kerjakan buat menghalau panas dari dalam dan sekitar hunian menghadap ke barat. Kisi-kisi bisa jadi sebuah solusi tepat guna meredam suhu panas sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan. Kisi-kisi berfungsi sebagai secondary skin. Ia diposisikan sedemikian rupa sehingga mampu berperan sebagai penghalang panas matahari sehingga tidak sampai masuk ke ruang privat. Dengan begitu, ruangan diharapkan lebih sejuk dan teduh dan terhindar dari gerah yang berlebihan. Selain dari segi fungsinya, penempatan kisi-kisi yang baik dan pas akan menghadirkan nilai keindahan tempat tinggal.

Pin It

Kata Kunci Terkait :

rumah menghadap barat,desain rumah menghadap barat,desain rumah hadap barat,fasad rumah minimalis 1 lantai,rumah menghadap barat menurut islam,desain rumah menghadap ke barat,rumah menghadap ke barat,penghalang sinar matahari di rumah,Rumah menghadap ke barat angin dari arah mana,solusi rumah menghadap ke barat,solusi teras menghadap arah barat,solusi tinggal di rumah sebelah barat,baguskah rmh mengahadap matahari sore,rumah hadap barat sehat,rumah hadap barat,penghalang sinar matahari di teras,penghalang panas matahari pada teras rumah,paling bagus rumah menghadap arah mana,kelebihan rumah menghadap barat,fasade rumah menghadap barat,tips rumah lantai dua menghadap barat
Rumah Menghadap ke Barat – Problem dan Solusinya was last modified: July 11th, 2012 by Mas TohaS
Advertisement

Gallery of Rumah Menghadap ke Barat – Problem dan Solusinya

desain rumah menghadap barat

Close
TERIMA KASIH dari AsianBrainHippo.com
Mohon support Anda dengan cara KLIK salah satu tombol di bawah: