Model Rumah Minimalis Elegan dan Sederhana

Pemilihan model rumah minimalis bisa jadi disebabkan 2 (dua) faktor; keinginan dan kebutuhan. Yang pertama lebih dipengaruhi oleh gaya hidup di mana sejak awal seseorang memang berkeinginan memiliki rumah mungil dengan desain dan model minimalis. Faktor kedua dikarenakan tidak adanya pilihan, misalnya, karena ketersediaan lahan rumah yang semakin minim saat ini.

Sebelum memilih model rumah minimalis, tak ada jeleknya seseorang mempertimbangkan kelemahan paling pokok dari sebuah rumah mungil tersebut. Yaitu terbatasnya ruang sehingga keleluasaan gerak anggota keluarga pun berkurang. Oleh karena itu, sangat tidak disarankan memilih desain rumah minimalis bagi satu keluarga besar. Idealnya, rumah minimalis dihuni oleh suami-isteri dengan 2-3 anak, yang sering disebut keluarga kecil. Bagi keluarga kecil, terbatasnya ruang bukan merupakan suatu hal yang perlu dirisaukan. Justru hal itu memudahkan dalam perawatan dan kebersihan, apalagi bila masing–masing anggota keluarga tersebut mempunyai tingkat kesibukan yang lumayan tinggi.

Solusi untuk sebuah keluarga besar yang tetap ngotot menginginkan model rumah minimalis adalah desain rumah bertingkat. Rumah minimalis berlantai 2 (dua) juga menjadi pilihan bagi keluarga kecil seiring dengan pertambahan anggota keluarga ke depannya.

Artikel lain seputar model rumah mungil yang layak dibaca:

  1. Gambar Design Interior Rumah Minimalis
  2. Desain Interior Rumah Minimalis 1 Lantai

 

Ada beberapa tips untuk model rumah minimalis 2 lantai (sebagian bisa juga diaplikasikan untuk rumah minimalis lantai 1).

Pemisahan Ruangan

Model Rumah Minimalis

Model Rumah Minimalis - Rumah Mungil Idaman

Model rumah minimalis 2 lantai lebih leluasa pembagian ruanganya dari pada rumah 1 lantai. Kamar tidur bisa ditempatkan di lantai dasar. Konsepnya bisa menganut gaya 2 kamar; satu kamar utama dan satu kamar yang lebih kecil. Dengan sendirinya, kamar mandi juga baiknya ditempatkan di lantai dasar mengikuti di mana kamar  tidur berada.

Selanjutnya, memisahkan antar ruangan, sebaiknya gunakan split/pemisah yang simpel dan fleksibel dan gampang dipindahkah (portabel).  Misalnya ruang makan dan ruang tamu, dipisahkan dengan penyekat portabel. Sangat tidak dianjurkan memilih pemisah ruangan yang permanen dan ‘mati’. Untuk wilayah belakang rumah, jika ada sisa space terbuka, sangat bagus untuk dipakai sebagai ruang minum teh atau kopi (sambil bersantai). Pertimbangkan tetap mempertahankan keberadaan taman dengan tambahan kanopi atau atap sebagai peneduh dari panas dan hujan.

Sedangkan di lantai dua, kita bisa menambahkan 1-2 kamar tidur tambahan. Lantai atas ini umumnya difungsikan sebagai area menjemur pakaian dan ruangan buat menonton TV (dalam rangka menjaga privasi). Penting dipertimbangkan, demi mendapatkan kesan luas dalam kamar mandi, untuk menggunakan shower sebagai pengganti bak mandi. Sehingga, meski model rumah minimalis, keleluasaan dan keluasaan bisa tetap kita dapatkan.



Pemilihan Furniture

Kita tidak bisa sembarangan dalam membeli furniture untuk model rumah minimalis. Untuk alasan fleksibilitas, pilihlah furniture berukuran sedang. Banyak desainer menyarankan pemilihan 3 in 1 furniture, yaitu furniture multiguna. Sebagai contoh, memilih meja komputer yang mempunyai tempat meletakkan telepon atau mesin fax di atasnya, dan ada ruang penyimpanan di bagian bawahnya.

 

Pencahayaan dan Ventilasi

Sistem pencahayaan dan ventilasi yang kurang tepat bisa menghadirkan kesan sumpek dan semrawut (dua hal yang ‘wajib’ dihindari dalam konsep dan model rumah minimalis). Oleh karena itu, sebisa mungkin mengusahakan celah untuk sirkulasi udara, dan mencarikan jalan pantulan bagi sinar matahari untuk menyebar ke dalam. Pemilihan warna terang pada dinding adalah langkah cerdas yang bisa memberi kebebasan matahari memantulkan cahayanya ke seluruh ruang. Untuk lebih maksimal, perlu dirancang bukaan jendela yang agak besar, juga balkon serta plafon yang tinggi.

Demikian sedikit tips berkaitan dengan model rumah minimalis. Semoga bermanfaat. Anda juga bisa mendapatkan materi terbaru dari situs ini dengan mengisikan email aktif di sidebar kanan. Secara otomatis, materi terbaru akan terkirim ke email Anda. Thanks for visiting…

Pin It

Kata Kunci Terkait :

rumah minimalis 2 lantai,model rumah minimalis sederhana,gambar rumah sederhana tapi elegan,rumah idaman minimalis,rumah tingkat minimalis,desain kamar mandi mungil minimalis,model rumah minimalis lantai 2,model rumah minimalis sederhana 2 lantai,rumah 2 lantai,rumah mungil minimalis 2 lantai,contoh teras rumah sederhana,design rumah minimalis 2 lantai,rumah minimalis elegan,rumah tingkat minimalis sederhana,model rumah mungil,rumah 2 lantai minimalis,rumah mungil 2 lantai,model rumah sederhana terbaru,gambar model teras rumah minimalis,rumah idaman minimalis 1 lantai,contoh rumah,rumah idaman 2 lantai,rumah bertingkat minimalis,contoh rumah sederhana,rumah modern minimalis 2 lantai,contoh rumah minimalis sederhana,jendela minimalis,gambar rumah kecil minimalis,desain rumah minimalis elegan,rumah sederhana 2 lantai,model rumah tingkat minimalis,rumah tingkat kecil,model jendela minimalis
Model Rumah Minimalis Elegan dan Sederhana was last modified: June 29th, 2012 by Mas TohaS
Advertisement

Gallery of Model Rumah Minimalis Elegan dan Sederhana

Model Rumah Minimalis

Close
TERIMA KASIH dari AsianBrainHippo.com
Mohon support Anda dengan cara KLIK salah satu tombol di bawah: