Desain Rumah dengan Patio – Lebih Segar Natural

Patio adalah taman yang berbentuk seperti teras yang terletak di belakang atau dalam rumah. Patio ini biasanya digunakan untuk bersantai bersama keluarga menikmati pemandangan, mengobrol, makan-makan dan melepas lelah. Keberadaannya sebagai pelengkap rumah dewasa ini sudah tidak asing lagi.

Kata patio bermula dari dari kebiasaan orang Spanyol yang menamakan taman atau teras belakang rumah sebagai patio. Kemudian, pada abad ke-15 SM, penduduk dari negara-negara yang iklimnya berada dalam pengaruh padang pasir besar mulai menggunakan kata patio.

Patio untuk Daerah Iklim Tropis

Maraknya penggunaan patio di negara gurun seperti mesir dan sekitarnya, dikarenakan patio menjadi satu-satunya cara untuk memiliki taman di rumah. Di lokasi itu, taman tersebut terlindung dari keringnya iklim gurun. Sebaliknya, taman tersebut kemudian menjadi sumber kesegaran dalam rumah.

Di Indonesia, patio sudah banyak dijumpai. Namun, fungsinya sebatas sebagai pelengkap arsitektur hunian. Kaya akan cahaya matahari dan temperatur yang cenderung lebih hangat membuat penggunaan patio sangat cocok untuk rumah-rumah di Indonesia.

Model dan Desain Patio

patio

Desain patio

Area tempat patio ini biasanya menyatu dengan rumah. Umumnya, patio diberi bentuk dengan memberikan aspal, blok batu, atau beton. Patio juga bisa memiliki atap, tapi ada juga yang tanpa atap (roofless). Patio yang sering kita temui terbuat dari lempeng batu konkret yang dibangun pada lahan yang stabil. Lahan ini bisa dibangun dari serpihan batu kerikil, pasir kasar, ataupun adukan semen yang berlapis-lapis.

Patio bukan hanya menambah kenyamanan dan keasrian rumah kita, namun juga memiliki manfaat lainnya. Anda bisa mendapatkan pencahayaan yang lebih alami dan karenanya bisa menghemat penggunaan energi listrik. Di samping itu, patio termasuk cara paling baik untuk mengintegrasikan luar ruang rumah dengan suasana rumah. Patio juga seringkali menimbulkan surprise bagi para tamu, saat pertama masuk rumah Anda dan tiba-tiba mereka mendapati kesegaran taman terbuka dalam sebuah rumah (yang notabene-nya adalah ruang tertutup).

Manfaat dan Kegunaan Patio:

  • Menghadirkan suasana taman di rumah.
  • Menambah sirkulasi udara segar dalam rumah.
  • Menyedot sebanyak mungkin cahaya matahari ke rumah.
  • Mengkombinasikan suasana alam terbuka dengan rumah.
  • Menyajikan kesegaran, kenyamanan dan keindahan dalam rumah.

Kata Kunci Terkait :

patio rumah,sketsa rumah,bentuk bentuk teras rumah,apa itu patio,desain patio rumah
Desain Rumah dengan Patio – Lebih Segar Natural was last modified: November 10th, 2013 by Mas TohaS
Advertisement

Gallery of Desain Rumah dengan Patio – Lebih Segar Natural

patio

Close
TERIMA KASIH dari AsianBrainHippo.com
Mohon support Anda dengan cara KLIK salah satu tombol di bawah: