Desain Interior Rumah Minimalis 1 Lantai

Ada apa dengan desain interior rumah minimalis 1 lantai? Yang pasti lebih kompleks, menantang dan memacu kerja keras otak. Ketika konsep rumah minimalis menjadi trend saat ini, maka yang kemudian turut populer adalah bagaimana konsep desain interiornya, di samping hal-hal lain seperti pagar, teras, garasi, dan taman rumah minimalis.

Berbeda dengan rumah minimalis 2 lantai, tidak banyak pola yang bisa diaplikasikan dalam tata ruang dan desain interior rumah minimalis 1 lantai.

Di kalangan masyarakat ekonomi menengah, hingga saat ini masih sedikit referensi, ide dan konsep desain interior rumah minimalis 1 lantai yang bisa diaplikasikan secara match untuk rumah mereka. Sebenarnya, ini adalah peluang ‘market’ yang harus segerakan pemenuhannya oleh para pelaku usaha khususnya desainer rumah minimalis.

 

Ruang Tamu – Desain Interior Rumah Minimalis 1 Lantai

Kebanyakan ruang tamu dari rumah minimalis yang ada saat ini masih kurang sesuai dengan konsep minimalis yang sesungguhnya. Unsur-unsur penting seperti sederhana, simple, multifungsi dan elegan yang seharusnya melekat sebagai ciri khas pada desain interior rumah minimalis justru sering terabaikan. Yang ada bukan rumah mungil sederhana, tapi rumah kecil, sumpek dan berantakan.

desain interior rumah minimalis

Ruang Tamu - desain interior rumah minimalis 1 lantai

Untuk kasus seperti di atas, yang diperlukan adalah penataan ulang secara menyeluruh. Penataan juga sering ditempuh oleh mereka yang merasa sudah bosan dan jenuh dengan desain rumahnya yang itu-itu saja dari waktu ke waktu. Lagi-lagi, minimnya referensi yang layak dijadikan ide untuk melakukan penataan sendiri sangatlah minim. Kondisi tersebut memaksa mereka untuk menggunakan layanan pihak ketiga. Ironisnya lagi, para desainer lebih memilih menawarkan jasa dari pada sharing tips bagaimana mendesain rumah.

Tips bagi mereka yang berdana cekak adalah tetap melakukan penataan interior rumah sendiri dengan mengandalkan kekuatan hati. Intinya, bagaimana menerjemahkan keinginan hati ke dalam suatu tatanan interior rumah, baik ruang tamu, kamar tidur, ruang makan dan lain-lain. Tidak mudah memang, namun itu bisa dilatih dengan coba-coba dan melibatkan anggota keluarga lain (anak, istri) untuk turut menyumbang ide.

Baca juga:

1. Rumah Minimalis Modern

2. Rumah tradisional Jepang

 

Berikut patokan secara umum (tidak mutlak) yang bisa diaplikasikan untun desain interior rumah minimalis 1 lantai maupun 2 lantai.

  1. Minimalkan pemakaian warna. Idealnya 1-2 warna untuk sebuah ruangan.
  2. Arahkan desain pada nilai-nilai kesederhanaan namun memiliki durabilitas dan ketahanan, tidak memerlukan banyak perawatan, praktis.
  3. Tidak menghadirkan perabot dalam sebuah ruangan di luar hal-hal yang diperlukan, fungsional.
  4. Utamakan kesan bersih, clear dan clean, hindari ornament berlebihan yg tidak perlu.
  5. Untuk bed cover, sarung bantal, karpet, bungkus sofa, pemilihan warna solid dengan motif sederhana sangat direkomendasikan.
  6. Sebisa mungkin menghindari lampu meja, lampu berdiri, kipas angin berdiri kecuali memang benar-benar dibutuhkan. Untuk kipas, cukupkan hanya dengan kipas dinding atau gantung. Sedangkan lampu spot atau lampu indirect merupakan pilihan yang tepat.
  7. Hindari aksesoris dan hiasan yang hanya akan menambah semrawut (tidak sesuai dengan poin 4)
  8. Nuansa netral dalam menentukan cat ruang seperti kuning gading, krem, abu-abu akan menghadirkan kesan elegan dan menggambarkan kuatnya kepribadian penghuninya.

Semoga tips seputar desain interior rumah minimalis modern di atas bermanfaat. Selamat berkarya.

Pin It

Kata Kunci Terkait :

rumah minimalis 1 lantai,ruang tamu minimalis,gambar rumah minimalis 1 lantai,desain rumah,interior rumah mungil,desain interior rumah mungil,model rumah minimalis 1 lantai,rumah minimalis sederhana 1 lantai,interior rumah sederhana,desain rumah minimalis 1 lantai,model rumah,contoh rumah minimalis 2 lantai,gambar teras rumah modern,RUMAH MINIMALIS MODERN 1 LANTAI,desain rumah minimalis modern 1 lantai,warna interior rumah minimalis,desain interior rumah sederhana,desain interior rumah mungil minimalis,gambar rumah minimalis 2 lantai,warna cat rumah minimalis modern,RUMAH KECIL MINIMALIS,model rumah minimalis modern 1 lantai,gambar rumah minimalis sederhana,rumah modern 1 lantai,rumah minimalis modern satu lantai,model rumah minimalis 2 lantai,desain rumah minimalis sederhana 1 lantai,lantai teras rumah minimalis,interior ruang tamu sederhana,gambar rumah 1 lantai,tata ruang rumah minimalis,desain rumah minimalis modern 2 lantai,rumah minimalis sederhana 2 lantai
Desain Interior Rumah Minimalis 1 Lantai was last modified: November 17th, 2013 by Mas TohaS
Advertisement

Gallery of Desain Interior Rumah Minimalis 1 Lantai

desain interior rumah minimalis

Close
TERIMA KASIH dari AsianBrainHippo.com
Mohon support Anda dengan cara KLIK salah satu tombol di bawah: