Shabby Chic: Desain Interior Rumah Ala Shabby Chic

by

Desain interior rumah bergaya shabby chic kini semakin digemari. Suasana nyaman yang tercipta dari gaya yang merupakan turunan dari gaya vintage design ini membuat orang mudah jatuh hati. Tulisan Admin@asianbrainhippo.com kali ini mencoba mengupas sedikit tentang gaya ini, sehingga pembaca nantinya diharapkan terbantu dalam menampilkan rumah cantik dengan gaya shabby chic.

Gaya dan desain interior yang ada saat ini terus mengalami perubahan. Belakangan muncul beberapa ide desain interior dengan gaya-gaya yang bisa disebut baru. Beberapa di antaranya menjadi tren dalam dunia desain interior rumah. Gaya shabby chic menjadi salah satu contohnya.

Shabby chic hadir dan menjadi warna tersendiri di dunia desain interior rumah Indonesia. Sebenarnya gaya ini bukan gaya desain interior yang benar-benar baru muncul, melainkan merupakan percampuran atau turunan dari gaya vintage design, yang sudah ada sejak lama.

Shabby Chic desain
Desain Interior Rumah Ala Shabby Chic

Pengertian Gaya Shabby Chic dalam Desain Interior Rumah

Pengertian Gaya Shabby Chic, secara umum bisa disebut sebagai salah satu aliran dalam desain interior rumah atau bangunan lainnya yang terfokus pada dekorasi yang dibuat tampak lusuh, kusam, lama, kuno, dan unfinished namun tetap terlihat elegan, manis, cantik, dan menarik perhatian orang yang melihatnya. Secara harafiah, shabby chic yang terdiri dari 2 (dua) kata shabby dan chic, memiliki arti lusuh dan bergaya.
Sebagai kelanjutan dari gaya vitage design, gaya shabby chic mampu membalut desain interior rumah dengan kesan antik, terlihat termakan waktu, namun tetap stylish dan feminin.

Desain Interior Rumah Cantik dengan Shabby Chic Warna Cat Pastel

Gaya shabby chic dikenal dengan permainan warna-warna pastel yang lembut. Warna-warna cat seperti biru, merah muda, hijau, atau bahkan emas sekalipun, asalkan dibuat lembut dapat menciptakan sebuah desain interior rumah dengan ruangan bergaya shabby chic. Warna-warna ini dapat diaplikasikan secara tidak merata pada panel dinding maupun furniture pengisi ruangan, sehingga kesan unfinished pun dapat terasa muncul di ruangan. Kesan unfinished juga bisa hadir dari tampilan dinding bata yang tidak dilapisi semen dan hanya dicat warna putih ataupun panel dinding yang dibuat dari papan kayu.

Sementara untuk motifnya, interior rumah bergaya shabby chic didominasi corak bunga, sulur, polkadot, maupun garis-garis. Motif ini biasanya dihadirkan lewat elemen dekorasi ruangan yang bersifat soft furnishing, seperti bantal, sepray, renda dan permadani. Material soft furnishing ini biasanya juga sebatas pada bahan katun, french linen, atau sejenis blacu. Sebenarnya, tidak terbatas pada itu saja, diperlukan kreativitas dalam desain interior rumah yang sesuai dengan ‘warna’ jiwa penghuninya.

Desain Interior Rumah
Desain Interior Rumah Bergaya Shabby Chic

Tips Desain Interior Rumah Bergaya Shabby Chic

Menghadirkan gaya shabby chic sebagai bagian dari desain interior rumah sebenarnya tidaklah susah. Bahkan Anda dapat memanfaatkan perabot lama di rumah Anda. Kuncinya, ciptakan kreativitas dan tetap memegang pedoman dasar dari gaya shabby chic ini. (Baca artikel lain tentang Tips Desain Interior Rumah Minimalis).
Mendesain interior rumah beraliran shabby chic tidaklah memerlukan anggaran besar. Anda bisa memulainya dengan memanfaatkan perabot lama di rumah Anda. Untuk memulainya, simak Tips Desain Interior Rumah Bergaya Shabby Chic berikut ini:

  • Gunakan karpet dari bahan alami

Karpet-karpet dari bahan natural seperti enceng gondok, pandan, atau serat pisang memberikan kesan cottage-look.

  • Pilih motif-motif bunya berwarna pastel

Pilih kain bermotif bunga-bunga berwarna pastel dengan ukuran yang tidak terlalu besar sebagai pelapis kursi meja rias atau bedcover agat tidak terlihat datar.

  • Re-furnish perabot lama

Salah satu cara untuk menampilkan perabot lama menjadi lebih menarik adalah dengan mengecat ulang perabot antik tersebut dengan warna putih. Tentu, semua bisa disesuai dengan desain interior rumah Anda secara keseluruhan.

Anda telah membaca “Desain Interior Rumah Ala Shabby Chic“, semoga bermanfaat.

Kata Kunci Terkait :

arti shabby chic,shabby chic,pengertian shabby chic,rumah shabby chic,arti chic,apa itu shabby chic,konsep shabby chic,Tampilan kamar mandi minimalis,shabby chic adalah