Benarkah Wasit Nicola Rizzoli Yang Memimpin Final Piala Dunia 2014 Untungkan Argentina?

by

Inilah Wasit yang Memimpin Final Piala Dunia 2014, Nicola Rizzoli. Laga final ini akan menjadi pertandingan Argentina ketiga yang dipimpin wasit asal Italia ini di Piala Dunia 2014. Benarkah Wasit Nicola Rizzoli Yang Memimpin Final Piala Dunia 2014 Untungkan Argentina?

Secara resmi, FIFA telah mengumumkan penetapan wasit Nicola Rizzoli yang bertindak sebagai pemimpin jalannya laga final Piala Dunia Brazil 2014 di Estadio Maracana, Minggu (13/7) malam esok.

Wasit 42 tahun asal Italia itu pernah memimpin final Liga Champions 2012/13 di Stadion Wembley. Laga final akan menjadi pertandingan Argentina ketiga yang dipimpin Rizzoli setelah sebelumnya memimpin laga tim Tango melawan Nigeria dan Belgia masing-masing di babak grup dan perempat-final.

Wasit Yang Memimpin Final Piala Dunia 2014
Wasit Nicola Rizzoli Yang Memimpin Final Piala Dunia 2014 Argentina vs Jerman

Penunjukan Rizzoli juga dapat mengundang kontroversi karena kepemimpinannya dikritik pelatih Belgia Marc Wilmots. Menurut Marc, Wasit Nicola pernah beberapa kali menunjukkan kelakuan ‘tidak tegas’ terhadap Messi. Koordinator wasit FIFA, Massimo Busacca, menjamin penunjukan wasit didasarkan pada kualitas kepemimpinannya.FIFA juga menegaskan bahwa pemilihan wasit didasarkan pada rating FIFA, dan bukan berdasar asal negara, apalagi dimaksudkan untuk menguntungkan salah satu pihak.