Sidang Isbat Tentukan Awal Ramadhan Hari Minggu 29 Juni 2014

Panduan AdSense YouTube
Ingin tahu cara mendulang Dollar AdSense YouTube? Cek di PANDUAN ADSENSE YOUTUBE
=================================================

Sidang Isbat Depag Tentukan Awal Ramadhan Hari Minggu 29 Juni 2014.  Kemenag Gelar Sidang Isbat untuk Penentuan Awal Ramadan pada Jumat, 27 Juni 2014. Pemerintah memutuskan awal bulan Ramadhan 1435 Hijriah jatuh pada hari Minggu (29/6/2014) lusa. Keputusan itu diambil setelah digelar sidang isbat di Kementerian Agama, Jakarta Pusat, Jumat (27/6/2014) malam.

Sidang dihadiri oleh berbagai perwakilan dari ormas Islam yang ada di Indonesia seperti NU (PBNU), Muhammadiyah. Hadir pula para pakar astronomi dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Planetarium, serta para duta besar dari negara sahabat.

sidang isbat penentuan awal ramadhan

Kementerian Agama Provinsi Jambi menetapkan 1 Ramadan 1435 Hijriah jatuh pada hari Minggu, 29 Juni 2014. Keputusan ini diambil setelah berdasarkan rukyatul hilal yang dilakukan Kemenag Provinsi Jambi, Jumat sore 27 Juni, hilal belum terlihat.
Dengan demikian Kemenag Provinsi Jambi menyatakan bulan Sya’ban 1435 H digenapkan 30 hari dan puasa hari pertama baru dilaksanakan hari Minggu.

Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah, Din Syamsuddin terlihat menghadiri sidang Isbat penetapan awal Ramadan tahun 1435H/2014 M. Sidang Isbat petang ini dipimpin oleh Menteri Agama Lukman Hakim Said Saifudin dan  bertempat di Kantor Kementerian Agama, Jakarta (27/6/2014). Kehadiran Din ini terbilang cukup menarik karena Muhammadiyah sebelumnya tidak ikut dalam sidang Isbat penentuan awal Ramadan.

Menteri Agama Lukman Hakim Sjaifuddin menjelaskan, pihaknya telah menempatkan petugas di 63 titik yang dijadikan lokasi pemantauan hilal. Hasilnya, tak ada satu pun petugas yang melihat hilal. Dalam sidang isbat disepakati untuk melakukan ijtimak atau penggenapan bulan Syakban menjadi 30 hari. Dengan perhitungan itu, maka Kemenag menetapkan awal Ramadhan jatuh pada Minggu (29/6/2014) lusa.

“Tidak satu pun para saksi yang ditunjuk menetapkan yang berhasil melihat hilal. Dengan dasar laporan ketinggian hilal tidak sampai 1 derajat, maka dilakukan penggenapan bulan Syakban dan disepakati 1 Ramadhan jatuh bertepatan dengan hari Ahad, 29 Juni 2014,” kata Lukman.

Meski demikian, lanjutnya, pemerintah memberikan keleluasaan kepada masyarakat muslim Indonesia yang mengawali Ramadan tidak sama dengan yang ditetapkan pemerintah yang sudah diputuska dalam sidang isbat hari ini.

“Pemerintah memberikan kebebasan karena masalah peribadatan tidak harus dipaksakan oleh pemerintah,” ujarnya.

Sidang Isbat Tentukan Awal Ramadhan Hari Minggu 29 Juni 2014 was last modified: July 23rd, 2017 by Mas TohaS
Advertisement

Gallery of Sidang Isbat Tentukan Awal Ramadhan Hari Minggu 29 Juni 2014

sidang isbat penentuan awal ramadhan