Bagaimana Mendesain Rumah Yang Sejuk dan Nyaman

by

Rumah yang sejuk dan nyaman dan terhindar dari hawa panas dan gerah menjadi dambaan setiap orang. Ada banyak cara menghindari rasa panas di dalam rumah. Pengaturan sistem pengudaraan yang baik dan terencana merupakan cara paling tepat. Dengan sistem seperti ini, udara segar akan senantiasa mengisi setiap bagian rumah.

Membuat sistem pengudaraan yang baik, tentunya tidak bisa dilakukan jika kita asal-asalan dalam mendesain rumah. Kunci sukses untuk mendesain rumah rumah dengan pertukaran udara yang baik di tanah air, dapat dilakukan dengan merespon iklim tropis Indonesia.

Dengan merespon iklim, kita dapat merencanakan desai yang dapat membuat udara masuk ke rumah dengan leluasa, sementara sinar matahari langsung sebagai sumber panas dapat terhalangi.

Desain Rumah Sejuk dengan Tanaman

Cara untuk menghadirkan hawa segar dan sehat ke dalam rumah adalah dengan memperbanyak tanaman di area rumah. Di daerah tropis seperti Indonesia yang kaya akan cahaya matahari dan temperature cenderung lebih hangat, kehadiran pohon-pohon peneduh sangat dibutuhkan. Penempatan tanaman hijau di dalam rumah dapat bermanfaat sebagai penyerap radiasi sinar matahari. Patio dengan taman yang asri bisa menjadi pilihan yang cocok.

Memilih Material yang Tepat

Hawa panas yang hadir di rumah tidak hanya datang lewat pancaran sinar matahari langsung, atau kurangnya bukaan. Rasa panas juga bisa disebabkan karena pemilihan material yang salah, khususnya material untuk atap dan dinding sebagai bagian rumah yang berhadapan langsung dengan pancaran sinar matahari. Oleh karenanya, selektif memilih material bangunan yang dapat menangkal hawa panas menjadi salah satu solusi membuat ruangan terasa sejuk.

desain interior rumah sejuk dan nyaman

Kurangi Alat Elektronik

Cara lain yang harus ditempuh selain mendinginkan hunian adalah menemukan biang keladi yang membuat rumah hunian Anda gerah. Biasanya alat-alat rumah tangga bisa mengeluarkan panas berlebihan yang membuat suhu ruang meningkat tanpa kita sadari. Oleh karenanya, minimalisasi penggunaan alat elektronik di rumah. Hal ini akan mencegah pemborosan dan pengeluaran panas terus menerus dari alat bertenaga listrik sehingga rumah bisa terasa lebih dingin.

Beragam cara di atas dapat dikatakan sebagai kunci utama dalam mengusir gerah dan hawa panas dari dalam rumah. Dengan menerapkan prinsip-prinsip tersebut dijamin udara di rumah anda akan terasa nyaman, sejuk dan terhindar dari suasana gerah.

Kata Kunci Terkait :

rumah sejuk,desain rumah sejuk,rumah sejuk dan nyaman